Tips Menjaga Stamina Saat Mendaki Gunung

Diposkan oleh : pada tanggal 4 Jan. 2016 Kategori Gaya Hidup Sehat Tips Sehat

Sebelum nya kru tipssehatonline.web.id ingin mengucapkan Selamat Tahun Baru 2016 bagi para pembaca dan penikmat tips sehat lainnya.

ranupaniOlahraga mendaki gunung menjadi sangat populer akhir-akhir ini, banyak sekali kalangan muda yang yang entah itu dari grup pecinta alam atau bukan berbondong-bondong untuk pergi ke puncak dan menikmati alam dari ketinggian. Namun saat mendaki banyak sekali stamina yang sangat dibutuhkan. Tubuh yang kuat dan segar sangat mendukung dalam menaklukan puncak gunung. Banyak sekali para pendaki gunung yang tidak bisa melanjutkan perjalanan sampai ke puncak karena kondisi tubuh yang tidak memungkinkan, entah itu karena capek, sakit atau hal lainnya.

Untuk sampai ke puncak gunung tentu bukan hal yang sangat mudah, banyak sekali halangan dan rintangan bahkan mengharuskan kita berjalan selama berjam-jam, cuaca yang suatu saat dapat berubah-ubah, atau kekurangan bahan makanan yang tentunya dapat membuat tubuh kita menjadi drop.

Pada kesempatan kali ini tipssehatonline akan memberikan berbagai macam Tips Sehat yang bermanfaat bagi anda yang ingin merasakan keindahan alam pegunungan dengan menjaga stamina tubuh agar tetap kuat khusus untuk para pemula, simak terus artikel di bawah ini yah :

7 Tips Menjaga Stamina Tetap Prima Saat Mendaki Gunung

  1. Berdo’a
    Sebelum kita melakukan aktivitas tertentu sejak dari kecil kita diajarkan untuk tidak lupa berdo’a, baik itu ketika akan makan, tidur, belajar dan termasuk saat kita akan memulai pendakian. Berdo’a dapat membantu kita untuk terus berpikir positif dan membuat anda dalam keadaan beruntung. Berdo’a memohon keselamatan dan kelancaran saat pendakian sangat perlu dilakukan, karena Oleh-Nya kita akan selalu dilindungi dari berbagai macam gangguan.
  2. Melakukan Peregangan Sebelum dan Sesudah Pendakian
    Jangankan untuk melakukan pendakian yang tergolong olahraga ekstrim, peregangan harus selalu dilakukan sebelum melakukan olahraga ringan sekalipun. Peregangan dapat membantu memulihkan otot dengan cepat sehingga mencegah terjadinya kram. Jika anda tetap ngotot tidak melakukan peregangan maka bersiap-siaplah ditengah perjalanan anda akan merasakan pegal-pegal, kram dan kaku sehingga perjalanan anda pun akan tidak menyenangkan lagi. Sangat disarankan sebelum melakukan pendakian sering-sering lah berolahraga secara rutin dari jauh-jauh hari sebelum melakukan pendakian.
  3. Minum Air Secukupnya
    Saat melakukan pendakian tubuh anda akan melakukan aktivitas yang berlebihan sehingga menyebabkan kekurangan cairan. Walaupun udara di daerah pergunungan sangat lah dingin namun tubuh akan tetap mengeluarkan keringat. Kekurangan cairan akan berakibat fatal jika diabaikan karena meningkatkan resiko dehidrasi. Untuk itu jika anda di hari biasa minum air sebanyak 2 liter, mungkin saat mendaki anda dapat minum sebanyak 5-6 liter.
  4. Lindungi Kulit dari Sinar Ultraviolet
    mendaki gunungTernyata melindungi kulit dari sinar ultraviolet tak hanya dilakukan saat pergi ke pantai saja, pergi mendaki gunung pun kulit kita harus tetap terlindungi. Walaupun udara pergunungan dingin dan sejuk namun kulit mu tetap tidak boleh terkena sinar matahari secara langsung karena kulit dapat terbakar dan terasa perih. Gunakan jaket dan celana panjang atau pakaian tertutup lainnya. Jangan lupa juga gunakan masker untuk melindungi bibiar dari pecah-pecah.
  5. Persiapan yang Cukup
    Pergi mendaki itu memang memerlukan persiapan yang cukup matang tidak boleh asal-asalan apalagi para pendaki akan dihantui cuaca yang sangat buruk sehingga kita harus tetap siap sedia.
  6. Jangan Tergesa-gesa Untuk Cepat Sampai ke Puncak
    Suhu di daerah pergunungan tentunya akan berbeda jauh dengan suhu biasa di tempat tinggal kita. Tubuh akan melakukan penyesuaian secara sempurna, bukan tidak mungkin berbagai macam penyakit pun akan berdatangan. Oleh karena itu lebih baik anda menikmati perjalanan anda menuju puncak jangan tergesa-gesa untuk sampai ke puncak. Bahkan ada pepatah yang mengatakan tujuan utama itu bukan puncak tapi kembali ke rumah dengan selamat.
  7. Selalu Siap Sedia Obat-Obatan Pribadi
    Tubuh kamu tentu berbeda dengan tubuh orang lain, jadi disarakan bagi kalian untuk membawa selalu obat-obatan pribadi yang diperlukan. Di dalam pendakian hal apa saja dapat terjadi seperti kecelakaan atau karena kondisi tertentu, dan disana tidak akan ada dokter ataupun apotek. Jadi siapkan perbekalan tak hanya makanan tapi obat-obatan dari rumah.

Baca juga : Tips Menjaga Tubuh Agar Sehat di Liburan Akhir Tahun

Demikian lah 7 Tips Menjaga Stamina Tetap Sehat Saat Pendakian, semoga dapat menjadi referensi anda sebelum melakukan pendakian. SEMOGA BERMANFAAT

Tips Menjaga Stamina Saat Mendaki Gunung Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Sebelum nya kru tipssehatonline.web.id ingin mengucapkan Selamat Tahun Baru 2016 bagi para pembaca dan penikmat tips sehat lainnya. Olahraga mendaki gunung menjadi sangat populer akhir-akhir ini, banyak sekali kalangan muda yang yang entah itu...
Gaya Hidup Sehat Tips Sehat - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *