Tips Agar Tubuh Tak Mudah Sakit Saat Puasa

Diposkan oleh : pada tanggal 8 Jun. 2016 Kategori Tips Sehat

Rasa lapar dan lamas saat puasa, membuat tubuh lebih rentan terkena penyakit akibat kekebalan tubuh yang menurun dan gizi yang tak terpenuhi selama berpuasa. Ketika kita ingin puasa dengan sempurna baik dalam segi amal dan juga daya tahan tubuh agar tak mudah lelah dan sakit, yuk ikuti beberapa tips sehat yang bisa dilakukan untuk membuat tubuh tetap sehat selama berpuasa !

Tips Agar Tubuh Tak Mudah Sakit Saat Puasa

tips agar tubuh tak mudah sakit saat puasa

Jangan lewatkan sahur

Banyak dari mereka yang berpuasa tak sengaja atau mungkin malah sengaja tidak sahur agar bisa tidur lebih lama dan nyenyak. Namun melewatkan makan sahur justru akan memberatkan puasa anda di siang hari. Perhatikan pula makanan yang dikonsumsi ketika sahur.

Konsumsi kurma saat berbuka

Saat berbuka puasa, sebaiknya biasakan dengan konsumsi kurma 1 sampai 3 buah, kemudian lengkapi dengan minum segelas air putih. Jangan dulu menyantap makanan besar, karena justru membuat perut terkejut dan kita akan cenderung memilih makanan dengan kalori tinggi yang nantinya akan memberikan efek samping pada tubuh.

Minum air putih lebih banyak

Walau sedang berpuasa pun,tubuh tetap membutuhkan cadangan cairan untuk menghindari dehidrasi yang membahayakan. Untuk mensiasatinya, minumlah secara teratur ketika buka, malam hari, serta sahur untuk membuat tubuh tetap terhidrasi.

Makan dengan seimbang

Pastikan untuk makan dengan seimbang, tak boleh berlebihan dan makanan asupan makanan yang dikonsumsi pun harus memenuhi kebutuhan. Seperti karbohidrat, protein, Kalsium, Vitamin, dan lain-lain.

Baca juga : Obat Penyakit Maag Akut Kambuh Saat Puasa

Pilihlah karbohidrat kompleks

Karbohidrat kompleks sebaiknya lebih diutamakan karena akan membutuhkan banyak waktu untuk dipecah menjadi energi, sehingga membuat anda yang berpuasa tak mudah lelah dan lapar. Contoh karbohidrat kompleks adalah beras merah, gandum, dan oat.

Hindari kafein

Kafein bersifat diuretik yang bisa membuat anda sering buang air kecil dan mempercepat tubuh kehilangan cairan. Untuk itu, sebaiknya hindari minum minuman yang berkafein seperti teh dan kopi.

Hindari minuman manis

Makan makanan yang manis saat berbuka memang sangat dianjurkan, tapi jika setiap harinya anda minum minuman manis secara berlebihan, tentu ini akan memicu risiko kenaikan berat badan di akhir Ramadhan nanti. Jadi, alangkah lebih baik jika memilih air putih sebagai minuman paling utama.

Tidur yang cukup

Untuk bangun sahur tepat waktu, tentunya kita harus tidur lebih awal agar jam tidur terpenuhi dengan baik. Kurang tidur akan memengaruhi kerja otak di siang hari selama berpuasa dan berisiko pada beberapa penyakit.

Baca Al qur’an

Ketika anda merasa bingung ingin menyantap apa saat buka dan sahur, atau merasa bingung dengan segala hal tentang puasa. Al qur’an menjadi sumber yang paling terpercaya untuk masalah anda. Di sana juga disebutkan jika Rasulullah SAW selalu menyantap kurma, susu, gandum dan kurma, yang diimbangi dengan buah zaitun atau anggur, sehingga beliau bisa tetap sehat selama berpuasa.

Jadi, jika anda ingin tetap sehat dan tak mudah sakit selama berpuasa, yuk coba ikuti tips agar tubuh tak mudah sakit saat puasa di atas ! Semoga bermanfaat 🙂

Tips Agar Tubuh Tak Mudah Sakit Saat Puasa Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Rasa lapar dan lamas saat puasa, membuat tubuh lebih rentan terkena penyakit akibat kekebalan tubuh yang menurun dan gizi yang tak terpenuhi selama berpuasa. Ketika kita ingin puasa dengan sempurna baik dalam segi amal...
Tips Sehat - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *