Tips Agar Nafas Panjang Ketika Berlari

Diposkan oleh : pada tanggal 15 Jul. 2017 Kategori Tips Sehat

Sebelumnya membahas tentang manfaat olahraga lari bagi kesehatan. Dan sekarang akan membahas tentang tips agar nafas panjang ketika berlari. Hal ini sangatlah penting untuk diketahui, terlebih pada anda yang suka mengalami kelelahan saat berlari.

Sebagian dari kita mengalami cepat lelah dan terengah-engah saat melakukan olahraga lari. Supaya saat melakukan olahraga lari tidak mudah kelelahan maka harus melakukan bernafas dengan benar. Sebab berlari hanya memerlukan cara bernafas yang benar supaya kita bisa berlari dengan jarak yang jauh dan tidak mudah kelelahan.

Tips Agar Nafas Panjang Ketika Berlari

Tips Agar Nafas Panjang Ketika Berlari

Gunakan pernafasan perut bukan dada

Tips agar nafas panjang ketika berlari adalah menggunakan pernafasan perut bukan dada. Cara membedakan pernafasan dada dan pernafasan perut yaitu. Pernafasan dada adalah saat bernafas dada akan naik turun. Sedangkan pernafasan perut adalah maka ketika bernafas dengan perut yang dikembangkan dan dikempiskan.

Bernafas lewat mulut

Saat kita melakukan olahraga lari, otot membutuhkan asupan oksigen untuk meningkatkan kinerja otot sehingga tidak mudah lelah ketika berlari. Dengan bernafas lewat mulut, oksigen yang masuk lebih banyak dari biasanya. Begitu pula untuk pengeluaran karbondioksida, akan lebih efektif dan efsien bila bernafas lewat mulut. Dengan nafas melalui mulut lebih membantu penyuplaian oksigen untuk otot sehingga kita bisa memiliki nafas yang lebih panjang dari biasanya.

Menggunakan nafas yang pendek dan dangkal

Saat berlari jangan menggunakan nafas yang panjang sebab akan membuat anda cepat lelah. Oleh karena itu gunakanlah nafas yang pendek supaya saat berlari lebih rileks dan santai.

Ambil nafas dalam dalam

Sebelum melakukan berlari, biasakan mengambil nafas dalam dalam terlebih dahulu supaya saat berlali tidak terengah-engah dan tidak cepat lelah. Perlu anda ketahui bahwa mengambil nafas dalam dalam saat ingin melakukan olahraga lari, maka nafas akan tetap panjang dan tahan lama.

Melakukan pemanasan terlebih dahulu

Sebelum melakukan olahraga apapun termasuk lari, sebaiknya lakukan pemanasan terlebih dahulu. Hal ini adalah upaya untuk meningkatkan daya tahan tubuh supaya tubuh tidak cepat lelah saat melakukan olahraga lari.

Lari menggunakan teknik yang benar

Tips lainnya agar nafas panjang ketika berlari yaitu lari menggunakan teknik yang benar. Hal ini juga tergantung dari jenis lari yang akan kita lakukan. Biasanya sebelum berlari harus melakukan lari-lari kecil terlebih dahulu untuk penyesuaian.

Itulah beberapa tips agar nafas panjang ketika berlari, yang dapat kami hadirkan di website tips sehat online. Semoga bermanfaat.

Tips Agar Nafas Panjang Ketika Berlari Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Sebelumnya membahas tentang manfaat olahraga lari bagi kesehatan. Dan sekarang akan membahas tentang tips agar nafas panjang ketika berlari. Hal ini sangatlah penting untuk diketahui, terlebih pada anda yang suka mengalami kelelahan saat berlari....
Tips Sehat - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *