Tips Mengatasi Kelelahan Selama Masa Kehamilan

Diposkan oleh : pada tanggal 30 Jan. 2015 Kategori Tips Sehat

Tips Sehat Online,- Kali ini kami akan berbagi Tips Mengatasi Kelelahan Selama Masa Kehamilan untuk Anda khusunya wanita hamil. Wanita hamil memang rentan mengelami rasa lelah, maka dari itu, ada baiknya jika Anda, mengetahui bagaimana mengatasi rasa lelah selama masa kehamilan. Kami punya  5 tips yang dapat membantu Anda dalam mengatasinya, apa saja kira-kira? Sangat mudah, tapi sebelumnya, kenali terlebih dahulu perihal mengenai mengapa wanita hamil gampang mengalami rasa lelah.

Tips Mengatasi Kelelahan Selama Masa KehamilanKelelahan yang terjadi pada wanita hamil meliputi kelelahan fisik dan psikologis. Kelelahan fisik, yang utama penyebabnya adalah rutinitas keseharian, seperti pekerjaan di kantor dan aktifitas rumah tangga lainnya. Sementara kelelahan psikologis penyebabnya adalah konflik akibat adanya masalah, stress, dan juga kecemasan akan kehamilannya. Kelelahan juga timbul akibat pengaruh hormone progesterone, hormone kehamilan yang meningkat sangat cepat terutama pada masa trimester pertama kehamilan. Selama masa ini tubuh Anda masih dalam tahapan/masa membentuk plasenta yang sangat berguna untuk menyalurkan makanan dari Anda ke bayi Anda.

Di sisi lain, kelelahan juga terjadi pada trimester akhir kehamilan. Pada periode akhir, kehamilan sudah semakin membesar dan janin yang dikandungpun semakin berat. Keluhan ini akan membuat Anda sering tiak bisa tidur nyenyak di malam hari. Hal ini tentu akan menimbulkan kelelahan bagi Anda.

Untuk mengatasi kelelahan yang terjadi, berikut ini adalah cara paling baik untuk mengatasi kelelahan selama kehamilan, diantaranya:

1. Tidur lebih awal dan banyak istirahat

Dengan tidur lebih awal dan bangun pada saat yang ditentukan. Anda tentu tidak boleh begadang atau tidur di bawah waktu 8 jam.

2. Makanan sehat

Ingat! Anda butuh 300 kkal tambahan setiap hari. Masalah kelelahan kadang disebabkan oleh kebiasaan makan yang kurang sehat & rutin. Tetapi, makan dengan cara berlebihan disaat hamil juga bisa menyebabkan masalah kelelahan lho. Jadi, tetap harus dengan gizi dan takaran yang seimbang

3. Minum air lebih banyak

Perut kembung atau retensi air dalam badan yakni masalah yang umum selama kehamilan. Kurangi makanan asin dan minum banyak air.

4. Olahraga ringan

Olahraga ringan di pagi hari menciptakan jantung menjadi lebih kuat. Anda juga akan merasa lebih bugar dan tidak lemas. Tapi, sebelum Anda melakukannya, berkonsultasilah dengan dokter kandungan. Apakah Anda boleh melakukannya atau tanyakan olahraga apa yang aman dan tidak menyebakan kelelahan.

5. Mengurangi gerakan teratur

Anda harus mengurangi gerakan teratur yang melelahkan selagi periode kehamilan. Fokuslah terhadap kehamilan Anda dan janganlah mengabaikan rasa lelah tersebut.

Efek kelelahan yang berlebihan tentu akan sangat berbahaya bagi wanita hamil. Terlebih, kelelahan yang timbul akibat kegiatan yang terlalu padat. Hal ini disebabkan karena terlalu banyak aktivitas khususnya aktivitas yang cukup menyita energi dan konsentrasi dapat menyebabkan kontraksi pada rahim. Jika kondisi ini terus terjadi, dikhawatirkan dapat menyebabkan keguguran atau kelahiran premature.

Untuk menjaga kesehatan janin, Anda harus sering melaksanakan kontrol ke dokter. Tidak Hanya untuk memantau perkembangan janin, Anda dapat bertanya apa saja yang baik dilakukan selama periode kehamilan.

Demikianlah Tips Mengatasi Kelelahan Selama Masa Kehamilan semoga dapat bermanfaat untuk Anda, dan salam sehat.

Tips Mengatasi Kelelahan Selama Masa Kehamilan Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Tips Sehat Online,- Kali ini kami akan berbagi Tips Mengatasi Kelelahan Selama Masa Kehamilan untuk Anda khusunya wanita hamil. Wanita hamil memang rentan mengelami rasa lelah, maka dari itu, ada baiknya jika Anda, mengetahui...
Tips Sehat - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *