Ternyata Menangis saat Menonton Film Menyehatkan Mental

Diposkan oleh : pada tanggal 22 Mar. 2017 Kategori manfaat

Tidak sedikit yang sering terbawa perasaan ketika menonton film, apakah itu marah, kesal, bahkan hingga menangis. Menangis ketika menonton film memang merupakan suatu hal yang cukup menggelikan bagi sebagian orang. Namun, walaupun terlihat memalukan, pakar kesehatan menyebutkan bahwa menangis saat menonton film bisa memberikan manfaat bagi kesehatan psikologis kita.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Oklahoma menyebutkan jika mereka yang menangis ketika menonton film ternyata mampu mengeluarkan sisi emosionalnya secara sehat. Tanpa disadari, jika kita melepaskan tangisan ketikan menonton film, maka kita juga melepaskan berbagai beban pikiran yang terpendam, yang juga membantu mengurangi kadar stress yang tertahan dalam diri.

Menurut asisten profesor psikologi di University of Oklahoma, Jennifer Barnes, PhD, menyebutkan bahwa memiliki karakter yang dikagumi dalam film atau serial juga dapat menurunkan risiko seseorang mengalami rasa kesepian. Dan merasa terhubung dengan karakter tersebut juga dapat meningkatkan kecerdasan emosional.

Hal yang menarik adalah bahwa otak kita benar-benar dibangun untuk membedakan antara hubungan nyata atau fiksi. Sehingga, rasa persahabatan terhadap karakter dalam dunia film yang Anda miliki dapat memberikan manfaat juga dalam dunia nyata.

Memiliki karankter  favorit dalam film juga bisa membantu Anda untuk melatih kepekaan emosi terhadap orang lain.

Dalam sebuah penelitian, peneliti melibatkan 2 kelompok peserta, dimana satu kelompok memiliki serial favorit dan satu lagi tidak. Kelompok yang menyaksikan serial dinilai lebih mampu mengenali emosi orang lain daripada kelompok yang tidak suka menyaksikan film atau serial.

Jadi, Anda tidak perlu ragu lagi untuk menangis ketika ada adegan film yang memang menyentuh Anda.

By Sri Maryati

Ternyata Menangis saat Menonton Film Menyehatkan Mental Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Tidak sedikit yang sering terbawa perasaan ketika menonton film, apakah itu marah, kesal, bahkan hingga menangis. Menangis ketika menonton film memang merupakan suatu hal yang cukup menggelikan bagi sebagian orang. Namun, walaupun terlihat memalukan,...
manfaat - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *