Tips Memanfaatkan Musik untuk Tingkatkan Konsentrasi

Diposkan oleh : pada tanggal 9 May. 2017 Kategori kesehatan Tips Sehat

Tips Memanfaatkan Musik untuk Tingkatkan Konsentrasi,- Di zaman yang serba canggih seperti sekarang ini, keberadaan internet memang bukan merupakan hal yang aneh, dan bahkan kita sering menggunakan internet untuk segalanya. Maka tak heran jika kita akan sulit untuk melepaskan diri dari internet, termasuk ketika bekerja. Masalahnya, dengan selalu terhubung dengan internet, akan ada banyak distraksi yang timbul saat Anda seharinya fokus.

62% pekerja mengaku mereka sulit untuk berkonsentrasi di tempat kerja. Dan 75% yakin, jika zaman dulu, saat sebelum ada internet, konsentrasu akan lebih mudah untuk didapatkan.

Namun, untungnya sains memiliki cara untuk mengatasi kesulitan konsentrasi di era teknologi saat ini. Menyatukan Albert Einstein dan dance music, sekelompok ilmuwan saraf menciptakan musik pengiring sempurna untuk mengoptimalkan fokus dan konsentrasi Anda.

Selain memperhatikan jenis musik, Anda juga bisa melakukan beberapa cara atau tips memanfaatkan musik untuk tingkatkan konsentrasi, diantaranya adalah :

  • Dengarkan lagu klasik atau EDM

Jenis musik yang paling cocok untuk membantu agar tetap fokus dan konsentrasi bergantung pada jenis otak. namun, musik elektronik bertempo cepat (dance atau trance) yang diikutu dengan musik bertempo lambat, seperti musik klasik merupakan pilihan yang tepat.

  • Musik pengiring terbaik adalah yang tidak bisa Anda dengar

Musik pengiring bekerja terbaik menurut Henshaw adalah musik yang tidak ingin Anda dengar. Dan, ketika sedang fokus bekerja, musik yang sudah dipilih akan mengabur hingga Anda tidak lagi menyadari bahwa Anda sedang mendengarkannya.

  • Jangan menderngarkan musik favorit Anda

Mendengarkan musik umumnya dilakukan sebagai hiburan. Namun, jika Anda mendengarkan musik yang Anda sukai saat bekerja, justru akan memecah. Hal ini disebabakn karena musik ini dirancang untuk menggoda Anda agar bergerak.

  • Kejutkan otak Anda

Flow state adalah ketika Anda sedang mengerjakan sesuatu dan kehilangan seluruh konsep waktu. Hal ini sangat menyenangkan dan Anda akan merasa sangat terpusat. Ketika Anda berada dalam kondisi ini, maka Anda sedang mengerjakan pekerjaan terbaik, terutama secara kreatif.

Menurut Henshaw, kondisi ini bisa didapatkan juga dengan bantuan musik. Musik bisa meningkatkan kegigihan, kreativitas, dan daya ingat sehingga dapat membantu mempertahankan konsentrasi.

  • Jangan dengarkan musik dengan lirik

Mendengarkan musik dengan lirik akan mendistraksi perhatian exogenous kita, karena hal ini sama saja Anda sedang mendengarkan suara manusia lain.

By Sri Maryati

Tips Memanfaatkan Musik untuk Tingkatkan Konsentrasi Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Tips Memanfaatkan Musik untuk Tingkatkan Konsentrasi,- Di zaman yang serba canggih seperti sekarang ini, keberadaan internet memang bukan merupakan hal yang aneh, dan bahkan kita sering menggunakan internet untuk segalanya. Maka tak heran jika...
kesehatan Tips Sehat - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *