Tips Mudah Mengatasi Mual Saat Hamil

Diposkan oleh : pada tanggal 27 Dec. 2014 Kategori Tips Sehat

Tips Sehat Online,- Salam jumpa untuk Anda terima kasih atas kesediannya mengunjungi situs kami, kali ini saya akan berbagi informasi menarik untuk Anda khususnya wanita hamil. Wanita hamil apalagi saat masa awal kehamilan memang akan mengalami rasa mual, hal ini masih dibilang wajar, akan tetapi tentunya gejala ini menjadi sumber kecemasan sehingga menambah tegang suasana. Gejala ini dinamakan emesis gravidarum atau gejala yang sering disebut sebagai morning sickness (perasaan mual dan ingin muntah).

Tips Mudah Mengatasi Mual Saat Hamil

Dan berikut ini adalah Tips Mudah Mengatasi Mual Saat Hamil yang dikutip dari perpustakaanunik via facebook:

1. Mengkonsumsi gizi seimbang
Untuk mengurangi rasa mual, Ibu bisa mengonsumsi makan-makanan yang tinggi karbohidrat seperti, kentang, biskuit, roti, ubi-ubian, singkong dan sebagainya. Dan saat nafsu makan bertambah , Ibu dapat menambahnya dengan menu sayuran yang berkuah hangat seperti sup dan sayur bening (daun ubi, daun bayam, daun katuk, dll). Jangan lupa untuk mengonsumsi buah-buahan segar atau jus buah, seperti mangga, pepaya, pisang, tomat, melon, dll.
Untuk lebih mengurangi rasa mual, sebaiknya memilih makanan yang mengandung vitamin B6. Vitamin ini memiliki sifat anti mual. Contoh jenis makanan yang mengandung vitamin B6 adalah jamur, hati, ikan, daging, kentang, gandum, ragi, kacang-kacangan, pepaya, pisang, sirup, tebu, dan sebagainya.

2. Siapkan camilan.
Bila merasakan mual saat bangun pagi, siapkan camilan seperti biskuit yang menjadi favorit Anda di dekat tempat tidur. Hal ini akan menghindari perut Anda kosong.

3. Minum susu hamil
Bila Ibu masih merasakan mual, Ibu bisa mencoba minum susu hamil karena dapat menghilangkan rasa mual dan eneg. Sekarang sudah banyak pilihan produk susu Ibu hamil yang sekaligus dapat mengurangi rasa mual. Biasanya kandungan vitamin B6 yang terdapat dalam susu untuk Ibu hamil dapat membantu mengurangi rasa mual.

4. Terapi aroma
Atau biasa dikenal sebagai aromatherapy, dilakukan dengan mencium aroma yang segar dan sesuai dengan selera Ibu, sehingga bisa membantu Ibu untuk rileks, dan ”melupakan” rasa mual serta membuat tidur lebih nyenyak. Namun Ibu juga harus berhati-hati dalam memilih terapi aroma yang akan dipakai karena tidak semua terapi aroma baik untuk ibu hamil. Untuk lebih memastikan keamanannya, sebaiknya Ibu konsultasi dulu dengan tenaga kesehatan.

5. Istirahat yang cukup dan hindari stres
Istirahat dan rileks bisa membantu ibu mengatasi rasa mual dan muntah. Karena saat Ibu mengalami stres dan lelah, ini hanya akan memperburuk rasa mual. Pastikan Ibu beristirahat yang cukup dan santai, dengarkan musik, membaca buku atau majalah tentang bayi. Dan apabila Ibu bekerja, tidak ada salahnya untuk mengambil cuti beberapa hari agar beban pekerjaan tidak semakin meningkatkan perasaan stres.
stres merupakan salah satu kondisi yang bisa mengganggu kehamilan. Ibu sebaiknya selalu berpikir positif dan berusaha untuk tetap memenuhi nutrisi yang cukup pada janin.

6. Minum jahe
Menurut sebuah penelitian di Australia, menyatakan bahwa jahe merupakan obat tradisional untuk mengatasi rasa mual dan aman untuk Ibu hamil dan bayi. Jika Ibu masih merasakan mual, Ibu dapat mengonsumsi jahe dengan minum segelas rebusan jahe (250-300 mg) sekali minum.

7. Hindari makanan tertentu.
Ketika hamil, biasanya penciuman akan menjadi lebih sensitif. “Sehingga bila ada bau tertentu akan merangsang rasa mual. Tetapi hal ini berbeda-beda setiap orangnya,” tambahnya. Untuk menghindari rasa mual dan muntah, hindari makanan yang berbau tajam, rokok, dan bau yang menyengat lainnya.

8. Bergerak perlahan.
Biasakan untuk bergerak perlahan, dan hindari bergerak dengan gerakan refleks dan cepat. Saat bangun pagi, jangan terburu-buru untuk bangun dan berdiri. Duduklah sebentar dan bersandar pada tempat tidur. Setelah beberapa saat, baru bergerak perlahan dan berdiri.

9. Makanan pedas dan berminyak
Rasa pedas serta makanan makanan yang berminyak, berlemak dapat membuat rasa mual semain meningkat, sehingga harus benar benar di jauhkan dari ibu yang sednag mangalami hamil muda.

Semogaartikel diatas bermanfaat untuk Anda, dan untuk Anda wanita yang sedang hamil, beberapa tips diatas dapat Anda lakukan untuk mengurangi resiko mual saat kehamilan. Semoga dapat bermanfaat dan sampai jumpa pada artikel selanjutnya. Salam sehat!

Tips Mudah Mengatasi Mual Saat Hamil Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Tips Sehat Online,- Salam jumpa untuk Anda terima kasih atas kesediannya mengunjungi situs kami, kali ini saya akan berbagi informasi menarik untuk Anda khususnya wanita hamil. Wanita hamil apalagi saat masa awal kehamilan memang...
Tips Sehat - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *