Suplemen Dan Vitamin Untuk Ibu Hamil

Diposkan oleh : pada tanggal 8 Dec. 2014 Kategori Anak dan Kehamilan

Suplemen Dan Vitamin Untuk Ibu Hamil,- Selamat datang diblog kami tips sehat online, kali ini kami akan memberikan informasi tentang suplemen dan vitamin untuk ibu hamil. Pentingnya menjaga asupan nutrisi untuk menjaga kesehatan terlebih bagi anda yang sedang hamil. Pilihan menu makan dan pola makan yang teratur akan membantu dalam menjaga pertumbuhan dan perkembangan janin anda. Agar janin dalam kandungan selalu sehat dan perkembangannya maksimal, maka ibu hamil perlu memenuhi vitamin dan mineral. Berikut ini suplemen dan vitamin penting yang diperlukan oleh ibu hamil dan obat limpa bengkak.

Suplemen Dan Vitamin Untuk Ibu Hamil

1).Zat Besi

Ibu hamil diketahui sangat rentan mengalami anemia (kurang darah). Oleh karena itu, zat besi merupakan mineral yang sangat penting untuk dipenuhi oleh ibu hamil jika ingin selalu sehat. Zat besi dibutuhkan untuk mengangkut oksigen dan pembentukan sel-sel darah merah.  Zat besi didapatkan dari makanan seperti daging merah, ikan, telur, biji-bijian, sereal, roti dan sayuran berdaun hijau.

2).Vitamin A

Konsumsi vitamin A sangat penting bagi ibu hamil, terutama untuk menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah lelah. Sumber vitamin A bisa didapatkan dari makanan seperti wortel, sayuran hijau dan kuning, minyak ikan, margarin, minyak goreng, kuning telur dan susu.

3).Vitamin B1

Vitamin B1 sangat berguna bagi ibu hamil untuk mengatasi morning sickness. Selain itu, mencukupi kebutuhan ini dapat melancarkan pencernaan. Vitamin B1 sangat dianjurkan untuk ibu hamil pada trimester akhir kehamilan untuk menyiapkan produksi ASI ketika masa manyusui setelah melahirkan.

4).Vitamin B2

Vitamin B2 sangat dibutuhkan oleh ibu hamil terutama di awal-awal kehamilan.  Fungsinya untuk membantu perkembangan embrio di minggu pertama kehamilan. Sumber Vitamin B2  bisa didapatkan dari makanan keju, susu, brokoli, jamur, telur dan sayuran hijau.

5).Vitamin B3

Vitamin B3 sangat dibutuhkan oleh ibu hamil terutama yang menjalani kehamilan pertama untuk mengurangi rasa mual dan membantu perkembangan otak janin. Makanan yang mengandung vitamin B3 adalah gandum, hati, sayuran hijau, kacang hijau dan susu.

6).Vitamin B5

Vitamin B5 juga sangat dibutuhkan oleh ibu hamil untuk menjaga kebutuhan sel darah merah didalam tubuh. Kebutuhan ibu hamil akan vitamin B5 sebanyak 5mg per harinya. Makanan yang mengandung vitamin B5 adalah telur, hati, keju dan kacang tanah.

7).Vitamin B6

Vitamin B6 yang dikenal dengan nama piridoksin membantu ibu hamil dalam mencerna lemak menjadi energi dan meningkatkan kekebalan tubuh. Makanan yang mengandung vitamin B6 adalah gandum, ikan, susu, dan kacang kedelai.

8).Vitamin B12

Penting bagi ibu hamil untuk memenuhi kebutuhan vitamin B12 harian . Vitamin  B12 ini berfungsi untuk mengoptimalkan perkembangan janin membentuk sel-sel darah merah. Makanan yang mengandung vitamin B12 adalah telur, susu, rumput laut, dan daging sapi.

9).Vitamin C

Vitamin C sangat dibutuhkan terutama oleh ibu hamil untuk penyerapan zat besi. Selain itu, vitamin yang larut dalam air ini dapat menjaga sistem kekebalan tubuh sebagai antioksidan alami. Vitamin C bisa didapat dari buah-buahan seperti jeruk, buah kiwi, jambu biji dna pepaya.

10).Vitamin D

Memenuhi kebutuhan vitamin D sangatlah penting bagi ibu hamil, terutama untuk mencegah hipertensi (tekanan darah tinggi) dan diabetes. Kebutuhan akan vitamin D bisa didapat dengan gratis yaitu dengan berjemur dibawah sinar matahari pagi. Selain itu juga bisa didapatkan dari makanan seperti minyak ikan cod, jamur, kacang kedelai, tuna kalengan dan susu.

11).Vitamin E

Vitamin E sangatlah penting untuk kesehatan kulit ibu hamil yang mengalami peregangan saat kehamilan. Selain itu, vitamin E juga berfungsi untuk menjaga asam lemak yang dibutuhkan bayi. Makanan yang mengandung vitamin E adalah buah alpukat, bayam, kacang-kacangan dan minyak buah zaitun.

12).Vitamin K

Vitamin ini dikenal juga dengan nama Koagulasi. Fungsinya untuk mencegah pendarahan pada bayi dan menjaga kepadatan tulang pada ibu hamil. Sumber vitamin K sangat melimpah terutama pada sayuran hijau dan buah-buahan.

13).Asam Folat

Dikenal juga sebagai vitamin B9, asam folat ini sangat penting bagi ibu hamil untuk membantu perkembangan janin sehingga mencegah bayi lahir cacat. Ibu hamil membutuhkan 400mcg-600mcg asam folat setiap harinya. Makanan yang mengandung asam folat seperti alpukat, brokoli, jeruk dan kacang-kacangan.

14).Asam Lemak Omega-3

Asam lemak omega-3 berperan penting dalam perkembangan otak bayi didalam kandungan. Sedangkan untu ibu hamil, asam lemak omega-3 ini berguna untuk menjaga kesehatan jantung. Selain itu, omega-3 dipercaya dapat menambah kecerdasan otak anak kelak. Makanan yang mengandung omega-3 adalah ikan sarden, mackerel dan salmon.

Sumber: (manfaatnyasehat.blogspot.com dan bidanku.com)

Suplemen Dan Vitamin Untuk Ibu Hamil Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Suplemen Dan Vitamin Untuk Ibu Hamil,- Selamat datang diblog kami tips sehat online, kali ini kami akan memberikan informasi tentang suplemen dan vitamin untuk ibu hamil. Pentingnya menjaga asupan nutrisi untuk menjaga kesehatan terlebih...
Anak dan Kehamilan - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *