Tips Mengatasi Anak Yang Suka Pilih-pilih Makanan

Diposkan oleh : pada tanggal 5 Jan. 2017 Kategori Tips Sehat

Disaat anak memasuki umur enam bulan hingga satu tahun, kebanyakan ibu mulai memperkenalkan beraneka ragam rasa makanan buat anak. Namun ada factor yang butuh diperhatikan kala mulai memberikan makanan pada buah hati. Apabila salah strategi, anak dapat sulit makan dan terbiasa pilih-pilih makanan. Oleh karena itu, ibu mesti mengetahui bagaimana cara mengatasi anak yang suka pilih-pilih makanan.

tips mengatasi anak yang suka pilih pilih makanan

Beragam penyebab mengapa anak sangat pemilih soal menu makanan diantaranya sayuran menurutnya tak enak, bentuknya aneh atau cuma dikarenakan anak takut mencoba rasa makanan baru dan anak-anak juga mudah bosan dengan jenis makanan tertentu maka menolak menu yang itu-itu saja.

Tips Mengatasi Anak Yang Suka Pilih-pilih Makanan

Sajikan makanan semenarik mungkin

Tips pertama mengatasi atau menghadapi anak yang suka pilih-pilih makanan adalah sajikan makanan semenarik mungkin agar buah hati anda mau mencoba makanan tersebut. Misalnya buah jangan hanya dikupas saja, tapi susun buah warna warni pada tusuk sate, agar telihat enak.

Biarkan buah hati anda mengambil makanannya sendiri

Beri kesempatan pada anak anda untuk mengambil makanannya sendiri yang dia mau adalah salah satu cara mengatasi anak yang suka pilih-pilih makanan. Dengan cara tersebut juga bisa melatih si kecil supaya mempunyai rasa tanggung jawab atas dirinya sendiri. Tapi tetap anda harus mengawasi apa yang dimakan si kecil.

Biarkan si kecil merasa lapar

Anak akan lebih mau mencoba berbagai jenis makanan ketika ia merasa lapar. Oleh sebab itu, jangan memberikan makanan ringan ketika anak anda lapar menjelang waktu makan.

Mulai dengan sarapan sehat

Biasakan anak anda selalu sarapan pagi dan jelas padanya mengenai pentingnya sarapan pagi. Tentunya makanan yang disajikan juga harus makanan yang bergizi. Supaya si kecil memilih makanan sehat yang bergizi sepanjang hari.

Ajak anak berpartisipasi menyajikan makanan

Melibatkan anak dalam kegiatan berhubungan dengan urusan makanan juga termasuk cara mengatasi anak yang suka pilih-pilih makanan. Ajak anak berbelanja , mintalah bantuan ia untuk memilih makanan seperti sayur, buah dan makanan lainnya. Saat anda sampai dirumah, libatkan juga anak dalam menyajikan makanan tersebut.

Tips lainnya untu mengatasi anak yang suka pilih-pilih makanan adalah buatlah kegiatan makanan menjadi menyenangkan, minimalkan hal yang mengganggu waktu makan, jangan menawarkan makanan penutup sebagai hadiah dan jangan terburu-buru mengganti makanan.

Itulah tips cara mengatasi anak yang suka pilih-pilih makanan yang dapat hadirkan di website tips sehat, semoga dapat bermanfaat. Dan semoga dapat membantu.

Tips Mengatasi Anak Yang Suka Pilih-pilih Makanan Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Disaat anak memasuki umur enam bulan hingga satu tahun, kebanyakan ibu mulai memperkenalkan beraneka ragam rasa makanan buat anak. Namun ada factor yang butuh diperhatikan kala mulai memberikan makanan pada buah hati. Apabila salah...
Tips Sehat - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *