Tips Mengawetkan Buah-buahan Tanpa Bahan Pengawet

Diposkan oleh : pada tanggal 19 Oct. 2016 Kategori Tips Sehat

Dalam menikmati buah bagi setiap orang tentu saja berbeda-beda, ada yang lebih suka mengkonsumsi secara segar, ada yang suka dikeringkan. Namun terkadang ada orang yang terlalu banyak membeli buah-buahan dan tidak sempat untuk dikonsumsi semuanya, yang pada akhirnya justru malah membuat buah-buah tersebut membusuk. Nah jika Anda sering mengalami hal tersebut ada baiknya jika Anda mengetahui cara mengawetkan buah-buahan yang Anda sukai agar bertahan lebih lama, namun diawetkannya secara alami tanpa harus menggunakan pengawet buatan dll. Jadi tidak akan membahayakan. Dan berikut ini adalah Tips Mengawetkan Buah-buahan Tanpa Bahan Pengawet.

Tips Mengawetkan Buah-buahan Tanpa Bahan Pengawet

1. Pengawetan buah dengan pengeringan.

Seperti yang dijelaskan di atas tadi, orang-orang juga banyak yang menggemari buah yang dikeringkan. Anda bisa membuat stok buah-buahan yang akan Anda konsumsi awet lebih lama dengan cara dikeringkan. Tidak perlu khawatir dengan kandungan nutrisi di dalamnya, sebab buah kering sama baiknya dengan buah segar.

Cara mengeringkan buah langkah pertamanya adalah dengan menguapkan air pada buah dengan memanfaatkan panas hingga kandungan air di dalam buah pada batas tertentu. Namun tidak semua buah bisa dilakukan dengan cara tersebut. Pengeringan bisa dikerjakan dengan langkah-langkah yang cukup[ mudah, yaitu dengan mengeringkan melalui cahaya matahari atau dengan alat pengering buatan (di oven).

2. Pengawetan buah dengan panas.

Cara kedua membuah buah-buahan wet adalah dengan memanaskan buah-buahan seperti pada buah kalengan / botolan. Nah, aspek penting yang harus diperhatikan adlaah jenis buah, dan jumlah panas yang dihasilkan serta bagaimana efeknya terhadap buah-buahan tersebut hingga cukup mematikan jasad renik (pemicu penyakit) yang terdapat di dalam buah, tanpa mengurangi nutrisi dan cita rasa dari buah tersebut.

3. Mengawetkan buah dengan membuatnya menjadi manisan.

Ini yang paling mudah sebenarnya, ya mengawetkan buah-buahan dengan membuatnya menjadi manisan. Dulu sekali mungkin orangtua kita mengetahui bahwa dengan merendamkan buah-buahan pada air yang telah dicampurkan dengan garam. Perendamanan manisan akan membuat kandungan gula dalam buah meningkat serta kandungan airnya menyusut. Dengan membuat buah menjadi manisan  juga akan memperbaiki dari cita rasa buah yang semula masam berubah menjadi manis.

Itu dia cara mengawetkan buah-buahan secara alami tanpa harus menggunakan bahan pengawet. Semoga dapat bermanfaat, salam!

By. Hani H.

Tips Mengawetkan Buah-buahan Tanpa Bahan Pengawet Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Dalam menikmati buah bagi setiap orang tentu saja berbeda-beda, ada yang lebih suka mengkonsumsi secara segar, ada yang suka dikeringkan. Namun terkadang ada orang yang terlalu banyak membeli buah-buahan dan tidak sempat untuk dikonsumsi...
Tips Sehat - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *