Tips Mengalihkan Anak Dari Junk Food Ke Makanan Sehat

Diposkan oleh : pada tanggal 24 Mar. 2015 Kategori Tips Sehat

Tips Mengalihkan Anak Dari Junk Food Ke Makanan Sehat

Anak-anak sekarang memang lebih banyak menyukai makanan junk food daripada makanan sehat. Makanan junk food selain praktis sekarang banyak didapat dimana saja, seperti hamburger, french fries, fried chicken dan masih banyak lagi. Memang rasanya enak, dan pasti anak-anak akan menyukainya. Tapi untuk Anda orangtua yang menginginkan anaknya sehat tentu harus berfikir bagaimana caranya membuat si buah hati menyukai makanan sehat lainnya. Pada situs Tips Sehat Online kali ini saya akan berikan Tips Mengalihkan Anak Dari Junk Food Ke Makanan Sehat seperti dilansir dari situs id.theasianparent.

1. Perkenalkan makanan sehat secara bertahap

Kenalkan-Makanan-Sehat
Mengenalkan kebiasaan makan sehat secara drastis tentunya sangat sulit. Apalagi, bila si kecil sudah ‘kecanduan’ junk food. Bila ia memaksa meminta junk food, sisipkan makanan sehat di dalam hidangan tersebut, dan bernegosiasilah dengannya agar ia tidak hanya memakan junk food -nya saja.

Jika ia sudah mulai menyukai makanan sehat yang disisipkan tersebut, Anda lebih mudah menghindari junk food di hari-hari berikutnya.

2. Kenali minat/hobi anak dan cara penyajian yang menarik

Kenali minat/hobi anak dan cara penyajian yang menarikSetiap anak memiliki kegemaran masing-masing. Misalnya, ia sangat suka dengan bola. Anda bisa menyajikan bola daging yang sudah dicampurkan dengan beberapa sayuran di dalamnya. Anda dapat bercerita tentang bola yang masuk ke gawang (yaitu mulutnya) saat makan. Karena menarik, ia akan suka memakannya dan tidak melulu meminta junk food kesukaannya.

Tata letak makanan yang menarik juga mempengaruhi minat anak-anak dalam menyantap makanan. Lihatlah foto di atas, menarik bukan?

3. Batasi jajanan

Batasi-Jajanan

Jajanan di luar rumah mengandung banyak bahan yang disukai anak-anak namun tidak sehat. Untuk itu upayakan agar anak sudah kenyang saat di rumah dan kita perlu membatasi uang jajan mereka.

4. Olahan rumahan

Olahan-Rumahan
Anda bisa membuat nugget, hamburger, atau french fries sendiri dengan modifikasi yang membuatnya jadi makanan sehat. Misalnya, memanggang potongan2 kentang tentunya lebih sehat daripada menggorengnya. Mengganti daging olahan yang biasa dipakai pada hamburger dengan daging olahan sendiri tentunya lebih sehat juga.

5. Innovasi baru

Innovasi-baru

Seorang Ibu memang dituntut untuk kreatif. Temukan innovasi baru yang membuat anak-anak selalu betah di rumah dan menyukai masakan kita. Sebagai contoh kecil Anda bisa membuat sate buah dan sate baso, tidak perlu di tambah bumbu, karena rasa asam dan manis dari buah sudah bisa menggantikan rasa saus dan pasta.

Bagaimana? Mudah bukan? Jadi lakukan yang terbaik untuk anak-anak Anda jika Anda peduli terhadap kesehatannya. Selamat mencoba! 🙂

Tips Mengalihkan Anak Dari Junk Food Ke Makanan Sehat

Tips Mengalihkan Anak Dari Junk Food Ke Makanan Sehat Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Anak-anak sekarang memang lebih banyak menyukai makanan junk food daripada makanan sehat. Makanan junk food selain praktis sekarang banyak didapat dimana saja, seperti hamburger, french fries, fried chicken dan masih banyak lagi. Memang rasanya...
Tips Sehat - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *