Tips Alami Untuk Menaikan Trombosit Pada Pasien DB

Diposkan oleh : pada tanggal 4 May. 2016 Kategori Tips Sehat

Tips Sehat Online,- Pasien DB atau Demam Berdarah memang sangat-sangat mengharapkan bahwa jumlah trombosit yang mereka miliki terus naik dalam jumlah normal, karena jika tidak begitu tentu saja akan menyebabkan kondisi pasien DB tersebut lebih buruk.

Tips Alami Untuk Menaikan Trombosit Pada Pasien DB

Jumlah trombosit yang berkurang pada penderita DB sangat berbahaya karena dapat meyebabkan pendarahan hebat dan mengancam jiwa. Pendarahan yang terjadi pun tidak hanya dibagian luar saja, tapi juga bagian dalam. Trombosit sendiri termasuk komponen darah yang sangat penting karena berfungsi sebagai pembentukan bekuan darah yang dapat menghentikan pendarahan. Normalnya, trombosit akan bertahan di dalam tubuh selama 9 hari, kemudian berganti dengan sel-sel baru yang terentuk oleh sumsum tulang dalam tubuh.

Karena pasien penderita DB dapat mengalami turunnya kadar trombosit tersebut, ada bebeerapa cara yang bisa dilakukan untuk menaikan jumlah trombosit yang berkurang dengan cara alami, berikut ini tipsnya.

  • Diharuskan menghindari makanan olahan, gula halus, alcohol, minuman yang mengandung kafein serta makanan cepat saji.
  • Sebaiknya konsumsi makanan sehat terutama buah-buahan sepert tomat, jeruk, jambu merah dan kiwi.
  • Sayuran yang dianjurkan adalah sayuran hijau.
  • Mengkonsumsi makanan yang mengandung asam lemak omega 3 seperti ikan, minyak biji rami, salmon liar, dan tuna. Lengkapi dengan beberapa makanan lain yang mengandung Vitamin B12 seperti telur, susu, keju, hati, serta daging kambing. Juga makanan dengan kandungan asam folat dan Vitamin B12 seperti bayam, jeruk dan kacang kering.
  • Perbanyak minum air putih, lebih bagus lagi jika air putih hangat karena air dingin akan mempengaruhi cara tuubh dalam penyerapan nutrisi. Selain itu sel-sel darah yang terdiri dari air dan protein akan terbantu dengan asupan air minum yang dikonsumsi sehingga dapat menghasilkan sel lebih banyak untuk darah termasuk kenaikan trombosit.
  • Tidak melakukan aktifitas yang dapat menyebabkan pendarahan seperti berolahraga atau kegiatan yang memungkinkan terjadinya cedera.
  • Istirahat dan tidur secukupnya 7-8 jam, hal tersebut akan membantu tubuh lebih segar dan membantu produksi trombosit didalam tubuh lebih banyak.

Sedikit tambahan, untuk dapat membantu menaikan kembali jumlah trombosit didalam tubuh pada penderita DB, Anda bisa memanfaatkan daun pepaya untuk dibuat jus. Manfaat daun pepaya sendiri karena memiliki kandungan enzim papain dan chymopapin yang dapat menaikan trombosit. Minumlah jus daun pepaya sebanyak 20-25 ml, lakukan dua kali dalam seminggu.

Semoga dapat bermanfaat ya, salam sehat!

Tips Alami Untuk Menaikan Trombosit Pada Pasien DB |

By. Hani Handayani

Tips Alami Untuk Menaikan Trombosit Pada Pasien DB Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Tips Sehat Online,- Pasien DB atau Demam Berdarah memang sangat-sangat mengharapkan bahwa jumlah trombosit yang mereka miliki terus naik dalam jumlah normal, karena jika tidak begitu tentu saja akan menyebabkan kondisi pasien DB tersebut...
Tips Sehat - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *