Tanaman Liar Indonesia yang Berkhasiat Sebagai Obat Herbal

Diposkan oleh : pada tanggal 17 Feb. 2016 Kategori Makanan Sehat Masalah Kesehatan

Indonesia yang kaya akan alamnya, tentunya menyimpan beragam biota alam. Bahkan dari jenis tanaman pun banyak jenisnya. Ada beberapa jenis tanaman yang tumbuh dengan liar disekitar kita dan ternyata menyimpan manfaat sebagai obat herbal multikhasiat yang mujarab. Bahkan, tak jarang tanaman tersebut hidup sebagai parasit pada tanaman yang lain. Lalu apa jenis tanaman apa saja yang memiliki banyak khasiat? Berikut, ini dia tanaman liar Indonesia yang berkhasiat sebagai obat herbal.

Tanaman Liar Indonesia yang Berkhasiat Sebagai Obat Herbal

Alang-alang (Cylindrica)

alang-alang
Akar alang-alang mengandung arundonin, fernenol, silindrin, simiarenol, kampesterol, stigmasterol, beta-sitosterol, skopoletin, koterol, asan klogogenat, serta sejumlah besar kalsium.

Dengan kandungan diatas, sehingga alang-alang menyimban berbagai khasiat seperti diuretik, penurun panas, penenang saraf, astringen atau penyejuk. Akar alang-alang juga berfungsi untuk peluruh air seni, demam dan juga panas dalam.

Bakau

bakau
Tidak cuma berperan untuk penahan erosi saja, namun tanaman liar bakau juga menyimpan manfaat sebagai obat multikhasiat. Tumbuh liar degnan akar yang tidak beraturan di wilayah hutan mangrove, daerah berlumpur, serta pesisir pantai dan sungai, bakau mengandung zat samak.

Kandungan itulah yang membuatnya menjadi obat herbal disentri, melangsingkan badan, menghentikan pendarahan, homeostatis dan antiseptik. Bagian tanaman bakau yang digunakan sebagai obat adalah kulit batang dan daun.

Benalu

benalu teh
Tanaman liar benalu yang menempel pada pohon lain akan menyerap mineral dari pohon yang ditempelinya tersebut. Benalu yang menempel pada tanaman tertentu seperti teh dapat digunakan sebagai obat antikanker. Sedangkan benalu yang menempel pada pohon jeruk nipis dapat digunakan sebagai ramuan obat herbal untuk membasmi amandel. Bagian benalu yang dapat digunakan sebagai obat ialah batangnya.

Beluntas

Beluntas
Seluruh bagian tanaman beluntas, baik dalam bentuk segar ataupun dikeringkan dapat digunakan sebagai obat herbal. Beluntas yang mengandung alkaloid dan minyak astiri dan esktrak akarnya mengandung fraksi metanol. Daun beluntas dapat digunakan untuk menurunkan panas, menyembuhkan radang dan antiluka. Selain itu, beluntas juga berkhasiat sebagai obat skabies, TBC kelenjar leher, menambah nafsu makan, membantu pencernaan, menghilangkan bau badan, mengatasi sakit pinggang, obat sakit perut, dan obat batuk.

Air rebusan daun dan batangnya dapat meredakan asma dan gangguan paru-paru lainnya. Tak hanya itu, beluntas juga dapat difungsikan sebagai aromaterapi dan stimulan, serta menguatkan saraf jika digunakan sebagai campuran berendam air hangat.

Bakung putih

Bakung putih
Bagian tanaman yang digunakan adalah akar, umbi lapis, daun dan biji. Tanaman yang juga memiliki bunga berwarna putih ini mengandung alkaloid dan licorine (emitikum). Getah umbi lapisnya bersifat peluruh muntah. Akar bakau putih bersifat antiracun dan daunnya bersifat diuretik.

Itulah beberapa jenis tanaman liar asal Indonesia yang memiliki banyak khasiat dan sering digunakan sebagai obat herbal multikhasiat yang mujarab.

| Tanaman Liar Indonesia yang Berkhasiat Sebagai Obat Herbal

Ayu Anggraeni

Tanaman Liar Indonesia yang Berkhasiat Sebagai Obat Herbal Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Indonesia yang kaya akan alamnya, tentunya menyimpan beragam biota alam. Bahkan dari jenis tanaman pun banyak jenisnya. Ada beberapa jenis tanaman yang tumbuh dengan liar disekitar kita dan ternyata menyimpan manfaat sebagai obat herbal...
Makanan Sehat Masalah Kesehatan - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *