Tips Alternatif Pengobatan Tipes Dari Bahan Alam

Diposkan oleh : pada tanggal 28 Jan. 2016 Kategori Tips Sehat

Pengobatan tipes dengan mengkonsumsi obat-obatan yang diresepkan oleh dokter mungkin menjadi pilihan utama bagi para pasien tipes. Namun rupanya pengobatan yang dijalankan tersebut tidak sepenuhnya cocok bagi sebagian pasien tipes, dan mungkin jika seorang penderita tipes ini dari kalangan bawah, mereka tak bisa menjalankan prosedur pengobatan karena pengobatan seperti itu tentu membutuhkan biaya yang tak bisa mereka penuhi.

Alternatif dari itu semua yakni dengan memanfaatkan tips alternatif pengobatan tipes dari bahan alam yang bisa diproses secara manual dengan biaya cenderung lebih ringan, dan terbukti aman digunakan karena pada dasarnya bahan yang digunakan ini berasal dari alam. Seperti apakah pengobatan tipes alternatif dari bahan alam tersebut ? Simak selengkapnya di tipsehatonline.com.

Bahan Alam untuk Tipes

tips alternatif pengobatan tipes

Cacing tanah

Cacing tanah memang menjadi obat alternati tipes yang paling banyak dicari dan digunakan masayarakat. Kepercayaan masyarakat ini memang telah diteliti sejak dulu oleh bangsa China dengan menemukan kandungan sifat anti-bakteri dalam cacing tanah yang dapat membunuh bakteri Salmonella typhosa penyebab tipes dan menurunkan demam yang menjadi gejala umum penyakit tipes. Selain itu, cacing tanah juga memiliki kandungan asam amino yang dapat membantu memperkuat sistem imun tubuh pasien tipes, sehingga mempercepat proses penyembuhannya.

Walaupun air cacing tanah telah banyak diperjual belikan, namun tak ada salahnya juga jika anda ingin membuat ramuan air cacing tanah sendiri di rumah. Caranya, siapkanlah 10 ekor cacing tanah yang telah dicuci serta dibuang isi perutnya, lalu rebus dengan 500cc air sampai mendidih. Angkat, diamkan terlebih dahulu. Ketika sudah mulai hangat, anda bisa meminumnya 3 kali sehari.

Sawo muda

Sawo muda diyakini aman dan ampuh membantu pengobatan tipes secara alami. Penggunaan sawo muda untuk tipes dikarenakan ia mengandung vitamin, karbohidrat, serat. dan antioksidan tinggi yang dapat menangkal radikal bebas.

Cara membuat ramuan sawo muda : Parut sawo muda, tambahkan air, lalu peras. Minum air perasaan sawo muda tersebut secara teratur 2 kali sehari, selama 2 hari untuk anak-anak. Sedangkan untuk orang dewasa, bisa meminumnya 2 kali sehari selama 4 hari.

Kunyit

Tak hanya dipercaya ampuh dalam mengobati maag dan penyakit kuning (liver), kunyit juga diyakini dapat membantu menyembuhkan tipes. Kunyit yang memiliki beragam kandungan senyawa aktif seperti Curcumin, felandren, bisdesmetoksikurkumin, desmetoksikumin, dan kandungan lainnya, berperan aktif dalam membantu penyembuhan penyakit dengan sifat anti-inflamasi sehingga dapat diyakini pula membantu penyembuhan tipes yang memiliki masalah inflamasi pada usus.

Cara membuat ramuan kunyit : Iris tipis 2 buah kunyit, siapkan pula 11 lembar daun sambiloto dan 20 lembar daun pagagan. Rebus semua bahan tersebut dengan air 4 gelas sampai mendidih, kemudian yang tersisa hanya 3 gelas air. Air rebusa bahan-bahan tersebut diminum 3 kali sehari sampai kondisi pasien tipes membaik.

Baca juga : Cara Bersihkan Ginjal Dengan Bahan Alami

tips alternatif pengobatan tipes 2

Keji beling

Tak disangka jika salah satu jenis tanaman liar ini dapat membantu penyembuhan penyakit tipes secara alami. Tanaman keji beling juga dikenal mengandung Vitamin (C,B1,B2), Mineral, Natrium, Tanin, Fosfor, Asam Silikat, dan lain lain. Kandungan yang ada di dalam keji beling ini ternyata dapat memberikan manfaat luar biasa pada penderita tipes dengan pengolahan yang tepat, terutama kandungan Mineral di dalamnya yang dapat membantu menurunkan panas gejala tipes.

Cara membuat ramuan keji beling : Rebus daun keji beling 15 lembar dengan air 2,5 liter sampai mendidih. Minum rebusan daun keji beling ini saat masih hangat setiap 2 kali sehari sampai penderita tipes membaik.

Mentimun

Mentimun biasanya digunakan untuk menyehatkan kulit, namun rupanya dengan kandungan vitamin C dan E, Kalsium, Kalium, Magnesium, juga Fosfor, dapat membantu anda yang sedang dalam masa penyembuhan dari penyakit tipes.

Cara membuat ramuan mentimun : Cuci 3 buah mentimun segar, lalu parut hingga lembut, peras dan saring. Minumlah air perasan mentimun segar tersebut 3 kali sehari sampi kondisi pasien membaik.

Pepaya setengah matang

Buah pepaya dimanfaatkan untuk melancarkan sistem pencernaan, tak ketinggalan masalah pencernaan yang satu ini, yaitu tipes. Namun yang perlu diperhatikan adalah dengan penggunaan pepaya setengah matang dalam ramuan untuk tipes in.

Cara membuat ramuan pepaya : Parutlah daging buah pepaya setengah matang sampai halus, lalu peras dan saring. Ambil air perasan pepaya tersebut, dan minumlah secara rutin 2 kali sehari sampai kondisi anda membaik.

Itulah beberapa tips pengobatan tipes alternatif secara alami dan aman yang direkomendasikan beberapa sumber. Semoga bermanfaat 🙂

By Novita

Tips Alternatif Pengobatan Tipes Dari Bahan Alam Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Pengobatan tipes dengan mengkonsumsi obat-obatan yang diresepkan oleh dokter mungkin menjadi pilihan utama bagi para pasien tipes. Namun rupanya pengobatan yang dijalankan tersebut tidak sepenuhnya cocok bagi sebagian pasien tipes, dan mungkin jika seorang...
Tips Sehat - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *