Tips Mengontrol Kadar Gula Darah Dengan Diet

Diposkan oleh : pada tanggal 7 Jan. 2015 Kategori Tips Sehat

Tips Mengontrol Kadar Gula Darah Dengan Diet,- Sebenarnya tubuh manusia memerlukan gula darah untuk beraktivitas. Kita perlu glukosa untuk memenuhi kebutuhan energi tubuh. Akan tetapi bila kadar gula darah tinggi dapat mempengaruhi kesehatan anda. Karena dengan kadar gula darah yang tinggi, maka risiko untuk terkena diabetes menjadi meningkat.

gula darah

Tips Mengontrol Gula Darah Dengan Diet

Gula darah tinggi bisa dikontrol dengan melakukan perubahan pada diet harian. Berikut ini tips mengontrol gula darah dengan diet :

1).Belajar mengontrol porsi makan

Salah satu penyebab tingginya kadar gula darah adalah karena terlalu banyak makan yang dikonsumsi setiap harinya. Hindarilah makan malam secara berlebihan, makanlah dalam porsi kecil. Alangkah lebih baik makanlah snack yang sehat seperti buah atau sayuran diantara waktu makan.

Kondisi dan kadar gula darah setiap orang berbeda-beda, oleh karena itu disarankan untuk berkonsultasikan dengan dokter atau ahli gizi mengenai berapa banyak makanan yang harus dikonsumsi dalam  sehari.

2).Tambahkan makanan yang tinggi serat untuk diet

Sereal gandum utuh dan roti merupakan makanan yang kaya serat sama halnya seperti sayuran. Makanan tersebut bisa menjaga kadar gula darah agar tidak terlalu tinggi dan membuat lebih kenyang, sehingga dapat membantu mengontrol porsi makan.

3).Makanlah karbohidrat yang sehat

Banyak orang yang memiliki kadar gula darah tinggi percaya bahwa mereka harus menghindari karbohidrat sama sekali. Namun tidak mendapatkan karbohidrat akan membuat kadar gula darah menurun drastis dan bisa menyebabkan kehilangan kesadaran atau pingsan.

Karbohidrat yang sehat seperti gandum dan buah-buahan merupakan pilihan yang baik bagi seseorang yang sedang mengontrol kadar  gula darah.

4).Batasi konsumsi lemak

Makanan yang tinggi akan lemak dan kalori bisa meningkatkan kadar gula darah dan resiko terkena penyakit jantung.

Kacang-kacangan, olive oli (minyak zaitun) dan lemak tak jenuh lainnya merupakan pilihan yang lebih sehat. Konsumsilah makanan yang mengandung lemak dalam jumlah yang moderat.

5).Pilihlah makanan yang rendah kolesterol

Sama halnya seperti makanan tinggi lemak, makanan yang tinggi kolesterol bisa meningkatkan kadar gula darah dan resiko terkena penyakit jantung. Konsumsilah daging  yang rendah lemak.

6).Ganti jus, soda, soft drink atau minuman lain yang mengandung kadar gula darah tinggi dengan air putih

Dengan lebih banyak minum air putih dibandingkan minuman manis yang mengandung banyak gula, ini akan membantu mambatasi asupan gula sepanjang hari. Minum lebih banyak air putih juga dapat membantu mengelola berat badan dan tetap merehidrasi tubuh. Paling tidak setiap hari anda harus minum 8 gelas air putih.

Demikian beberapa tips mengontrol kadar gula darah dengan diet, semoga dapat bermanfaat. Terimakasih telah mengunjungi blog kami tips sehat online.

Sumber : (www.amazine.co)

Tips Mengontrol Kadar Gula Darah Dengan Diet Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Tips Mengontrol Kadar Gula Darah Dengan Diet,- Sebenarnya tubuh manusia memerlukan gula darah untuk beraktivitas. Kita perlu glukosa untuk memenuhi kebutuhan energi tubuh. Akan tetapi bila kadar gula darah tinggi dapat mempengaruhi kesehatan anda....
Tips Sehat - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *