Tips Mengatasi Tetanus dengan Mengetahui Penyebab Lecet pada Anak

Diposkan oleh : pada tanggal 29 Oct. 2014 Kategori Tips Sehat

Selamat datang di tipssehatonline.web.id yang akan menyajikan berbagai informasi mengenai berbagai macam Tips Kesehatan Masa Kini. Pada kali ini kami akan membahas mengenai Tips Mengatasi Tetanus dengan Mengetahui Penyebab Lecet pada Anak . Tetanus merupakan penyakit infeksi yang serius yang menyerang susunan saraf dan ditandai kontraksi otot yang hebat/kerjang. Penyebab tetanus yakni karena luka tusuk pada benda yang tercemar oleh debu, pupuk, tanah dan kotoran hewan maupun manusia.

cara pemesananGejala dari penyakit tetanus yaitu : Terjadi kekakuan pada otot wajah, leher, dada, perut, punggung dan tangan, sulit untuk menelan, demam yang disertai keringat yang berlebihan, tekanan darah tinggi, detak jantung semakin cepat, gangguan saluran pencernaan. Penyakit Tetanus ini sangat rawan terjadi pada anak-anak karena aktivitas anak-anak yang sering bermain di luar rumah dan berlari kesana-kemari lalu bisa saja terjatuh dan mengalami lecet.

Berikut ini Tips Mengatasi Tetanus pada Anak :

  1. Bila anak mengalami luka pada bagian tertentu, cari tahu penyebab nya. Misal nya kaki anak tertusuk paku, bawa segera anak tersebut ke dokter/puskesmas tersebut untuk diberikan serum anti tetanus. Lalu dia akan diberi suntikan vaksinasi ulangan untuk mencegah tetanus muncul.
  2. Bila ibu hamil yang persalinan nya menggunakan jasa dukun, sebaiknya diberikan suntikan vaksin pada trimester terakhir kehamilan. Dengan demikian ibu dan calon anak akan terhindar dari penyakit tetanus.
  3. Jangan memberi tali pusat bayi dengan ramuan yang tidak terjamin kebersihan nya. Lebih baik diberi alkohol 70% atau sesuai dengan anjuran dokter.
  4. Jangan mengobati sendiri gigi dan telinga yang sakit dengan tangan sendiri, karena tangan yang tidak steril dapat menyebabkan tetanus.

Bila anak yang sudah terlanjur mengalami tetanus maka harus dirawat secara intensif di rumah sakit. Ada baik nya sebagai orang tua harus selalu memperhatikan setiap gerak-gerik pada buah hati anda, bila anak terjatuh dan lecet tenangkan anak, lalu cuci tangan anda, bersihkan luka dengan menggunakan air yang bersih, matang dan steril, gunakan antiseptik, biarkan luka mengering. Kenali gejala-gejala tetanus seperti yang telah dijelaskan diatas, karena tetanus biasanya muncul pada hari ke 5 s/d minggu ke dua setelah mengalami luka. Ingat, pencegahan lebih baik daripada mengobati 🙂

(sumber : healthnesia.blogspot.com)

Tips Mengatasi Tetanus dengan Mengetahui Penyebab Lecet pada Anak Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Selamat datang di tipssehatonline.web.id yang akan menyajikan berbagai informasi mengenai berbagai macam Tips Kesehatan Masa Kini. Pada kali ini kami akan membahas mengenai Tips Mengatasi Tetanus dengan Mengetahui Penyebab Lecet pada Anak . Tetanus merupakan...
Tips Sehat - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *