Tips Mengubah Makanan Cepat Saji Menjadi Makanan Sehat

Diposkan oleh : pada tanggal 22 Jan. 2018 Kategori Tips Sehat

Tidak dapat dipungkiri jika dikarenakan kesibukan orang-orang baik dalam aktivitas pekerjaan yang sibuk seharian, sekolah dan lain sebagainya membuat terkadang cukup sulit hanya untuk meluangkan waktu untuk makan saja. Padahal, sesibuk apapun makan adalah hal yang tidak boleh terlewatkan. Sebab, kita bisa mendapatkan pemenuhan nutrisi dan gizi dari makanan.

Biasanya, dikarenakan kesibukan tertentu, orang-orang kemudian memilih konsumsi makanan cepat saji dimana tidak hanya penyajiannya yang cepat tapi juga rasa yang nikmat dan menggugah selera. Namun, bukan rahasia lagi jka makanan tersebut memiliki kadar garam yang tinggi, lemak jenuh dan kalori tinggi. Makanan cepat saji jika dikonsumsi sesekali masih tidak akan membahayakan bagi kesehatan tubuh, namun jika dikonsumsi hampir setiap hari bisa menjadi kebiasaan buruk dan berisiko mengalami gangguan kesehatan.

Tips Mengubah Makanan Cepat Saji Menjadi Makanan Sehat

Cukup sulit memang untuk terlepas dari kebiasaan ini, namun Anda perlu mengetahui hal-hal mengenai Tips Mengubah Makanan Cepat Saji Menjadi Makanan Sehat yang patut Anda coba agar tidak terus-menerus mengkonsumsi makanan yang tidak sehat.

— Pilih menu porsi kecil.

Umumnya restoran makanan cepat saji menyajikan menu dalam beragam ukuran. Untuk itu, disarankan bagi Anda memilih porsi kecil. Sebagai contoh, ayam goreng bagian dada mengandung 400 kalori, sementara bagian paha atas mengandung 250 kalori dan bagian sayap mengandung 170 kalori. Dengan memilih bagian paha atas atau sayap, Anda telah memangkas setidaknya 150 kalori.

— Pilih menu panggang.

Jika restoran yang Anda pilih menawarkan beberapa menu, sebisa mungkin pilihlah menu panggang. Dengan begitu, Anda dapat mengurangi asupan lemak trans akibat makanan yang digoreng.

— Pilih menu dengan kandungan serat tinggi dan rendah lemak.

Hal ketiga nampaknya cukup sulit dipraktikkan saat mengonsumsi makanan cepat saji. Sebenarnya sih sederhana saja dan mudah dilakukan. Contohnya saat terdapat beberapa pilihan dalam makanan cepat saji yaitu roti hamburger, pilihlah yang berbahan roti gandum. Demikian pula dengan sandwich, sebisa mungkin pilih roti gandum. Selain itu, untuk menghindari lemak trans berlebih, hindari konsumsi makanan yang digoreng dan memiliki kandungan produk susu tinggi lemak, seperti saus mayones. Saat Anda hendak menyantap salad, hindari penambahan saus atau gunakan saus rendah lemak.

— Pilihlah makanan pendamping (side dish) yang lebih sehat.

Tidak hanya makanan utama, restoran cepat saji pun sering menawarkan makanan pendamping. Anda kemudian bisa memilih salad dibanding kentang goreng. Dengan bijak memilih makanan pendamping, Anda dapat mengontrol jumlah kalori yang masuk.

— Pilih minuman yang sehat.

Untuk minuman, hindari minuman bersoda atau produk susu seperti milkshake saat Anda menikmati makanan cepat saji. Minuman-minuman jenis tersebut memiliki kandungan gula yang tinggi dan berpotensi memicu berbagai penyakit, salah satunya diabetes melitus, pada kemudian hari. Pilihan terbaik tentu saja adalah air mineral.

Penting untuk diingat jika makanan paling baik bagi kesehatan adalah tetap mengonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang. Namun, bila Anda sedang ingin makanan cepat saji, beberapa trik tersebut dapat diterapkan untuk menjadikannya lebih sehat

Salam, Tips Sehat Online.

Tips Mengubah Makanan Cepat Saji Menjadi Makanan Sehat Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Tidak dapat dipungkiri jika dikarenakan kesibukan orang-orang baik dalam aktivitas pekerjaan yang sibuk seharian, sekolah dan lain sebagainya membuat terkadang cukup sulit hanya untuk meluangkan waktu untuk makan saja. Padahal, sesibuk apapun makan adalah...
Tips Sehat - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *