Tak Disangka! Penyakit Ini Bisa Dideteksi Melalui Kulit

Diposkan oleh : pada tanggal 20 Oct. 2017 Kategori kesehatan

Tak Disangka! Penyakit Ini Bisa Dideteksi Melalui Kulit,- Kulit adalah lapisan luar dari tubuh dan merupakan organ terbesar daris istem yang menutupi. Kulit memiliki beberapa lapisan jaringan ectodermal dan penjaga otot-otot yang mendasarinya, tulang, ligamen, dan organ internal.

Sama halnya dengan bagian tubuh lainnya, kulit juga bisa mengalami berbagai masalah. Namun, sayangnya, tidak sedikit orang yang berpikir bahwa penyakit kulit adalah hal yang sepele dan ringan. Perlu diketahui, masalah kulit ternyata dapat menggambarkan kesehatan tubuh secara mengeluruh dan menandakan adanya penyakit tertentu.

Tidak sedikit masalah kulit yang dapat memberikan pertanda tentang adanya penyakit yang sedang bersarang dalam tubuh. Beberapa penyakit ini bisa dideteksi melalui kulit, diantaranya adalah :

  • Alergi

Ruam merah dan terasa gatal pada klit yang disertai bibir bengkak atau biduran dapat menjadi pertanda bahwa Anda memiliki alergi terhadap suatu bahan atau makanan.

  • Lupus

Ruam merah pada kulit yang memiliki bentuk menyerupai kupu-kupu pada kedua pipi dan melewati hidung bisa menjadi pertanda adanya penyakit lupus, yaitu suatu penyakit autoimun yang dapat menyerang sel-sel dalam tubuh.

  • Diabetes

Bercak coklat kehitaman pada tengkuk atau lipatan ketiak dapat menjadi penanda bahwa anda berisiko mengidap penyakit diabetes.

  • Penyakit jantung rematik

Masalah kulit berupa ruam merah yang sering timbul bersamaan dengan tonjolan bisa jadi merupakan pertanda adanya penyakit jantung rematik. Penyakit ini umumnya dialami oleh anak, yang sebelumnya mengalami penyakit radang tenggorokan.

Baca juga : Obat Jantung Rematik

  • Hipotiroid

Jika Anfda maerasa kulit tiba-tiba menjadi sangat kering, mungkin Anda mengalami kekurangan hormon tiroid atau disebut juga hipotiroid.

  • Gangguan hormon kortisol

Jika Anda merasa kulit tubuh semakin menggelap dan berwarna kecoklatan, terutama di bagian lipatan dan sendi, mungkin tubuh sedang kekurangan hormon kortisol.

  • Hepatitis C

Bercak ungu gatal di tungkai bawah yang tidak kunjung sembuh meskipun sudah diobati bisa jadi merupakan tanda bahwa Anda mengidap hepatitis C.

By Sri Maryati

Tak Disangka! Penyakit Ini Bisa Dideteksi Melalui Kulit Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Tak Disangka! Penyakit Ini Bisa Dideteksi Melalui Kulit,- Kulit adalah lapisan luar dari tubuh dan merupakan organ terbesar daris istem yang menutupi. Kulit memiliki beberapa lapisan jaringan ectodermal dan penjaga otot-otot yang mendasarinya, tulang, ligamen,...
kesehatan - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *