Tips Mengatasi Kram Otot Saat Berenang

Diposkan oleh : pada tanggal 16 Apr. 2015 Kategori Tips Sehat

Berenang merupakan kegiatan olahraga air yang sangat menyenangkan dan juga menyegarkan. Namun ada 1 hal yang dapat mengganggu keasyikan anda saat berenang yaitu kram otot, yaps pasti anda pernah atau bahkan sering mengalaminya. Kram otot merupakan suatu keadaan dimana otot kita mengalami kejang secara mendadak sehingga menyebabkan rasa nyeri yang tidak tertahankan. Kram otot ini bisa berdampak serius dan mengancam jiwa seseorang karena dapat menyebabkan tenggelam.

kram saat berenangPenyebab kram otot terjadi yaitu karena otot sudah lelah dan terlalu sering digunakan, kram juta bisa disebabkan karena kurangnya kadar elektrolit di dalam tubuh dan otot sehingga otot pun tidak bekerja sesuai dengan keinginan dan menegang. Bila seseorang yang sedang berenang di kolam mengalami kram, sebaiknya segera ke tepi kolam. Nah bagaimana jika anda sedang berenang di pantai atau danau yang berjarak jauh dari tepi ? Tidak perlu khawatir lagi karena kami akan memberikan Tips Mengatasi Kram Otot Saat Berenang berikut ini :

  • Jangan Panik
    Jika anda sedang dalam keadaan genting misalnya sedang asyik berenang di pantai lalu tiba-tiba kram yang pertama anda harus lakukan adalah jangan panik dan tetap tenang. Mengapa demikian karena bersikap tenang dan tidak panik akan mengembalikan keseimbangan tubuh di dalam air.
  • Lakukan Peregangan Otot
    Jika berenang ke tepi tidak memungkinkan yang selain tetap tenang ana harus melakukan peregangan otot dengan memijat perlahan otot yang kram, hal ini dapat membantu mengembalikan elastisitas otot agar kembali seperti semula. Lakukan peregangan dan pemijatan berkali-kali sampai nyeri nya menghilang.

Adapun dua posisi peregangan yang harus dilakukan bila mengalami kram di dalam air :

  1. Posisi pertama anda harus menekuk lutut ke arah dada. Kemudian tarik telapak kaki dan jari kaki ke belakang ke arah punggung dengan hati-hati. Posisi ini membantu anda dalam mengatasi kram pada otot paha belakang dan betis.
  2. Posisi kedua menekuk paha ke belakang, tarik jari kaki dan punggung ke arah telapak kaki lalu tekuk lutut anda. Posisi ini mampu mengatasi kram paha bagian depan dan punggung kaki.

Sebelum melakukan olahraga renang, sebaiknya lakukan peregangan otot terlebih dahulu agar terhindar dari kram otot seperti lari-lari kecil mengelilingi kolam. Demikian lah tips yang bisa kami sampaikan. SEMOGA BERMANFAAT

TIPS MENGATASI KRAM OTOT SAAT BERENANG

Tips Mengatasi Kram Otot Saat Berenang Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Berenang merupakan kegiatan olahraga air yang sangat menyenangkan dan juga menyegarkan. Namun ada 1 hal yang dapat mengganggu keasyikan anda saat berenang yaitu kram otot, yaps pasti anda pernah atau bahkan sering mengalaminya. Kram...
Tips Sehat - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *