Tips Cara Melatih Anak Autis Bicara Lancar

Diposkan oleh : pada tanggal 10 Oct. 2017 Kategori tips

Ciri-ciri anak autis yang terlihat jelas adalah terkadang mereka sulit berbicara. Tips cara melatih anak autis bicara lancar berikut ini bisa menjadi solusi untuk anda yang ingin mengajarkan bicara anak anda yang autis. Selain itu bagi anda yang memiliki anak autis, anda harus mempelajari bahasa mereka untuk bisa berkomunikasi serta mendekatinya dengan cara yang benar. Sebab anak autis mempunyai bahasa mereka sendiri.

Tips Cara Melatih Anak Autis Bicara Lancar

Tips Cara Melatih Anak Autis Bicara Lancar

Belajar dengan cara bermain

Cara melatih anak autis bicara lancar adalah belajar dengan cara bermain. Ada beberapa jenis permainan yang sangat baik salah satunya dengan bernyanyi atau bermain yang menggunakan gerakan tubuh. Permainan ini pula sangat penting sebagai terapi anak terlambat bicara.

Cobalah untuk meniru anak anda

Anak autis sering menunjukan bahasa isyarat. Cobalah anda menggunakan bahasa isyarat juga. Ini bukan cara untuk membalas anak anda, tapi anak anda bisa mencoba kesulitan yang telah anda terima. Secara positif maka anak anda akan mencoba untuk bicara atau mengeluarkan petunjuk suara dari mulut. Dan anda juga bisa mencoba untuk mengikuti tindakan anak termasuk saat sedang bermain. Cara ini juga bisa menjadi cara menenangkan anak autis dan terkadang juga membantu penanganan anak tuna rungu.

Coba bahasa tanpa suara

Untuk mendorong anak autis ingin bicara maka coba menggunakan bahasa tanpa suara. Lalu lebihkan semua gerakan tubuh anda untuk memancing emosi anak. Suara dan berbagai gerakan tubuh kemudian akan dapat membantu anak untuk mencoba bicara.

Berikan waktu pada anak

Banyak dampak bila membentak anak autis yang dapat menyebabkan anak semakin tertekan. Oleh karena itu, ketika anak mencoba untuk bicara maka tunggu. Dengarkan dengan hati-hati dan beri dukungan bila anak ingin memberikan kode dari gerakan tubuh.

Ajari bahasa yang sederhana

Berbicara dengan anak autis tidak harus sama dengan anak yang lain, tapi cobalah mengikuti kata-kata yang diucapkan anak anda. Kemudian anda bisa melakukan peragaan seperti di depan cermin dengan anak anda. Dan cobalah untuk berbicara dengan bahasa-bahasa yang sangat singkat dan mudah dimengerti.

Cobalah menggunakan alat bantu

Menggunakan alat bantu atau alat peraga adalah salah satu cara melatih anak autis membaca. Bahkan menggunakan alat bantu juga bisa membantu anak autis supaya ingin berbicara. Alat peraga yang bisa anda gunakan yaitu gambar, mainan atau benda. Kemudian sebutkan nama dari alat peraga tersebut dan minta anak untuk mengulanginya.

Gunakan kata tunggal

Sistem belajar anak autis memang berbeda dengan anak normal. Oleh sebab itu sangat pentung untuk memulai belajar dengan kata-kata sangat sederhana dan bila perlu memotong kata-kata sepeti mainan jadi main, berjalan-jalan jadi jalan. Ketika anak telah mengerti maka ucapkan dengan lengkap sesuai dengan konteks kalimat anda.

Itulah cara melatih anak autis bicara lancar. Anda bisa mencoba cara ini di rumah sendiri atau dengan bantuan terapis yang telah berpengalaman.

Baca juga:

Trik Hadapi Anak Autis Yang Marah Dan Mengamuk

Tips Cara Melatih Anak Autis Bicara Lancar Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Ciri-ciri anak autis yang terlihat jelas adalah terkadang mereka sulit berbicara. Tips cara melatih anak autis bicara lancar berikut ini bisa menjadi solusi untuk anda yang ingin mengajarkan bicara anak anda yang autis. Selain...
tips - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *