Tips Miliki Jantung Sehat Agar Hidup Lebih Lama

Diposkan oleh : pada tanggal 1 Feb. 2016 Kategori Tips Sehat

Di era modern seperti ini, Anda pasti tahu banyak berapa jiwa yang melayang sia-sia dikarenakan kebiasaan buruk yang semakin menjadi serta lingkungan yang tidak sehat di sekitar kita. Oleh karena itu, setidaknya kita harus menjaga pola hidup yang kita miliki menjadi lebih baik lagi, dan berusaha menciptakan lingkungan yang sehat untuk kemajuan hidup lebih baik.

Salah satu bentuk dari menjaga kesehatan yang bisa Anda lakukan adalah mulailah menjalankan beberapa tips / pola kesehatan. Salah satunya adalah tips sehat untuk memiliki jantung sehat. Jantung menjadi bagian dalam tubuh yang sangat penting untuk kita bukan? Maka dari itu, Anda wajib mengetahui bagaimana cara menjaga kesehatan jantung agar terhindari dari permasalahan kesehatan / sakit jantung yang menjadi penyebab kematian di masyarakat. Ini dia Tips Miliki Jantung Sehat Agar Hidup Lebih Lama, selengkapnya :

Tips Miliki Jantung Sehat Agar Hidup Lebih Lama

1. Gerakkan tubuh dengan berolahraga secara teratur

Salah satu cara untuk melatih jantung agar tetap sehat adalah olahraga. Berolahraga sangat penting bagi jantung karena membantu mengurangi risiko munculnya penyakit jantung. Selain itu, dengan berolahraga juga akan membantu menjaga berat badan pada tingkat yang sehat sehingga membuat jantung tetap dapat memompa dengan efisien. Olahraga tidak harus berat. Jalan santai, membersihkan rumah, ataupun melakukan olahraga lainnya yang tidak sulit untuk dilakukan.

2. Mengonsumsi makanan sehat

Mengonsumsi makanan sehat setiap hari akan menjaga jantung tetap sehat. Pilihlah makanan rendah kolesterol, rendah lemak, dan juga rendah garam agar kesehatan jantung tetap terjaga dengan baik. Selain itu, tambahkan sayuran, buah, susu, serta biji-bijian ke dalam diet harian. Sesekali Anda bisa makan sesuai keinginan, namun selebihnya Anda harus mengonsumsi makanan yang sehat yang sesuai dengan kebutuhan jantung.

3. Hindari kebiasaan merokok.

Semua orang tahu bahwa merokok merupakan kebiasaan buruk yang merugikan kesehatan Anda maupun orang lain. Bagi Anda perokok aktif, bisa mulai dengan kurangi kebiasaan merokok Anda. Sayang sekali karena banyak yang tidak menyadari bahwa merokok dapat berpengaruh terhadap pembuluh darah dan jantung. Jika ingin jantung tetap sehat, maka hindarilah kebiasaan merokok.

4. Lakukan pemeriksaaan kesehatan secara teratur.

Rutinlah dalam mengunjungi dokter untuk melakukan pemeriksaan kesehatan merupakan hal penting yang harus Anda lakukan. Tekanan darah dan kadar kolesterol merupakan hal penting yang harus dikontrol secara rutin agar kadarnya tetap rendah untuk memastikan jantung tetap sehat. Lakukanlah pemeriksaan rutin agar bisa memastikan kondisi kesehatan jantung Anda.

5. Membuat makanan sendiri.

Daripada mengandalkan makan di luar sepanjang waktu atau membeli makanan siap saji, memasak di rumah sendiri menjadi alternatif yang tidak buruk. Setidaknya Anda akan memilikih bahan-bahan yang sehat untuk dimasak sendiri.

6. Makanlah buah-buahan dan sayur-sayuran.

Makanlah buah-buahan dan sayur-sayuran yang banyak mengandung berbagai vitamin yang dibutuhkan jantung anda seperti bayam, buah alpukat serta kacang-kacangan serta kurangi makanan yang memiliki kadar kolesterol yang sangat tinggi.

7. Mengurangi minum alkohol.

Anda sebaiknya mengurangi atau bahkan tidak minum-minuman yang mengandung alkohol. Ini dikarenakan minuman beralkohol mampu merusak otot jantung anda.

8. Makanlah kacang-kacangan sehat.

Gantilah cemilan Anda dengan memakan kacang-kacangan yang alami dan menyehatkan. Seperti kacang almond, walnut, dan kacang-kacangan lainnya. Kacang-kacang tersebut telah terbukti dapat menurunkan kolesterol LDL (kolesterol jahat) dalam aliran darah. Namun ingat, kacang-kacangan juga  mengandung kalori yang tinggi, jadi jangan berlebihan dalam mengonsumsinya. Cukup mengonsumsi sedikit kacang dalam sehari dapat membantu melindungi jantung dengan lemak yang sehat.

9. Minumlah teh hijau tanpa gula, segera tinggalkan minuman bersoda.

Teh hijau menjadi salah satu minuman buatan sendiri yang bisa membantu menjaga jantung agar tetap sehat. Teh hijau mengandung antioksidan yang baik bagi kesehatan jantung dengan cara mencegah kerusakan pembuluh darah.
Minum dua cangkir teh hijau tanpa gula sehari telah terbukti memiliki manfaat untuk melindungi kesehatan jantung.

10. Tidur malam berkualitas.

Penelitian telah menunjukkan bahwa kurang tidur pada malam hari bisa menyebabkan kerusakan jantung. Kesibukan kerja bisa membuat jumlah jam tidur di malam hari berkurang.Kurang tidur menyebabkan Anda memiliki risiko dua kali lipat terkena serangan jantung. Tidurlah selama 8 jam penuh, beberapa orang mungkin perlu lebih dari 8 jam.

Bagaimana? Siap untuk menjalankan tips diatas? 😀

Baca juga : Cara Bersihkan Ginjal Dengan Bahan Alami

Tips Miliki Jantung Sehat Agar Hidup Lebih Lama |

Tips Miliki Jantung Sehat Agar Hidup Lebih Lama Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Di era modern seperti ini, Anda pasti tahu banyak berapa jiwa yang melayang sia-sia dikarenakan kebiasaan buruk yang semakin menjadi serta lingkungan yang tidak sehat di sekitar kita. Oleh karena itu, setidaknya kita harus...
Tips Sehat - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *