Tips Cara Melatih Anak Tidur Sendiri

Diposkan oleh : pada tanggal 27 Mar. 2017 Kategori Anak dan Kehamilan

Tips sehat,- Mungkin bagi sebagian ibu bingung bagaimana caranya supaya si kecil berani tidur sendiri. Oleh karena itu, kali ini akan membahas tentang cara melatih anak tidur sendiri. Namun, sebelum membahas tentang cara melatih anak agar berani tidur sendiri, maka alangkah baiknya ketahui dahulu manfaat anak tidur sendiri.

Tips Cara Melatih Anak Tidur Sendiri

Orang tua harus mengajarkan anaknya supaya berani tidur sendiri. Anak yang sudah masuk TK seharusnya tidur berpisah dengan orang tuanya. Karena ada beberapa manfaat anak tidur sendiri.

Berikut adalah manfaat anak tidur sendiri:

  • Otonomi diri. Dengan memiliki kamar, si kecil dapat mulai belajar memiliki otonomi diri sendiri. Saat anda melibatkan si kecil untuk memilih nuansa dan desain kamar, anak telah belajar bagaimana menggunakan hak untuk memilih untuk dirinya sendiri.
  • Belajar mandiri. Ketika si kecil punya kamar tidur sendiri, maka akan muncul pembelajaran mandiri pada si kecil. Biarkan si kecil membereskan tempat tidurnya sendiri, meja belajar dan kamarnya. Berilah si kecil tanggung jawab.
  • Konsep diri. Anak yang berani tidur sendiri maka anak akan merasa percaya diri. Konsep diri anak dapat terbentuk dengan baik sebab anak memiliki bekal percaya diri yang cukup.
  • Presentase diri baik. karena konsep dirinya baik, maka presentase diri anak pun baik. Anak yang berani dan dan dapat mempresentasikan atau membawa dirinya dengan baik di pergaulan.

Tips Cara Melatih Anak Tidur Sendiri

Latih anak tidur sendiri di siang hari

Melatih anak tidur sendiri jangan sekaligus, tapi harus melalui masa transisi. Contohnya melatih anak tidur sendiri ketika tidur siang. Namun pada malam hari tetap si kecil tidur dengan orang tua. Sesudah beberapa hari mengajarkan anak tidur sendiri ketika tidur siang, saatnya anda melatih anak untuk terbiasa tidur sendiri di malam hari.

Buat suasana yang nyaman

Buatlah kamar anak senyaman mungkin dengan menambahkan hiasan sesuai dengan kesukaanya. Dengan suasana kamar yang nyaman maka si kecil pun akan lebih tertarik untuk tidur sendirian di kamar.

Usahakan agar anak terbiasa tidur dikamarnya

Biasakan si kecil agar tidur dikamarnya. Jika anak terbiasa menghabiskan waktunya dikamaranya sendiri maka hal ini dapat berdampak terhadap tidurnya. Si kecil pun akan terbiasa untuk tidur sendiri di kamarnya.

Dengarkan keluhannya

Dengarkan saat anak mengutarakan keluhan dan ketakutannya tidur sendiri di kamarnya. Dan berilah ia pengertian bahwa anda akan selalu siap melindunginya bila terjadi sesuatu hal, jadi si kecil pun tidak perlu takut jika tidur sendiri.

Beri si kecil pujian ketika ia berani tidur sendiri di kamarnya

Tips selanjutnya supaya anak berani tidur sendirian adalah berikan ia pujian saat anak anda berhasil melewati malam dengan tidur sendirian di kamarnya. Maka ia berfikir bahwa tidur sendiri dikamarnya juga sangat menyenangkan.

Bila anda mengeluhkan bahwa anak anda susah untuk tidur sendiri dikamarnya, maka anda bisa melakukan beberapa cara yang telah dijelaskan diatas. Semoga dapat membantu.

Tips Cara Melatih Anak Tidur Sendiri Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Tips sehat,- Mungkin bagi sebagian ibu bingung bagaimana caranya supaya si kecil berani tidur sendiri. Oleh karena itu, kali ini akan membahas tentang cara melatih anak tidur sendiri. Namun, sebelum membahas tentang cara melatih...
Anak dan Kehamilan - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *