Tips Menjaga Dan Meningkatkan Kesehatan Mental

Diposkan oleh : pada tanggal 10 Jan. 2017 Kategori Masalah Kesehatan

Kesehatan mental merupakan emosional, sosial dan psikologis. Kesehatan mental yang buruk, depresi, stres dan sebagainya bisa mempengaruhi keadaan seseorang secara keseluruhan. Oleh karena itu harus selalu menjaga kesehatan mental. Selain itu harus meningkatkan kesehatan mental dan tetap kuat dalam menjaga pikiran.

Tips Menjaga Dan Meningkatkan Kesehatan Mental

Berdasarkan hasil penelitian membuktikan bahwa Kesehatan mental yang baik maka dapat meningkatkan kesehatan fisik. Bila ingin benar-benar sehat, maka harus menjaga kesehatan tubuh dan mental. Namun, kebanyakan orang mengabaikan kesehatan mental. Padahal sama seperti kesehatan tubuh, kesehatan mental pun harus dijaga dengan baik .

Tips Menjaga Dan Meningkatkan Kesehatan Mental

1.Tingkat stres

Stres tidak hanya memiliki dampak buruk bagi kesehatan tubuh, tapi juga memiliki dampak buruk bagi kesehatan mental. Bahkan dapat membuat seseorang depresi dan kecemasan. Oleh karena itu hindarilah stres supaya agar mental anda tetap sehat.

Ada beberapa cara untuk mengendalikan stres diantaranya:

  • Olahraga yang dapat membantu merileksasikan otot yang tegang.
  • Lakukan aktivitas yang anda sukai seperti yoga, berjalan kaki, berdansa dan beolahraga.
  • Pola makan yang sehat. Konsumsilah makanan bergizi yang membuat tubuh lebih tahan terhadap stres.
  • Batasi konsumsi kafein dan hindari minum alkohol yang bisa memicu rasa cemas.
  • Biasakan tidur malam yang cukup.
  • Melakukan meditasi kesadaran selama 30 menit setiap hari yang dapat memperbaiki perilaku dan pola pikir.
  • Sehingga bisa mengurangi emosional, depresi dan kecemasan.

2.Membangun harga diri

-Hilangkan rasa khawatir dan kebiasaan mengkritik diri anda sendiri. Rasa khawatir dan pikiran negatif bisa membuat anda lemah dan tidak mampu merasakan yang terbaik dari diri anda. Agar memiliki kesahatan mental yang baik maka harus merasa nyaman dengan diri anda sendiri.

-Ketika menghadapi kesulitan, maka berfokuslah pada kemampuan yang dapat membantu anda untuk mengatasi tantangan dalam kehidupan sehari-hari.

3.Mengendalikan emosi negatif

-Sediakan waktu untuk diri sendiri. Setiap orang merasakan kesenangan dengan cara yang berbeda. Mungkin anda senang melakukan aktivitas yang mampu membuat anda mengendalikan emosi misalnya mengobrol dengan teman, berjalan kaki, bermeditasi dan mendengarkan musik.

-Berlatih menyadari diri sendiri. Sadari respon emosional yang anda berikan ketika menghadapi apa yang terjadi. Pikirkan dahulu reaksi yang dapat anda berikan atas situasi yang sulit.

4.Bersosial di lingkungan yang termotivasi

Sebuah lingkungan yang positif memiliki pengaruh besar pada kesehatan mental. Bila anda berada di antara orang-orang yang mempunyai pandangan positif pada kehidupan, maka anda juga dapat melihat ke arah kehidupan dengan cara yang baik pula.

Demikian informasi tentang tips menjaga dan meningkatkan kesehatan mental yang dapat kami hadirkan di website tips sehat online.

Baca juga:

Tips Mengatasi Anak Yang Suka Pilih-pilih Makanan

Tips Menjaga Dan Meningkatkan Kesehatan Mental Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Kesehatan mental merupakan emosional, sosial dan psikologis. Kesehatan mental yang buruk, depresi, stres dan sebagainya bisa mempengaruhi keadaan seseorang secara keseluruhan. Oleh karena itu harus selalu menjaga kesehatan mental. Selain itu harus meningkatkan kesehatan...
Masalah Kesehatan - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *