Tips Menjaga Kesehatan dengan Terapi Jeruk Nipis

Diposkan oleh : pada tanggal 2 Sep. 2016 Kategori Tips Sehat

Pasti telah banyak yang mengetahui akan khasiat dan manfaat dari jeruk nipis untuk kesehatan dan kecantikan. Maka tidak heran jika sudah sejak lama buah ini digunakan sebagai ramuan herbal untuk pengobatan.

Tips Menjaga Kesehatan dengan Terapi Jeruk Nipis

Jeruk nipis memiliki kandungan nutrisi dan juga vitamin yang baik untuk tubuh. Dibandingkan dengan lemon, jeruk nipis memiliki kandungan asam yang lebih rendah. Jeruk nipis bisa dikonsumsi menjadi minuman, baik dalam bentuk minuman hangat atau dingin dan tentu saja dengan rasa yang segar. Bahkan, selain baik untuk dikonsumsi, jeruk nipis ini juga bisa digunakan sebagai salah sau bahan untuk merawat kecantikan tubuh. Jika dibuat scrub atau juga masker, maka dapat membantu menghilankan flek hitam pada kulit wajah dan juga untuk mengontrol kelebihan minyak pada kulit wajah.

Berikut ini adalah potensi manfaat dari jeruk nipis secara lebih lengkap :

  • Memiliki Sifat Anti Bakteri

Jeruk nipis memiliki potensi antibakteri. Manfaat tersebut bisa tetap ada ketikan buah ini dikombiansikan dengan jahe atau bawang putih. Terapi jeruk nipis untuk tujuan menjaga kesehatan secara umum mungkin juga bisa dilakukan, mengingat buah ini kaya akan kandungan vitamin C dan sumber antioksidan. Nilai vitamin C dari buah ini adalah 35% dari nilai harian dalam setiap 100 gram. Selain itu, jeruk nipis juga merupakan sumber serat makanan yang baik serta memiliki kandungan aneka nutrisi lainnya.

  • Kombinasikan Dengan Sinar Matahari untuk Memurnikan Air

Bagi Anda yang berninat untuk melakukan tips menjaga kesehatan dengan terapi jeruk nipis boleh berbangga hati, pasalnya sudah ada temuan medis yang menguatkan manfaatnya. Studi tersebut menyebutkan bahwa buah ini dapat membunuh bakteri berbahaya, seperti E. Coli yang mencemari air minum. Cukup dengan menambahkan jeruk nipis pada air dan biarkan agar terpapar sinar matahari.

Kombinasi sinar matahari dengan jeruk nipis dapat mengurangi jumlah bakteri secara signifikan hanya dalam waktu 30 menit saka. Berbeda halnya jika hanya mengandalkan sinar matahari, maka waktu yang dibutuhkan untuk membersihkan air dari kuman bisa membutuhkan waktu hingga 6 jam. Jika pancaran sinar matahari terhalang oleh awan, maka akan dibutuhkan waktu mencapai 48 jam.

Meskipun begitu, ketika berada jauh dari sumber air yang aman, sebaiknya tetap rebus air hingga mendidih untuk memastikan air bebas dari kuman dan aman untuk di minum.

  • Berpotensi Menyembuhkan Jerawat Saat Hamil

Terapi jeruk nipis selanjutnya berpotensi efektif untuk menghilangkan jerawat. Hal ini mungkinuntuk dilakukan jika mengingat jeruk nipis mengandung asam hidroksi alfa. Asam hidroksi alfa mebantu membuka penyumbat pori-pori dan menghilangkan sel kulit mati ketika dioleskan langsung pada kulit wajah yang berjerawat.

Sifat dari asam hidroksi alfa dalam jeruk nipis merupakan sebagai antibakteri dan bisa membuat sel kulit mati mengalami kontraksi, sehingga efektif untuk dijadikan sebagai pengelupas kulit.

Cara pemanfaatan jeruk nipis untuk mengatasi jerawat cukupmudah, yaitu cukup dengan memeras jeruk nipis, kemudian oleskan langsung pada kulit wajah yang berjerawat dengan menggunakan kapas. Diamkan hingga 10 menit atau hingga kering, kemudian bilas dengan air.

Namun, penerapan air perasan jeruk nipis secara langsung pada kulit membutuhkan antisipasi juga. Disarankan untuk melakukan tes alergi terlebih dahulu, karena sebagian orang berkemungkinan memiliki kulit yang sensitif terhadap air perasan jeruk nipis. Jika ternyata dapat menimbulkan alergi padakulit, maka kulit bisa menjadi lebih sensitif terhadap sinar matahari dan menimbulkan interaksi.

Tips Menjaga Kesehatan dengan Terapi Jeruk Nipis Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Pasti telah banyak yang mengetahui akan khasiat dan manfaat dari jeruk nipis untuk kesehatan dan kecantikan. Maka tidak heran jika sudah sejak lama buah ini digunakan sebagai ramuan herbal untuk pengobatan. Jeruk nipis memiliki...
Tips Sehat - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *