Tips Mengatasi Anak Susah Makan

Diposkan oleh : pada tanggal 24 Oct. 2014 Kategori Anak dan Kehamilan

Tips Sehat Online,- Anak yang susah makan biasanya dikarenakan faktor fisik dan faktor psikis. Faktor fisik meliputi gangguan organ pencernaan maupun infeksi yang menyerang anak, dalam kata lain anak dalam keadaan sakit. Sedangkan faktor psikis meliputi gangguan psikologis pada anak seperti kondisi rumah tangga yang bermasalah, suasana makan yang kurang menyenangkan, tidak pernah makan bersama orang tua, maupun anak yang dipaksa mengkonsumsi makanan yang tidak disukainya.

Dengan mengenali beberapa penyebab tersebut, solusi untuk mengatasi anak susah makan terasa lebih mudah. Berikut ini ada beberapa tips untuk mengatasi anak yang susah makan.

Tips Mengatasi Anak Susah Makan

anak susah makan

  1. Coba sajikan makanan dalam porsi kecil,- Hal ini dilakukan mengingat lambung anak belum mampu menampung makanan terlalu banyak. Jadi berikan ia porsi makanan sedikit demi sedikit.
  2. Variasi makanan,- Cobalah berikan beberapa pilihan menu makanan, lalu biarkan si kecil memilih makanan yang ia sukai, karena biasanya anak akan lebih suka dengan makanan yang ia pilih sehingga akan menumbuhkan nafsu makannya.
  3. Sajikan makanan dengan menarik,- Anak lebih suka dengan tampilan yang menarik seperti nasi goreng yang dicetak menyerupai teddy bear atau mickey mouse.
  4. Jadikan waktu makan saat menyenangkan,- Hindari mengancam, menghukum, atau menakut-nakuti anak agar ia makan lebih banyak. Hal ini justru akan membuatnua merasa bahwa waktu makan merupakan saat yang tidak menyenangkan.
  5. Makan teratur,- Jadwalkan waktu makan si kecil dengan teratur, agar si kecil terbiasa dengan waktu makannya.
  6. Berikan cemilan sehat,- Berikan ia cemilan kecil namun beragam, misalnya saja bola-bola kentang isi wortel dan daging cincang, sus mini isi fla coklat, donat tabur keju, dan sebagainya.
  7. Libatkan anak dalam menyiapkan makanan,– Anda harus melibatkan si kecil dalam berbelanja bahan masakan dan memilih buah atau sayuran kesukaan mereka pada saat memasak. Dengan cara ini, si kecil akan penasaran dengan masakan yang anda buat, sehingga membuat mereka tidak sabaran untuk menyantapnya.
  8. Jangan menawarkan makanan penutup di awal,- Hal ini akan menyebabkan si kecil menganggap makanan penutup sebagai makanan terbaik dan inti, jadi mereka akan melewatkan makanan utama yang sebenarnya. Jadi, usahakan memberikan makanan utama terlebih dahulu.
  9. Batasi pemberian minuman di sela-sel makan,- Minuman rendah lemak maupun jus buah segar memang penting untuk anak, namun jika anak terlalu banyak minum, tidak akan ada tempat yang cukup untuk makanan yang ia makan.
  10. Minimalkan gangguan,- Pada saat jadwal makan si kecil tiba, segera minimalkan semua gangguan, seperti mematikan televisi, menjauhkan anak dari mainannya, dan lain lain. Hal ini dilakukan agar anak bisa fokus pada makanannya bukan paa mainannya.

Nah, itulah beberapa Tips Mengatasi Anak Susah Makan yang bisa anda lakukan dan jangan lupa untuk selalu memberikan makanan sehat dengan gizi yang seimbang pada si kecil sesuai kebutuhannya.

Sumber ( www.bidanku.com )

Tips Mengatasi Anak Susah Makan Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Tips Sehat Online,- Anak yang susah makan biasanya dikarenakan faktor fisik dan faktor psikis. Faktor fisik meliputi gangguan organ pencernaan maupun infeksi yang menyerang anak, dalam kata lain anak dalam keadaan sakit. Sedangkan faktor...
Anak dan Kehamilan - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *