Tips Agar Anak Suka Makan Sayur

Diposkan oleh : pada tanggal 13 Nov. 2014 Kategori Tips Sehat

Selamat datang di blog tips sehat online, kami akan menjelaskan tentang tips agar anak suka makan sayur. Sayuran adalah salah satu makanan yang sangat penting untuk pertumbuhan tubuh anak dan juga sangat baik untuk menjaga agar tubuh anak tetap sehat. Meskipun menyehatkan, ternyata tidak semua anak menyukai sayur. Mereka cenderung menolak dan menutup saat disuruh makan sayur. Berdasarkan hasil penelitian terbaru yag telah dilakukan para ahli di inggris.  Sebagaimana telah dilansir dari Live Science bahwa semakin sering si kecil diberi sayuran, maka semakin mudah bagi mereka untuk menyukai sayur. Para peneliti mengatakan bahwa memberikan sayur juga sebaiknya dilakukan pada anak di saat dia masih berusia 6 hingga 12 bulan, karena bila diberi sayur pada saat usianya menginjak setahun biasanya sudah tahu bagaimana caranya untuk menolak. Selain itu, bila si kecil tidak suka makan sayur akan membuat para ibu jadi kerepotan dalam memenuhi nutrisi yang dibutuhkan si kecil. Mungkin tips agar anak suka makan sayur yang patut bunda coba untuk terapkan :

tips agar anak suka makan sayur

Tips Agar Anak Suka Makan Sayur

1).Ajak berbelanja bersama

Ajak anak untuk belanja menu sayur agar dia bisa memilih makanan apa yang ingin dimakannya dan bagaimana cara memasaknya.

2).Beri penjelasan

Untuk anak yang pikirannya sudah mulai nalar, anda bisa memberikannya pengertian tentang manfaat sayur yang menyehatkan tubuh. Semakin banyak yang dia tahu tentang manfaat sayur, di pasti akan semakin tertarik untuk makan sayur.

3).Beri pilihan

Berikan anak kesempatan untuk memilih sendiri menu makanannya hari ini. Kemudian,  beri penjelasannya kepada anak bahwa menu makan yang dipilihnya belum lengkap kalu belum pakai sayur. Setelah itu, minta juga anak untuk memiliki sayur yang akan dimakannya nanti.

4).Ajak memasak bersama

Saat anak diajak untuk memasak sayur dan menyajikannya bersama bunda, maka anak akan tergiur untuk mencoba apa yang sudah dimasaknya. Bunda juga perlu mencobanya dan memperlihatkan seolah-olah masakan tersebut dibuat olehnya. Dan katakan “masakan ade enak , ya !” atau “terimakasih sudah bikin sayur buat bunda.”

5).Sajikan dengan cara unik

Menyajikan sayuran untuk anak bisa dilakukan dengan cara unik, misalnya membentuk makanan menjadi boneka, binatang, pohon, dan lain sebagainya. Bahkan jika perlu, lakukan sebuah drama pendek sebelum makan yang membuat anak berfantasi tentang sayuran yang berubah jadi pohon dan mulutnya yang berubah jadi gua.

6).Sajikan selagi hangat

Anak biasanya menyukai makanan yang hangat. Apalagi sayuran hijau memang lebih baik dikonsumsi hangat dan baru benar-benar beres dimasak. Berikan cerita mengenai sayuran agar anak merasa tertarik untuk memakannya.

7).Beri contoh

Selain anak, bunda juga tentu harus memberi contoh yang baik dengan mengkonsumsi sayuran. Dengan begitu, anak akan lebih dekat dengan bunda dan tentu saja akan lebih sehat karena sudah mau mengkonsumsi sayuran.

Sumber ( www.superdeeschool, ciricara.com )

Tips Agar Anak Suka Makan Sayur Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Selamat datang di blog tips sehat online, kami akan menjelaskan tentang tips agar anak suka makan sayur. Sayuran adalah salah satu makanan yang sangat penting untuk pertumbuhan tubuh anak dan juga sangat baik untuk...
Tips Sehat - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *