Tips Agar Pencernaan Lancar Selama Puasa

Diposkan oleh : pada tanggal 6 Jul. 2015 Kategori Tips Sehat

Gangguan pencernaan, sebenarnya dapat terjadi kapanpun tidak harus selama berpuasa. Karena saat ini sebagian dari warga Indonesia melaksanakan puasa, tidak ada salahnya untuk mengetahui beberapa Tips Agar Pencernaan Lancar Selama Puasa dan tidak terganggu.

sistem pencernaan manusia
Masalah pencernaan dapat membuat kita merasalah perut kembung, mual dan sakit perut. Hal ini menjadi masalah jika tidak dibarengi dengan pola makan yang teratur, serta menu makanan yang dipilih. Tapi terkadang alergi makanan juga bisa menjadi penyebab masalah pencernaan. Nah, untuk itu, agar pencernaan lancar selama puasa, lakukan beberapa cara berikut untuk mencegah gangguan terhadap pencernaan. Diantaranya:

1. Kunyah makanan perlahan
Gas dan mual yang terjadi seringnya disebabkan oleh makanan yang tidak benar saat dicerna. Makanan yang dikunyah dengan benar akan emmudahkan proses pencernaan karena makanan akan hancur dan bercampur dengan air liur.

2. Lihat apakah memiliki alergi makanan
Cek agi apakah tubuhmu memiliki alergi terhadap makanan tertentu yang menyebabkan perut bergas dan mual. Jiak sudah mengetahuinya, lebih mudah untuk menghindarinya. Susu juga bisa menyebabkan alergi pada beberapa orang yang disebut intolesansi laktosa. Artinya mereka tidak dapat mencerna gula laktosa yang ada dalam susu.

3. Jangan makan cepat
Makan makanan dengan perlahan untuk menghindari gas dalam perut. Jika makan terlalu terburu-buru, mulut juga akan menelan udara yang menyebabkan kembung dan mual.

4. Makan dalam frekuensi kecil
Jika memiliki masalah gas, makan makanan dalam porsi kecil dan dengan jarak yang berdekatan dbandingkan dengan makan besar tiga kali sehari. Ini akan emmbantu melancarkan pencernaan.

5. Pijat perut
Pijat di bagian perut akan membantu melepas gas. Pijat dalam gerakan memutar sambil ditekan dengan lembut sehingga gas yangetrjebak akan keluar.

6. Teh peppermint
Teh peppermint bisa menenangkan perut karena mengandung menthol. Meminumnya setelah makan akan mencegah perut begah.

7. Hindari minuman soda
Minuman bersoda mengandung gas karbondioksida yang menciptakan gelembung dalam perut sehingga menyebabkan kembung dan gas.

8. Potasium
Mengkonsumsi makanan yang kaya akan potasium seperti bayam, pisang, kacang-kacangan dapat mencegah perut kembung yang disebabkan cairan berlebih.

Demikianlah, beberapa cara yang dapat dilakukan agar sistem pencernaan lancar selama puasa. Semoga dapat bermanfaat ya, Salam!

Tips Agar Pencernaan Lancar Selama Puasa Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Gangguan pencernaan, sebenarnya dapat terjadi kapanpun tidak harus selama berpuasa. Karena saat ini sebagian dari warga Indonesia melaksanakan puasa, tidak ada salahnya untuk mengetahui beberapa Tips Agar Pencernaan Lancar Selama Puasa dan tidak terganggu....
Tips Sehat - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *