Tips Mengatasi Nyeri Haid Secara Alami Dan Cepat

Diposkan oleh : pada tanggal 27 Sep. 2017 Kategori kesehatan

Nyeri saat haid / menstruasi yang terjadi pada wanita adalah hal biasa yang bisa dialami wanita dalam kondisi apapun. Namun sayangnya, rasa nyeri akibat menstruasi ini juga bervariatif. Ada yang sakitnya sedang, hingga sakit luar biasa sampai tidak bisa bangun dari tempat tidur. Jiak kondis ini lalu diikuti dengan pendarahan banyak, maka sudah pasti memerlukan pertolongan medis, karena kondisi ini sudah menjadi tanda penyakit.

Tips Mengatasi Nyeri Haid Secara Alami Dan Cepat

Nyeri saat haid di perut biasanya membuat tidak nyaman, untuk itu ada beberapa cara yang bisa dilakukan sendiri untuk menangani permasalahan tersebut. Untuk itu kali ini Tips Sehat Online akan berbagi tips khusus untuk mengatasi nyeri haid secara alami dan cepat. Berikut selengkapnya.

1. Mengompres perut.

Melakukan relaksasi juga membantu memberikan rasa nyaman sekaligus menurunkan rasa nyeri di bagian perut bawah. Salah satu metode yang bisa dilakukan untuk meningkatkan relaksasi adalah dengan mengompres perut bagian bawah menggunakan handuk hangat. Jika perlu, kompres perut disertai dengan pijatan ringan. Metode kompres tersebut bertujuan untuk melancarkan peredaran darah dan juga membuat otot-otot di area perut lebih rileks sehingga rasa nyeri juga akan berkurang.

2. Mengkonsumsi obat pereda nyeri haid.

Yang satu ini memang lebih cepat didapat dan biasanya juga cukup efektif untuk mengatasi nyeri haid. Jenis obat-obatan yang bisa membantu meredakan nyeri haid adalah obat penghilang rasa sakit seperti paracetamol dan obat anti inflamasi non steroid. Ikuti petunjuk pemakaian sesuai keterangan dari obat tersebut.

3. Mengatur asupan makanan.

Asupan makanan yang bernutrisi dipercaya dapat membantu meredakan nyeri saat haid. Konsumsi makanan yang kaya akan kandungan nutrisi seperti Kalsium, Magnesium, Vitamin D, Vitamin E, dan Omega 3. Perbanyak asupan sayur dan buah sehingga kebutuhan serat dan juga nutrisi tubuh akan terpenuhi.

4. Berbaring.

Untuk mengurangi rasa nyeri, Anda cukup berbaring di tempat yang bisa membuat Anda rasa nyaman. Selain mengurangi rasa nyeri di bagian perut, berbaring juga bisa mengurangi rasa nyeri pada bagian punggung. Untuk menambah kenyamanan, Anda bisa menggunakan bantal untuk menyangga lutut Anda. Tarik napas panjang dan buang secara perlahan sehingga tubuh terasa lebih rileks.

5. Kunyit Asam.

Meredakan nyeri saat haid tidak selamanya harus dilakukan dengan mengkonsumsi obat-obatan kimia. Anda juga bisa mengkonsumsi ramuan tradisional, seperti kunyit asam. Kunyit merupakan obat herbal yang bersifat anti inflamasi yang mampu mengurangi rasa nyeri. Untuk meredakan rasa nyeri saat haid, Anda bisa mengkonsumsi kunyit asam sebelum dan juga ketika haid berlangsung. Selain cara menghilangkan nyeri saat haid, mengkonsumsi kunyit asam juga akan melancarkan aliran menstruasi saat haid.

6. Mengkonsumsi makanan kaya akan kandungan zat Besi.

Kaum wanita akan sangat rentan mengalami anemia saat mengalami siklus menstruasi. Karena itu, dengan mengkonsumsi makanan yang kaya akan kandungan zat Besi akan membantu menggantikan sel-sel darah merah yang keluar bersama darah menstruasi. Walaupun mengkonsumsi makanan yang kaya akan kandungan zat Besi juga akan menjaga tubuh Anda tetap bugar dan lebih bersemangat ketika melakukan aktivitas harian.

7. Olah raga ringan.

Berolahraga juga penting dilakukan walaupun Anda sedang haid. Kurang olah raga bisa menjadi salah satu pemicu nyeri haid ketika menstruasi. Untuk mengurangi nyeri haid, Anda bisa melakukan olah raga ringan seperti jogging yang dapat meningkatkan denyut jantung dan juga melancarkan aliran darah sehingga suplai darah dan juga oksigen ke area rahim menjadi lebih lancar. Kondisi itulah yang akan memberikan rasa nyaman pada area perut. Selain jogging, pilihan olahraga tepat adalah Yoga. Yoga merupakan salah satu jenis olah raga yang berguna untuk mengatur pernapasan sekaligus memberikan relaksasi kepada tubuh. Jadi selain rasa rileks, Anda juga dapat meningkatkan kelancaran aliran darah.

8. Minum air hangat.

Jangan sampai kebutuhan tubuh akan cairan saat masa menstruasi /haid tidak Anda penuhi. Tubuh akan mengeluarkan lebih banyak cairan saat masa haid, sehingga sangat dibutuhkan asupan air putih juga harus Anda tingkatkan. Untuk memberikan rasa nyaman pada tubuh dan juga perut Anda, Anda bisa mengkonsumsi air hangat. Hindari beberapa jenis minuman seperti kopi, minuman dengan kandungan gula tinggi, dan juga minuman bersoda.

9. Mandi air hangat.

Mandi dengan air hangat bisa Anda lakukan untuk membantu meredakan nyeri haid. Untuk menambahkan rasa nyaman, Anda bisa menambahkan aroma terapi ke dalam air hangat yang Anda gunakan untuk mandi. Mandi dengan air hangat dapat membuat tubuh terasa lebih nyaman dan nyeri haid secara perlahan akan hilang.

10. Hindari berpakaian yang terlalu ketat.

Saat menstruasi, tubuh Anda membutuhkan ruang gerak yang lebih banyak agar lebih rileks. Untuk itu, hindari pemakaian pakaian yang terlalu ketat. Selain mempersempit ruang gerak, pakaian yang terlalu ketat juga akan menekan area tubuh dan menghambat kelancaran aliran darah. Gunakanlah pakaian yang membuat tubuh Anda merasa nyaman dan tidak membatasi ruang gerak Anda.

Selain itu, pastikan waktu istirahat Anda terpenuhi ya ladies, semoga informasi diatas bermanfaat untuk Anda.

Salam, Tips Mengatasi Nyeri Haid Secara Alami Dan Cepat.

Tips Mengatasi Nyeri Haid Secara Alami Dan Cepat Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Nyeri saat haid / menstruasi yang terjadi pada wanita adalah hal biasa yang bisa dialami wanita dalam kondisi apapun. Namun sayangnya, rasa nyeri akibat menstruasi ini juga bervariatif. Ada yang sakitnya sedang, hingga sakit...
kesehatan - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *