Tips Mudah Agar BAB Semakin Lancar

Diposkan oleh : pada tanggal 11 Jan. 2018 Kategori Tips Sehat

Mungkin Anda adalah salah satu dari sekian banyaknya orang-orang yang mengalami kesulitan BAB atau BAB tidak lancar. Rasanya pasti sangat tidak menyenangkan dan sangat menganggu, terlebih jika sudah terjadi sembelit.

Tips Mudah Agar BAB Semakin Lancar

Untuk mengatasinya, biasanya kita akan langsung meminum obat untuk melancarkan BAB. Namun yang perlu Anda ketahui adalah sulit BAB tidak harus selalu diatasi dengan cara minum obat. Ada beberapa cara alami yang mungkin bisa Anda coba dan cocok. Apa saja? Berikut ini adalah Tips Mudah Agar BAB Semakin Lancar.

  • Minum-minuman hangat.

Minuman hangat dapat bermanfaat untuk menstimulasi sistem pencernaan. Hal ini dapat membantu meningkatkan kinerja peristaltik, yakni gerakan yang terjadi pada otot-otot pada saluran pencernaan yang menimbulkan gerakan semacam gelombang sehingga menimbulkan efek menyedot makanan yang masuk ke dalam saluran pencernaan. Jika Anda ingin pencernaan lebih lancar, bisa konsumsi kopi hangat.

Dalam penelitian para ahli mengatakan jika kopi berkafein dapat meningkatkan kontraksi di usus yang 60% lebih kuat daripada air hangat, dan 23% lebih intens daripada kopi dekafein. Kandungan dalam kopi dapat memicu produksi hormon-hormon tertentu dalam tubuh yang membantu proses BAB.

  • BAB dengan posisi jongkok.

WC jongkok bisa jadi pilihan untuk lebih efektif agar BAB semakin lancar. Saat BAB dalam posisi jongkok, otot puborectalis akan lebih rileks dan sudut anorektal melebar, sehingga mempermudah proses pengeluaran feses.

  • Bangun tidur lebih pagi.

Pagi hari merupakan waktu yang tepat untuk BAB. Saat pagi hari, usus yang baru mulai aktif berkontraksi dan memberi sinyal untuk BAB. Hal ini jugalah yang nantinya bisa mempermudah proses pengeluaran feses. Kalau bangun kesiangan, sinyal ini bisa terlewati dan urusan BAB bisa terhambat.

  • Pijat di area Perineum.

Perineum sendiri merupakan bagian anatomi yang terletak di panggul. Ini adalah bagian yang paling bawah dari saluran panggul, yang letaknya ada di antara paha. Memberi pijatan lembut di area ini dapat membantu proses BAB lebih lancar.

Para peneliti meyakini bahwa memberi pijatan di area perineum bisa membantu mengatasi feses yang keras dan membuat pengeluarannya menjadi lebih mudah.

Tips tambahan, untuk Anda yang mengalami sulit BAB atau BAB tidak lancar, cukup rutin minum air putih setiap hari akan sangat membantu untuk proses BAB yang lebih lancar. Jika Anda memiliki masalah sembelit atau konstipasi yang tak kunjung sembuh dalam beberapa hari, sebaiknya langsung konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Semoga bermanfaat, nantipkan Tips Sehat lainnya yang akan terus diupdate setiap hari di website kami. Salam!

Posted by Hani.

Tips Mudah Agar BAB Semakin Lancar Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Mungkin Anda adalah salah satu dari sekian banyaknya orang-orang yang mengalami kesulitan BAB atau BAB tidak lancar. Rasanya pasti sangat tidak menyenangkan dan sangat menganggu, terlebih jika sudah terjadi sembelit. Untuk mengatasinya, biasanya kita...
Tips Sehat - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *