Terbukti! Minum Teh Setiap Hari Bisa Kurangi Risiko Glaukoma

Diposkan oleh : pada tanggal 2 Jan. 2018 Kategori manfaat

Terbukti! Minum Teh Setiap Hari Bisa Kurangi Risiko Glaukoma,- Selain kopi, teh juga menjadi minuman yang cukup banyak digemari. Teh hangat sering kali dijadikan sebagai teman pada saat sarapan, berkumpul bersama teman atau keluarga. Selain memiliki rasa yang nikmat, teh juga diketahui memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan, termasuk kesehatan mata.

Penelitian yang dilakukan penelito Warren Alpert Medical School of Brown Univerity dan University of California’s David Geffen School of Medicine mengamati daya yang dikumpulkan dari 10 ribu orang di Amerika Serikat antara tahun 2005-2006 dari National Health and Nutrition Examination Survey dan menemukan bahwa minum teh setiap hari bisa kurangi risiko glaukoma.

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal kesehatan British Medical Journal of Ophthalmology ini mengambil sampel darah dan uji fisik, peneliti menarik korelasi antara konsumen kopi berkafein dan kopi dekafein, es teh, teh panas, soft drink dengan glaukoma.

Peneliti juga mengontrol dari segi usia, massa tubuh, jenis kelamin, etnis, status merokok dan diabetes. Hasilnya, peneliti menemukan bahwa mereka yang minum paling tidak 1 cangkir teh panas atau hangat memiliki potensi menurunkan risiko glaukoma hingga 74%, dibandingkan dengan mereka yang tidak pernah atau jarang minum teh panas.

Dijelaskan bahwa teh mengandung antioksidan dan anti-inflamasi dan neuroprotektif bahan kimia. Fungsinya telah dihubungakn dengan menurunakn risiko kondisi serius, termasuk penyakit jantung, kanker, dan diabetes. Hal ini juga terkait dengan risiko glaukoma, terlebih lagi bagi penderita diabetes.

Penelitian sebelumnya telah menyarankan bahwa oksidasi dan neurodegeneration mungkin terlibat dalam pengembangan glaukoma.

Selain itu, Anne Coleman dari University of California Los Angeles mengatakan, bahwa perubahan gaya hidup juga bisa membantu mencegah glaukoma. Jika tidak, maka akan ada banyak efek buruk yang menjadi dampaknya.

Glaukoma sendiri merupakan kondisi mata dimana saraf optik mengalami kerusakan akibat tekanan cairan di dalam mata sehingga menyebabkan buta sebagian atau total. Penyakit ini merupakan salah satu penyebab utama dari kebutaan di seluruh dunia.

Saat ini ada sekitar 57,5 juta orang di seluruh dunia yang mengalami glaukoma. Diperkirakan jumlah ini akan meningkat menjadi 65,5 juta di tahun 2020. Maka dari itu, untuk membantu menjaga kesehatan dan menghindari terjadinya glaukoma, maka sebaiknya ubah gaya hidup jadi lebih sehat serta terapkan kebiasaan minum teh hangat setiap hari. Semoga bermanfaat.

By Sri Maryati

Terbukti! Minum Teh Setiap Hari Bisa Kurangi Risiko Glaukoma Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Terbukti! Minum Teh Setiap Hari Bisa Kurangi Risiko Glaukoma,- Selain kopi, teh juga menjadi minuman yang cukup banyak digemari. Teh hangat sering kali dijadikan sebagai teman pada saat sarapan, berkumpul bersama teman atau keluarga....
manfaat - by ,
4/ 5stars

2 responses to “Terbukti! Minum Teh Setiap Hari Bisa Kurangi Risiko Glaukoma”

  1. Alat Fitness says:

    Terima kasih ya gan.. btw tanpa gula ya

    • says:

      Sama-sama. Iya, alangkah baiknya jika tidak menambahkan gula pada teh tersebut. Namun, jika Anda kurang menyukai rasanya, Anda bisa menambahkan madu atau pemanis lainnya yang lebih sehat. Semoga informasi tersebut bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *