Tips Memasak Sehat Tanpa Mengurangi Gizi

Diposkan oleh : pada tanggal 5 Mar. 2015 Kategori Tips Sehat

Tips Sehat,- Ternyata cara kita dalam mengolah makanan memberikan pengaruh pada kandungan gizi dan nutrisi asli dalam bahan makanan tersebut. Cara memasak yang sehat akan tetap menjaga kandungan gizi dan nutrisi tersebut, dan memudahkannya diserap oleh tubuh.

Memasak makanan dengan suhu tinggi misalnya dapat merusak Vitamin C, folat, dan potassium yang ada pada sayuran hingga 20%. Pada sisi lain ada Vitamin yang larut dalam air, jika kita memasak menggunakan air. Ada juga beberapa Vitamin yang larut dalam minyak, jika kita memasaknya menggunakan minyak.

Meski demikian, para ahli berpendapat bahwa sebagian besar makanan justru akan lebih bernutrisi setelah dimasak, seperti wortel, bayam, dan tomat. Proses memasak ini akan membantu pelepasan antioksidan dengan cara menghancurkan dinding sel sehingga zat-zat penting dalam sayuran itu lebih mudah diserap tubuh.

Oleh karena itulah kami disini akan menyampaikan beberapa Tips Memasak Sehat Tanpa Mengurangi Gizi.

Tips Memasak Sehat Tanpa Mengurangi Gizi

 

tips memasak sehat

Merebus

Merebus merupakan cara yang mudah dan cepat. Anda hanya perlu menambahkan air dan sedikit garam. Namun suhu yang tinggi dan jumlah air yang banyak bisa mengurangi jumlah Vitamin larut air dan Mineral dalam sayuran sampai 70%. Merebus lebih dianjurkan untuk wortel, brokoli, atau zucchini (sayuran yang mirip mentimun hijau).

Merebus engan sedikit air (poaching)

Poaching ini merupakan cara yang direkomendasikan untuk makanan seperti ikan, telur, atau buah.

Mengukus

Hampir semua jenis bahan makanan, mulai dari sayuran sampai ikan cocok dikukus. Dengan cara seperti ini, rasa asli dan nutrisi makanan tetap terjaga.

Membakar

Membakar merupakan metode memasak makanan yang langsung ke dalam panas api atau dalam waktu yang singkat dan cara ini dianjurkan untuk memasak daging yang dipotong seperti sate.

Memanggang

Memanggang merupakan cara yang dianjurkan untuk mendapatkan rasa daging yang tetap segar dan empuk. Tetapi beberapa penelitian mengatakan bahwa cara memasak seperti ini bisa meningkatkan risiko kanker pankreas dan kanker payudara. Memanggang di suhu tinggi akan menghasilkan reaksi kimia antara lemak dan Protein dalam daging, sehingga menghasilkan toksin yang akan merusak keseimbangan dalam tubuh. Hal ini diketahui akan memicu diabetes dan penyakit kardiovaskular.

Menumis

Cara memasak seperti ini hanya memerlukan sedikit minyak, sehingga hampir sebagian besar bahan pangan cocok dimasak dengan cara seperti ini.

Menggunakan Microwave

Memasak dengan microwave merupakan cara yang paling sehat karena waktu memasaknya singkat, sehingga kerusakan gizi dan nutrisi lebih sedikit. Penelitian menunjukan bahwa memasak sayuran paling tepat adalah dengan microwave. Bahan makanan yang dimasak dengan microwave memang bisa menjadi kering, namun hal tersebut bisa dicegah dengan menambahkan sedikit air sebelum dipanaskan. Pastikan pula anda menggunakan tempat makanan khusus untuk microwave.

Selain dengan cara dimasak, ternyata bahan pangan juga bisa dikonsumsi secara mentah.

Pola Makan Makanan Mentah

 

makanan mentah

Penganut pola makan makanan mentah seperti ini mengklaim bahwa cara ini yang paling sehat karena kandungan Vitamin, mineral, serat, dan enzim dalam sayuran tidak akan hilang. Meskipuan begitu, beberapa riset mengungkapkan bahwa mengasup makanan mentah akan membuat kita kehilngan likopen dalam tomat serta antioksidan dalam wortel atau bayam.

Oleh karena itulah, kita harus cerdas dalam memilih pengolahan untuk beragam jenis bahan makanan agar kita tetap bisa mendapatkan gizi dan nutrisi lengkap yang terkandung dalam bahan makanan tersebut.

 

Simak juga artikel bermanfaat lainnya :

 

Sumber health.kompas.com

Tips Memasak Sehat Tanpa Mengurangi Gizi Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Tips Sehat,- Ternyata cara kita dalam mengolah makanan memberikan pengaruh pada kandungan gizi dan nutrisi asli dalam bahan makanan tersebut. Cara memasak yang sehat akan tetap menjaga kandungan gizi dan nutrisi tersebut, dan memudahkannya...
Tips Sehat - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *