Tips Alami Untuk Mengatasi Bau Mulut Saat Puasa

Diposkan oleh : pada tanggal 11 Jun. 2016 Kategori Tips Sehat

Seringkali permasalahan yang terjadi pada orang-orang saat berpuasa adalah bau mulut. Apalagi jika mereka termasuk orang-orang yang tetap sibuk bekerja di bulan puasa ini, lalu mengharuskan untuk bertemu banyak orang. Pasti bau mulut yang dialami membuat tidak percaya diri.

Tips Alami Untuk Mengatasi Bau Mulut Saat Puasa
Bau mulut atau nafas berbau pada orang yang berpuasa adalah normal, bahkan menurut agama nafas orang yang berpuasa lebih harum dibandingkan dengan wangi bunga kasturi. Akan tetapi, berbeda dengan kondisi yang sebenarnya. Saat berpuasa, kita tidak mengkonsumsi makanan dan minuman sampai petang, hal ini menyebabkan kelenjar ludah tidak memproduksi air liur yang cukup untuk dapat menjaga nafas tetap segar. Namun begitu, meski sedang dalam keadaaan melakukan ibadah suci, bukan berarti kita bisa mengabaikan kebersihan tubuh begitu saja, termasuk di antaranya kebersihan mulut. Salah satu bukti bahwa kebersihan mulut harus tetap dijaga saat berpuasa adalah Nabi Muhammad SAW telah mencontohkan penggunaan siwak secara rutin saat berpuasa.

Karena siwak tidak tersedia di tempat kita, masih ada cara lain kok untuk membantu nafas tetap segar pada orang yang berpuasa. Apa saja? Ini dia selengkapnya!

1. Tetap melakukan kebiasaan menggosok gigi seperti biasanya. Utamakan untuk menggosok gigi setelah makan sahur dan pastikan tidak meninggalkan sisa makanan di mulut sedikitpun.

2. Saat Anda sahur, sebaiknya minum air hingga 2-3 gelas. Selain dapat membantu menjaga mulut dan nafas tetap segar saat berpuasa juga membantu tubuh terhindar dari dehidrasi yang bisa terjadi ketika berpuasa.

3. Berkumur dengan benar. Berkumur bisa dilakukan saat kita berwudlu, ya asal lakukan dengan benar jangan sampai membuat airnya tertelan. Selain itu, berkumur dengan obat kumur juga diperbolehkan asal tidak mengandung alkohol karena justru obat kumur yang mengandung alkohol memiliki efek memperkering mulut.

4. Mengkonsumsi teh hijau saat sahur dan berbuka. Manfaat yang bisa di dapat dari teh hijau selain membantu menyegarkan mulut dan terhindar dari nafas bau / bau mulut saat berpuasa, juga dapat membantu membunuh bakteri di dalam mulut, dan menghapus gula dari plak dan menghilangkan bakteri yang menyebabkan bau mulut. Selain teh hijau, teh bunga lavender juga terkenal mampu mengendalikan dan membunuh bakteri penyebab bau mulut.

5. Perbanyak mengonsumsi buah ketika berbuka dan makan sahur. Buah -buahan yang memiliki manfaat untuk menghilangkan bau mulut saat berpuasa yaitu buah apel, wortel dan bengkuang.

Selamat mencoba, semoga kita bisa berpuasa sampai tiba hari kemenangan nanti, semangat ya!

Tips Alami Untuk Mengatasi Bau Mulut Saat Puasa |

Tips Alami Untuk Mengatasi Bau Mulut Saat Puasa Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Seringkali permasalahan yang terjadi pada orang-orang saat berpuasa adalah bau mulut. Apalagi jika mereka termasuk orang-orang yang tetap sibuk bekerja di bulan puasa ini, lalu mengharuskan untuk bertemu banyak orang. Pasti bau mulut yang...
Tips Sehat - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *