Tanda Gejala Dan Penyebab Insomnia

Diposkan oleh : pada tanggal 8 Oct. 2014 Kategori Masalah Kesehatan

Tips Sehat Online,- Insomnia gangguan tidur adalah merupakan bagian dari gangguan dalam pola siklus tidur seseorang yang bila hal ini dibiarkan terlalu lama akan bisa menyebabkan gangguan pada kesehatan seseorang yang mengalaminya. Karena dalam tidur adalah merupakan bagian dari salah satu kebutuhan dasar yang harus dipenuhi oleh setiap manusia sebagai makhluk biopsikososial, dimana tidur dapat memulihkan tingkat aktifitas normal dan keseimbangan normal dari berbagai bagian sistem saraf pusat.

Tanda Gejala Dan Penyebab InsomniaDampak akibat insomnia terhadap kesehatan adalah bisa berefek kepada pada sistem persarafan dan juga dampak efek untuk struktur tubuh lainnya. Efek pada sistem saraf dapat mengacaukan fungsi tubuh maupun organ tubuh itu sendiri. Secara tidak langsung kekurangan tidur akan mempengaruhi sistem saraf pusat.

Pengertian dari Insomnia itu sendiri adalah susah sulit tidur gangguan tidur adalah suatu keadaan dimana seseorang sulit tidur atau ngantuk atau juga kelainan dalam pola tidur pada umumnya. Dan tanda gejala insomnia pada laki-laki dan wanita cenderung sama, hanya saja mekanisme dalam mengatasi gangguan sulit tidur itu yang akan berbeda satu dengan yang lainnya.

Insomnia sendiri terjadi karena beberapa hal diantaranya:

  1. Masalah Kejiwaan Psikologi : Stress, masalah keluarga.
  2. Gaya hidup : Pemakaian obat perangsang seperti nikotin (rokok), obat penurun berat badan, asthma, pemakaian alkohol, jam tidur tidak teratur, malas bekerja/beraktifitas.
  3. Pengaruh Lingkungan : Gangguan suara/bising, cahaya yang terlalu terang.
  4. Mengalami Sakit fisik (sesak nafas, nyeri dan lain-lain).

Secara umum, penyebab insomnia dapat dikategorikan ke dalam internal, eksternal dan gangguan karena pola sirkadian yang tidak normal. Paling sering, insomnia atau gangguan tidur berhubungan dengan penyakit dari setiap organ, sedangkan faktor utama penyebab internal insomnia adalah sebagian besar penyakit dengan gangguan nyata dalam Pola Tidur Normal Baik Sehat.

Namun, insomnia yang serius dapat disebabkan karena kondisi medis seperti penyakit paru obstruktif kronik, atau gangguan tidur yang berhubungan dengan gastroesophageal reflux, ulkus peptikum, fibrositis sindrom, masalah punggung, dan masalah leher. Setiap kerusakan di otak seperti apnea sentral dan neurodegeneratif dapat menyebabkan Alzheimer atau penyakit-penyakit yang berpotensi menyebabkan gangguan tidur. Masalah pernapasan juga penyebab utama dalam kasus seperti apnea tidur obstruktif dan mendengkur

Gejala-gejala dan tanda-tanda seseorang mengalami insomnia antara lain bisa berupa hal seperti berikut ini :

  • Sering bangun waktu malam.
  • Perubahan suasana hati.
  • Sering terbangun ketika tidur.
  • Sukar untuk memulai tidur.
  • Kantong mata hitam.
  • Insomnia didefinisikan sebagai gangguan tidur yang dialami penderita, dengan gejala-gejala seperti, merasa letih dan lelah sepanjang hari dan secara terus menerus mengalami kesulitan untuk tidur. Atau selalu terbangun di tengah malam dan tidak dapat tidur kembali.

Seringkali pula bahwa para penderita insomnia akan terbangun lebih cepat dari yang diinginkan dan tidak dapat kembali tidur. Secara sederhana, insomnia bisa dibedakan menjadi : susah tidur, selalu terbangun di tengah malam, dan selalu bangun jauh lebih cepat dari yang diinginkan.

Demikian yang sedikit penjelasan mengenai insomnia dan Tanda Gejala Dan Penyebab Insomnia serta beberapa hal yang bisa menyebabkan seseorang terkena insomnia , semoga hal ini akan bisa  berguna serta dapat memberikan manfaat kepada kita semuanya.

((sumber: tautanpena.blogspot.com))

Tanda Gejala Dan Penyebab Insomnia Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Tips Sehat Online,- Insomnia gangguan tidur adalah merupakan bagian dari gangguan dalam pola siklus tidur seseorang yang bila hal ini dibiarkan terlalu lama akan bisa menyebabkan gangguan pada kesehatan seseorang yang mengalaminya. Karena dalam...
Masalah Kesehatan - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *