Tips Mudah Menjaga Kesehatan Anak Tetap Terjaga

Diposkan oleh : pada tanggal 29 May. 2018 Kategori Anak dan Kehamilan kesehatan

Setiap orangtua pasti menginginkan anaknya selalu dalam keadaan sehat jasmani dan rohani. Apalagi jika mereka memiliki anak yang cukup rentan dalam terkena penyakit, misalnya ketika musim hujan, biasanya penyakit yang sering menular adalah flu, batuk, pilek dan lain sebagainya. Nah, anak-anak ini biasanya sangat gampang tertular dibanding orang dewasa.

Untuk mengatasinya terkadang orangtua melakukan hal yang salah sampai-sampai membatasi anak untuk tidak keluar rumah dan bermain dengan teman-temannya. Sebenarnya, tidak salah namun anak juga harus diberikan waktu untuk mandiri, bersama teman-temannya namun tetap dalam pengawasan orangtua.

Tips Mudah Menjaga Kesehatan Anak Tetap Terjaga

Cara yang umum diberikan orangtua terhadap anak-anaknya yang mudah sakit biasanya mereka memberikan vitamin, namun karena tidak semua anak dapat mengkonsumsi vitamin dan mau mengkonsumsinya, Anda sebagai orangtua harus memberikan cara lain untuk melindungi anak dari serangan penyakit.

Tidak harus selalu dengan vitamin, Anda sebagai orangtua juga tetap dapat menjaga agar anak tidak dapat tertular penyakit apapun hanya dengan melakukan 7 cara berikut ini yang dapat dipastikan menjaga kesehatan anak dan terhindar dari penyakit apapun yang mengancam kapanpun.

Langkah-langkahnya, diantaranya adalah :

1. Makanan bergizi yang cukup.

Makanan bergizi tidak harus mahal. Nasi ditambah dengan sayuran yang masih segar (bukan sayuran kemarin atau sayuran yang sudah dipanasi) sudah cukup dianggap sebagai makanan bergizi. Biasakan si kecil suka makan sayur agar tubuhnya tetap sehat. Berbagai sayuran mampu menyediakan vitamin, dan berbagai zat yang baik dan dibutuhkan oleh tubuh.

2. Biasakan anak untuk mengkonsumsi buah-buahan.

Hampir semua jenis buah memiliki nilai gizi yang baik untuk anak. Buah-buahan tersebut tidak harus mahal. Pisang, jeruk, apel sangat baik untuk kesehatan anak. Bila anak kurang suka makan buah maka hidangkan buah tersebut dalam bentuk jus. Bila tidak memiliki alat untuk membuat jus maka parut saja buah tersebut dan ambil air (sari) nya saja. Sebagai catatan buah yang mudah dikunyah seperti pisan dan pepaya bisa diberikan secara langsung, sementara jeruk sebaiknya diperas saja.

3. Istirahat yang cukup.

Seorang anak kecil masih harus memiliki waktu tidur siang dan malam. Biasakan siang tidur minimal 1 jam dan malam minimal 8 jam. Dengan waktu istirahat yang cukup, tubuh dapat kembali memperbaiki dirinya dan melawan segala gangguan penyakit yang masuk ke tubuh. Anak yang kurang tidur biasanya mudah rewel dan juga mudah sakit.

4. Memberikan anak madu.

Khasiat madu murni sebagai obat alami untuk menjaga kesehatan memang telah terbukti. Pemberian madu secara rutin kepada anak akan membuat anak lebih sehat dan tahan terhadap serangan penyakit.

5. Pastikan kamar si kecil tetap bersih.

Secara periodik bersihkan kamar si kecil. Ganti sprei dan sarung bantal guling minimal seminggu sekali dan bersihkan kamarnya dari benda yang tidak berguna. Sapu lantainya sehari dua kali dan pel 2 kali seminggu. Dengan demikian kamar di kecil tetap bersih dan tentu saja nyaman.

6. Buatlah si kecil senang.

Terus menerus mengurung si kecil di rumah (sekalipun disediakan berbagai macam mainan) akan membuat ia bosan. Ajaklah di kecil jalan-jalan keluar rumah agar hatinya senang. Menyenangkan anak tidak harus mengeluarkan biaya mahal, ajak naik motor ke keramaian atau naik sepur kelinci akan membuat hatinya berbunga-bunga. Pikiran yang bahagia secara tidak langsung juga akan membuat si kecil lebih sehat.

7. Jangan melindungi terus.

Membiarkan anak bermain tanah atau air akan membuat tubuhnya ‘mengenal’ berbagai kuman, virus, atau bakteri. Dari pengenalan itulah tubuh akhirnya mampu menghasilkan antibodi untuk melawan kuman, virus, atau bakteri tersebut. Dengan demikian anak tidak akan mudah sakit. Hal ini berbeda dengan anak yang selalu dijaga terus. Tubuhnya tidak mampu ‘melawan’ jika ada penyakit datang karena tidak pernah ‘berkenalan’ dengan sumber penyakit.

Nah itu, dia ketujuh Tips Mudah Menjaga Kesehatan Anak Tetap Terjaga yang bisa Anda lakukan agar anak terhindar dari serangan penyakit yang bisa mengancam kapan saja. Semoga bermanfaat!

Tips Mudah Menjaga Kesehatan Anak Tetap Terjaga Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Setiap orangtua pasti menginginkan anaknya selalu dalam keadaan sehat jasmani dan rohani. Apalagi jika mereka memiliki anak yang cukup rentan dalam terkena penyakit, misalnya ketika musim hujan, biasanya penyakit yang sering menular adalah flu,...
Anak dan Kehamilan kesehatan - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *