Tips Mencegah Pertumbuhan Uban di Usia Muda

Diposkan oleh : pada tanggal 27 Oct. 2015 Kategori Tips Sehat

Masih muda kok banyak uban nya ? Sekarang banyak sekali anak muda yang masih berusia 20 tahunan bahkan masih remaja sudah memiliki uban / rambut putih di kepanya. Hal ini tentunya dapat menyebabkan kepercayaan diri semakin menurun dan dapat menjadi pusat perhatian sebagian orang. Sebenarnya uban sering kali kita temukan pada orang yang sudah lanjut usia dikarenakan proses penuaan yang terjadi. Namun pada kenyataan nya sekarang banyak sekali orang yang masih muda tapi sudah mengalami penuaan dini, apa saja sih penyebab rambut beruban di usia muda ? dan bagaimana cara mengatasinya ?

Sekarang anda tidak perlu risau lagi karena tipssehatnonline akan berikan tips terbaik untuk mengatasi uban pada rambut dan mengembalikan tingkat kepercayaan diri anda muncul kembali, tapi simak terus artikel di bawah ini yah 🙂

Penyebab dan Tips Mengatasi Uban pada Rambut di Usia Muda

Hindari beberapa penyebab rambut beruban di bawah ini, agar dapat melakukan pencegahan dari sejak awal, berikut ini penyebabnya :

rambut beruban1

  1. Stress, stress yang berlebihan dan terus menerus dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan produksi pigmen rambut berkurang sehingga rambut putih pun bermunculan.
  2. Usia, seseorang dengan usia 50-60 tahun tidak dapat menghindari pertumbuhan uban karena telah termasuk ke dalam masa penuaan.
  3. Merokok, zaman sekarang banyak sekali anak-anak bocah yang sudah merokok, tidak heran banyak sekali anak muda sekarang yang sudah beruban. Merokok ternyata dapat meningkatkan resiko pertumbuhan uban 4x dibandingkan mereka yang tidak merokok.
  4. Faktor genetik, apabila orang tua yang sudah memiliki uban di usia muda hal tersebut dapat diturunkan pada anak-anaknya nanti. Apabila hal tersebut terjadi langkah yang harus dilakukan yaitu merawat rambut sebaik mungkin agar dapat mengembalikan produksi pigmen pada rambut sehingga menjadi normal kembali.
  5. Gaya hidup, gaya hidup yang tidak sehat seperti sering mengkonsumsi makanan cepat saji, kurang menjaga kebersihan kulit kepala, diet yang salah, penggunaan haid dryer dan catok rambut yang berlebihan dapat menyebabkan produksi melanain di rambut berubah prematur dan menyebabkan berbagai masalah pada rambut termasuk rambut yang beruban.
  6. Kekurangan vitamin B12, vitamin C, E dan kekurangan asam folat. Kandungan-kandungan tersebut dipercaya dapat memberukan asupan nutrisi untuk rambut, dapat menghasilkan kandungan melanin untuk rambut, dan mempercepat proses pertumbuhan rambut. Untuk itu kekurangan kandungan tersebut dapat merubah rambut menjadi berwarna abu-abu.
  7. Penyakit tiroid, tiroid yang kurang atau terlalu aktif dapat mempengaruhi produksi melanin pada rambut dan menghasilkan uban prematur.
  8. Hormon yang tidak seimbang, perubahan hormon memiliki peran yang penting dalam menentukan kondisi kulit dan rambut. Biasanya perubahan hormon dapat terjadi pada ibu hamil yang menyebabkan tumbuhnya uban di usia muda.

Nah, kurang lengkap rasanya bila tipssehatonline tidak memberikan tips paling ampuh dalam mencegah uban baru muncul kembali, yakni dengan cara sebagai berikut :

rambut beruban

  • Hindari mewarnai rambut, mewarnai rambut boleh saja asalkan dengan menggunakan pewarna rambut yang terbuat dari bahan-bahan alami sehingga tidak merusak pigmen rambut. Bahan kimia yang terdapat dari pewarna rambut ternyata berbahaya bagi kesehatan rambut kita.
  • Menjaga kesehatan kulit kepala, dilema seseorang terhadap masalah rambut yaitu ketombe. Riset dermatologis dunia menyatakan bahwa ketombe dapat menjadi pemicu tumbuhnya uban. Gunakan shampo anti ketombe atau penggunaan perasan jeruk lemon agar menghilangkan ketombe dan kotoran pada kulit kepala.
  • Pijat rambut, ternyata rambut juga harus mendapatkan perlakuan khusus caranya yakni dengan menggunakan minyak kepala atau kemiri. Hal ini dapat membuat rambut tetap panjang, sehat dan kuat. Sering-sering lah pijat kulit kepala agar terasa tenang dan nyaman.
  • Mencegah stress, stress dapat terjadi karena pelajaran di sekolah, tugas kuliah, kerjaan yang numpuk atau penyebab lainnya. Mulai sekarang hindari stress dan kerjakan hal tersebut dengan rileks dan santai, hal ini dapat mencegah pertumbuhan uban sebelum waktunya.
  • Hindari bergadang, tidur yang cukup sangat bagus bagi kulit kepala agar dapat beristirahat dan sel-sel pada rambut pun dapat beregenerasi. Bergadang tiap malam pun dipercaya dapat mempercepat tumbuhnya uban.
  • Mengkonsumsi makanan yang baik untuk nutrisi rambut, seperti bayam, lemon, jamur, jus wortel, jus melon, daging, ayam, sayuran, telur, biji-bijian dan seafood.

Demikian beberapa tips mencegah pertumbuhan uban di usia muda dan penyebabnya, gunakan produk sampo yang sesuai dengan jenis rambut anda, hindari makanan yang mengandung pengawet, perwarna makanan yang berbahaya, jangan mengkonsumsi makanan yang mengandung santan, toge, kacang hijau, sirsak, sawi-sawian. Semoga dapat menambah wawasan anda, SEMOGA BERMANFAAT.

| Tips Mencegah Uban Di Usia Muda

Tips Mencegah Pertumbuhan Uban di Usia Muda Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Masih muda kok banyak uban nya ? Sekarang banyak sekali anak muda yang masih berusia 20 tahunan bahkan masih remaja sudah memiliki uban / rambut putih di kepanya. Hal ini tentunya dapat menyebabkan kepercayaan...
Tips Sehat - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *