Tips Atasi Mual dan Muntah Saat Hamil

Diposkan oleh : pada tanggal 21 Apr. 2015 Kategori Anak dan Kehamilan

Mual dan muntah saat hamil  (morning sickness) terutama di awal kehamilan merupakan hal yang wajar terjadi, namun banyak ibu yang mengeluhkan kondisi tersebut karena dapat mengganggu aktivitas ibu hamil sehari-hari.

Pada awal masa kehamilan, kondisi hidup janin layakanya parasit di dalam tubuh. Ia akan memperoleh asupan dari cadangan lemak yang berasal dari tubuh sang ibu. Saat cadangan lemak dalam tubuh tersebut berkurang, akan terjadi mual dan muntah bahkan pada sebagian ibu hamil terjadi secara berlebihan sampai menimbulkan lemas (hyperemesis gravidarium) hingga dehidrasi yang sebaiknya segera diatas supaya tidak mengganggu perkembangan janin dan kesehatan ibu.

Tips Atasi Mual dan Muntah Saat Hamil

 

Untuk solusinya, kami memiliki beberapa Tips Atasi Mual dan Muntah Saat Hamil berikut ini :

mual muntal ibu hamil

Jangan bangun tergesa-gesa

Ketika ibu bangun pagi, jangan langsung beranjak dari tempat tidur, ada baiknya dalam beberapa menit ibu duduk dan bangun secara perlahan.

Awali pagi dengan minum air putih

Minum air putih memang menjadi rekomendasi terbaik untuk dilakukan, bukan hanya untuk para ibu hamil, namun juga semua orang baik semua usia pria dan wanita. Duduak dan bersantai lah sejenak dan minum air putih secukupnya.

Makan dengan porsi kecil

Pada saat masa kehamilan terutama pada trimester pertama, usalahakan makan dengan jumlah sedikit namun terjadwal, sehingga pencernaan anda dapat menerimanya.

Gizi yang seimbang

Untuk mengurangi rasa mual, ibu bisa mengkonsumsi makanan yang tinggi karbohidrat seperti kentang, biskuit, roti, umbi-umbian, dan sebagainya. Ibu juga disarankan untuk memperbanyak konsumsi buah dan sayuran untuk memenuhi kebutuhan gizi dan mengurangi rasa mual.

Hindari makanan pedas dan berlemak

Makanan pedas dan berlemak, selain dapat menggangu pencernaa, juga akan mengganggu anda karena memicu mual dan muntah.

Membuat seduhan jahe

Seduh parutan jahe atau jahe yang sudah sedikit ditumbuk dengan air panas, air seduhan jahe tersebut efektif mengurangi rasa mual. Anda juga dapat menambahkan madu atau gula jawa ke dalam air rebusan jahe tersebut.

Istirahat yang cukup dan hindari stres

Stres bisa memperburuk kondisi mual pada ibu hamil, oleh karena itu, istirahat dan pikiran yang rileks bisa membantu ibu mengatasi rasa mual dan muntah tersebut.

Semoga dengan beberapa tips sehat di atas yang kami rekomendasikan dapat membantu mengurangi bahkan menyembuhkan rasa mual dan muntah saat hamil.

Tips Atasi Mual dan Muntah Saat Hamil Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Mual dan muntah saat hamil  (morning sickness) terutama di awal kehamilan merupakan hal yang wajar terjadi, namun banyak ibu yang mengeluhkan kondisi tersebut karena dapat mengganggu aktivitas ibu hamil sehari-hari. Pada awal masa kehamilan,...
Anak dan Kehamilan - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *