Tips Merawat Dan Menyimpan Lensa Kontak Yang Benar

Diposkan oleh : pada tanggal 27 Jul. 2017 Kategori Tips Sehat

Selain harus mengetahui cara memakai dan melepaskan lensa kontak yang benar, bagi anda yang sering memakai lensa kontak juga harus mengetahui tips merawat dan menyimpan lensa kontak yang benar. Lensa kontak dapat berfungsi sebagai pengganti kacamata. Keunggulan memakai lensa kontak adalah memudahkan kita dalam melakukan berbagai aktivitas dan tidak mengganggu penampilan. Sedangkan memakai kacamata mungkin berisiko pecah, patah, hilang dan baret.

Tips Merawat Dan Menyimpan Lensa Kontak Yang Benar

Walaupun banyak keunggulan dari lensa kontak, namun dari sisi perawatannya lensa kontak memerlukan lebih banyak perhatian dibandingkan dengan kacamata. Karena lensa kontak harus dirawat dan disimpan dengan benar. Bila tidak merawat kebersihan lensa kontak dengan benar, maka pemakainya akan lebih berisiko mengalami infeksi mata, keratitis, sindrom mata kering, abrasi kornea, dan konjungtivitas.

Setiap pemakai lensa kontak berbeda-beda, ada yang memakai lensa kontak sekai pakai buang. Ada juga yang memakai lensa kontak yang bisa dipakai dalam jangka waktu panjang. Nah, bagi anda yang memakai lensa kontak yang bisa dipakai dalam jangka waktu panjang, maka sebaiknya anda mengetahui tentang bagaimana cara merawat dan menyimpan lensa kontak yang benar.

Tips Merawat Dan Menyimpan Lensa Kontak Yang Benar

-Simpan lensa kontak di dalam larutan lensa kontak yang dapat membantu membersihkan, mencuci dan membasmi kuman dan bakteri di lensa kontak.

-Periksa lensa kontak untuk tanggal pembuangan yang disarankan dan jangan gunakan lewat dari tanggal tersebut.

-Gunakan larutan yang tepat. Ada beberapa larutan dibuat secara khsusu untuk menyimpan lensa kontak dan ada juga larutan dibuat untuk membersihkan dna membasmi bakteri di lensa kontak saja. Tapi gunakanlah gabungan dari kedua larutan tersebut.

-Bersihkan masing-masing lensa kontak dengan menggesakan lensa tersebut dengan telunjuk di telapak tangan anda. Dengan menggesek secara perlahan, hal tersebut bisa menghilangkan kotoran yang menempel di permukaan lensa kontak.

-Ganti larutan dalam tempat lensa kontak untuk menghindari tumbuhnya bakteri. Dan ganti larutan lensa kontak tersebut setiap anda mengganti lensa kontak.

-Bersihkan tempat lensa kontak setiap kali digunakan dengan larutan steril atau air panas. Keringkan dengan cara dianginkan dan gantulah tempat lensa kontak 3 bulan sekali.

-Sebelum memegang lensa kontak cuci tangan terlebih dahulu dengan menggunakan sabun dan air hangat lalu keringkan dengan handuk yang bersih.

-Jangan memakai lensa kontak orang lain, terlebih lagi bila lensa kontaknya sudah dipakai.

Itulah beberapa tips merawat dan menyimpan lensa kontak yang benar yang kami hadirkan di tips sehat online. Semoga tips ini bermanfaat terutama bagi anda yang memakai lensa kontak.

Tips Merawat Dan Menyimpan Lensa Kontak Yang Benar Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Selain harus mengetahui cara memakai dan melepaskan lensa kontak yang benar, bagi anda yang sering memakai lensa kontak juga harus mengetahui tips merawat dan menyimpan lensa kontak yang benar. Lensa kontak dapat berfungsi sebagai...
Tips Sehat - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *