Tips Mencegah Dehidrasi Selama Puasa

Diposkan oleh : pada tanggal 24 Jun. 2015 Kategori Tips Sehat

Pengunjung setia Tips Sehat Online, didalam menjalankan ibada puasa pasti akan mengalami lemah dan gampang letih. Hal ini terjadi karena tubuh mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan. Karena itu, penting untuk Anda yang menjalankan puasa mengetahui beberapa tips yang dapat mencegah dehidrasi selama puasa. Apa saja tipsnya? Simak Tips Mencegah Dehidrasi Selama Puasa berikut ini.

dehidrasi saat puasa

1. Memperbanyak minum air putih dimalam hari dan saat sahur.
Memperbanyak minum air putih memang dapat mencegah dehidrasi. Jika dalam hari-hari biasa kita diharuskan minum setidaknya 8 gelas perhari untuk mengurangi cairan tubuh yang menguap didalam tubuh. Untuk sekarang, karena saat puasa kita hanya bisa makan dan minum sesudah waktunya buka puasa dan sahur, maka asupan air tetap harus dijaga jangan sampai kita terlalu kenyang atau malah kurang dalam mengkonsumsi air karena terlalu banyak makan-makanan yang dikonsumsi. Untuk itu, sebaiknya usahakan Anda meminum air putih secara berkala di waktu malam setelah berbuka dan saat sahur, kurangi juga minuman manis yang justru membuat cairan dalam tubuh cepat berkurang.

2. Menambahkan sepotong lemon dalam minuman Anda.
Mengkonsumsi setidaknya 8 gelas air perhari dapat membantu mencegah dehidrasi. Namun saat sahur tentu kita tidak bisa langsung menengguk 8 gelas sekaligus. Tips untuk mengatasinya adalah dengan menambahkan sepotong lemon dalam minuman yang akan diminum. Lemon juga menambah kesegaran pada minuman.

3. Mengkonsumsi sup saat sahur.
Sup tentu saja memiliki kandungan air, untuk itu menu ini sangat baik dikonsumsi ketika sahur. Mengkonsumsi sup hangat saat sahur dapat memenuhi kebutuhan cairan tubuh yang diperlukan, selain itu sayuran juga kaya kandungan mineral yang tinggi.

4. Perbanyak mengkonsumsi buah dan sayuran.
Para ahli gizi menyarankan untuk memperbanyak mengkonsumsi buah dan sayur selama puasa. Alasannya tentu saja karena kedua jenis makanan ini dapat membantu tubuh menyimpan lebih banyak cairan dan mineral sehingga jauh dari dehidrasi. Pilihlah beberapa buah yang kaya dengan kandungan air seperti melon dan semangka.

5. Mengurangi aktifitas di luar ruangan.
Jika tidak terlalu memiliki aktifitas penting diluar ruangan dan cuaca sedang panas terik sebaiknya Anda diam dirumah saja. Aktifitas diluar ruangan akan menyebabkan tubuh kehilangan banyak cairan, inilah yang akan menyebabkan dehidrasi dan lemas saat berpuasa. Perhatikan juga waktu istirahat selama puasa.

Demikianlah beberapa tips yang dapat Anda ikuti untuk mencegah dehidrasi selama puasa, semoga dapat bermanfaat ya untuk Anda. Selamat menunaikan ibadah puasa untuk Anda yang menjalankan, dan tetap sehat selalu!

Tips Mencegah Dehidrasi Selama Puasa Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Pengunjung setia Tips Sehat Online, didalam menjalankan ibada puasa pasti akan mengalami lemah dan gampang letih. Hal ini terjadi karena tubuh mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan. Karena itu, penting untuk Anda yang menjalankan puasa...
Tips Sehat - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *