Tips Mengatasi Anak Masuk Angin

Diposkan oleh : pada tanggal 25 Oct. 2014 Kategori Anak dan Kehamilan

Tips Sehat Online,- Salah satu penyakit yang banyak terjadi di musim pancaroba adalah masuk angin. Di dunia medis, istilah masuk angin sebetulnya tidak ada. Orang awam menyebut masuk angin untuk merujuk pada kondisi tubuh yang dilanda perut kembung, demam, pusing, mual, bahkan sampai muntah. Masuk angin sejatinya merupakan suatu gejala awal dari infeksi virus. Masuk angin tidak hanya menyasar pada orang dewasa, tetapi juga anak-anak. Saat anak-anak terkena masuk angin, orangtua hendaknya berhati-hati dalam memberikan obat. Sebelum menggunakan obat, ada baiknya jika orang tua mengetahui adakah tips tertentu yang dapat mengatasi masuk angin pada anak? Jawabannya tentu saja ada. Dan kami akan memberikan beberapa tips mengatasi anak masuk angin.

masuk-angin-anakParutan bawang merah
Bawang merah dipercaya ampuh mengatasi masalah masuk angin pada Anak ataupun bayi. Anda bisa membuat parutan beberapa siung bawang merah yang dicampur dengan minyak kelapa. Parutan tersebut cukup Anda balurkan ke bagian punggung dan perut anak. Bawang merah akan memberikan efek yang menghangatkan badan sehingga masuk angin pada bayi akan hilang dengan cepat.

Daun jarak
Anak yang masuk angin bisa dilihat dengan gejala perut kembung karena gas dalam perutnya tidak bisa keluar. Untuk mengatasi perut kembung, Anda bisa menggunakan daun jarak. Daun jarak bisa Anda berikan pada bayi Anda saat bayi Anda usia 2 bulan keatas. Caranya dengan mengambil satu lembar daun jarak, cuci dan keringkan. Daun jarak yang sudah kering kemudian dipanaskan di atas api yang kecil tapi tidak terlalu lama. Setelah itu, daun jarak diletakkan dalam wadah bersih dan dicampur dengan minyak telon, saat daun jarak masih hangat suam-suam kuku segera tempelkan ke perut bayi. Anda biarkan daun tersebut beberapa menit, kemudian lakukan lagi proses seperti tadi.

Mengatasi masuk angin dengan mandi rempah daun jarak mengatasi masuk angin
Ramuan tradisional mandi rempah baik digunakan untuk mengatasi masuk angin dan flu pada bayi. Namun, harus diingat bahwa mandi rempah ini baru bisa Anda lakukan untuk bayi dengan usia 6 bulan keatas. Ramuan mandi rempah dengan cara memasukkan kayu secang secukupnya ditambah sereh secukupnya, dua buah cengkeh, serta satu sendok makan daun teh. Setelah semua ramuan siap, Anda bisa langsung memandikan bayi Anda dalam ramuan air hangat tersebut.

3 tips sederhana tersebut bisa Anda praktekkan untuk mengatasi masuk angin pada buah hati Anda. Jangan lupa juga untuk mengetahui apa penyebab dari masuk angin yang dialami oleh anak Anda, sehingga kejadian tersebut tidak akan terulang lagi. Melakukan pencegahan terjadinya masuk angin tentu lebih baik daripada mengobati!

(sumber:pondokibu.com)

Tips Mengatasi Anak Masuk Angin Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Tips Sehat Online,- Salah satu penyakit yang banyak terjadi di musim pancaroba adalah masuk angin. Di dunia medis, istilah masuk angin sebetulnya tidak ada. Orang awam menyebut masuk angin untuk merujuk pada kondisi tubuh...
Anak dan Kehamilan - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *