Tips Mencegah Asma Agar Tidak Kambuh Saat Liburan

Diposkan oleh : pada tanggal 1 Aug. 2017 Kategori Tips Sehat

Tips sehat,- Menyempatkan waktu untuk berlibur ialah pilihan yang tepat untuk keluar dari rutinitas. Namun, bagaimana dengan penderita asma? karena banyak hal dapat memicu asma diantaranya udara dingin, serbuk sari dan sebagainya. Bila penderita asma liburan ke taman mungkin penderita penyakit ini takut menghirup serbuk sari. Bila penderita asma liburan ke gunung mungkin takut dengan kondisi udara dingin sehingga bisa menyebabkan kedinginan. Namun, bagi penderita asma tidak perlu khawatir, ada beberapa tips untuk mencegah asma agar tidak kambuh saat liburan.

tips mencegah asma agar tidak kambuh saat liburan

Tips Mencegah Asma Agar Tidak Kambuh Saat Liburan

Harus peka terhadap perubahan cuaca

Tips mencegah asma agar tidak kambuh saat liburan adalah penderita asma harus peka terhadap perubahan cuaca di daerah tujuan anda berlibur. Pilih waktu dan tempat berlibur yang tepat. Asma bisa kambuh pada cuaca dingin. Bagi anda yang menderita asma harus membawa dan memakai pakaian atau jaket yang hangat untuk mengurangi efek udara dingin dan gejala asma kambuh.

Hindari asap rokok dan api unggun

liburan atau camping di suatu tempat, biasanya identik dengan api unggun atau sekedar bermain kembang api di malam harinya. Akan tetapi bagi penderita asma tidak bisa ikut berkumpul dengan teman mengitari api unggun, karena bila penderita penyakit ini berkumpul mengitari api unggun maka asap dari api unggun tersebut akan terhirup. Bila penderita menghirup asap dari api unggun maupun asap rokok maka asma yang dideritanya akan kambuh.

Hindari area pepohonan rimbun

Tips lainnya mencegah asma agar tidak kambuh saat liburan adalah hindari area pepohonan rimbun. Karena di pepohonan melekat debu dan serbuk sari, sedangkan debu dan serbuk sari merupakan faktor pemicu kambuhnya asma. Oleh karena itu hindari area pepohonan yang rimbun.

Hindari lilin aroma terapi

Lilin aromaterapi memang dapat bermanfaat sebagai terapi yang dapat menenangkan saat dihirup. Akan tetapi, hal tersebut tidak berlaku bagi penderita asma, Karena lilin aromaterapi yang dibakar akan melepaskan bahan kimia ke udara yaitu zat toluene dan benzena yang mampu memicu reaksi asma.

Suntik flu

Sebelum pergi berlibur, penderita asma bisa mencoba vaksin flu tujuaannya untuk mencegah asma kambuh. Alasan mengapa suntik flu sebab asma dapat kambuh akibat virus yang masuk ke saluran pernafasan.

Bila memang anda menderita asma dan anda lebih baik menghindari tempat liburan yang dapat memicu asma seperti gunung dan taman. Maka penderita asma bisa berlibur ke pantai atau kolam berenang. Bila tempat tujuan telah ditentukan, maka persiapan obat-obatan yang memadai untuk dibawa salah satunya inhaler.

Baca juga:

Tips Merawat Dan Menyimpan Lensa Kontak Yang Benar

Tips Mencegah Asma Agar Tidak Kambuh Saat Liburan Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Tips sehat,- Menyempatkan waktu untuk berlibur ialah pilihan yang tepat untuk keluar dari rutinitas. Namun, bagaimana dengan penderita asma? karena banyak hal dapat memicu asma diantaranya udara dingin, serbuk sari dan sebagainya. Bila penderita...
Tips Sehat - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *