Tips Membersihkan Botol Susu Bayi yang Benar

Diposkan oleh : pada tanggal 10 Nov. 2015 Kategori Anak dan Kehamilan Gaya Hidup Sehat Tips Sehat

Kebersihan botol susu memang terdengar sepele, namun tahukah anda botol susu yang kurang bersih dapat memicu infeksi bakteri dan mengundang penyakit bagi si kecil. Mencuci botol susu bayi dengan benar harus diketahui bagi para orang tua agar dapat memastikan si kecil aman dan sehat. Bagaimana tips membersihkan botol susu bayi yang baik dan benar ? Perhatikan ulasan berikut ini…

Tips Membersihkan Botol Susu Bayi yang Benar

membersihkan botol susu

  1. Bersihkan langsung botol susu setelah digunakan
    Setelah botol selesai digunakan, sebaiknya langsung bersihkan botol susu di bawah air mengalir. Cara ini dapat mencegah susu lama atau kotoran terakumulasi di dalam botol, sebaiknya gunakan air panas ketika mencuci botol tersebut karena air panas dapat membunuh kuman secara efektif.
  2. Gunakan sabun cair
    Disarankan untuk menggunakan sabun pencuci khusus botol bayi, sabun tersebut sangat lembut dan tidak beracun sehingga tidak akan meninggalkan sisa sabun pada botol. Selain itu jangan gunakan sabun colek atau detergen untuk membersihkan botol susu karena mengandung zat berbahaya bagi si kecil.
  3. Bukalah semua bagian botol dan bersihkan secara terpisah
    Melepas bagian-bagian botol penting karena banyak susu lama yang terkumpul di cincin dot dan karet dot sehingga dapat menyebabkan pertumbuhan bakteri semakin pesat. Masukkan bagian semua bagian botol ke dalam air sabun panas secara terpisah.
  4. Gunakan sikat halus khusus botol susu
    Bersihkan dasar botol susu menggunakan sikat halus dengan gerakan memutar. Bersihkan sisi dalam botol dengan menggerakan sikat naik-turun. Untuk membersihkan bagian bibir botol gunakan sikat kecil untuk menjangkau setiap celah tutup botol. Gunakan sikat botol dan sikat karet dot untuk dot plastik dan cincin dotnya.
  5. Biarkan botolnya benar-benar kering
    Setelah dicuci bilas bagian botol secara menyeluruh dengan air panas yang mengalir untuk menghilangkan sisa busa atau sabun. Letakkan bagian botol pada rak pengering dan keringkan di lookasi berventilasi dengan baik. Botol yang masih lembap dalam waktu yang lama dapat ditumbuhi dengan jamur.
  6. Botol di sterilkan dengan benar
    Ketika botol pertama kali digunakan atau setelah proses pencucian botol perlu di sterilkan. Caranya yakni dengan mendidihkan air dalam panci, matikan api dan diamkan setiap bagian botol dalam panci selama 15 menit. Jangan biarkan bool terendal lama di dalam panci, apalagi sampai airnya dingin lagi, karena hal ini membuat proses pensterilan sia-sia dan kuman akan kembali menempel pada botol.

Disarankan untuk mensterilkan botol susu bayi sehari dua kali dan lebih baik memiliki lebih dari satu botol susu untuk digunakans sebagai cadangan. Anda juga dapat mensterilkan botol susu bayi dengan mesin sterilisasi microwave portabel, lebih praktis namun harganya yang mahal. Demikian lah tips membersihkan botol susu bayi yang baik dan benar, nantikan tipssehatonline berikut nya. SEMOGA BERMANFAAT

Tips Membersihkan Botol Susu Bayi yang Benar Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Kebersihan botol susu memang terdengar sepele, namun tahukah anda botol susu yang kurang bersih dapat memicu infeksi bakteri dan mengundang penyakit bagi si kecil. Mencuci botol susu bayi dengan benar harus diketahui bagi para...
Anak dan Kehamilan Gaya Hidup Sehat Tips Sehat - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *