Stress Bisa Timbulkan 4 Masalah Kesehatan Pada Mulut

Diposkan oleh : pada tanggal 5 Dec. 2016 Kategori Masalah Kesehatan

Stress adalah bentuk ketegangan dari fisik, psikis, emosi maupun mental. Bentuk ketegangan ini mempengaruhi kinerja keseharian seseorang. Bahkan stress dapat membuat produktivitas menurun, rasa sakit dan gangguan-gangguan mental. Pada dasarnya, stress adalah sebuah bentuk ketegangan, baik fisik maupun mental. Sumber stress disebut dengan stressor dan ketegangan yang di akibatkan karena stress, disebut strain.

Selain itu, stress juga bisa merusak kesehatan kulit atau kesehatan organ dalam lainnya. Maka dari itu, stress juga bisa mengganggu kesehatan gigi dan mulut. Berdasarkan laman yang dikutip dari boldsky.com, inilah beberapa masalah kesehatan mulut yang disebabkan oleh stress.

4 Masalah Kesehatan Pada Mulut yang Disebabkan Oleh Stress

Stress Bisa Timbulkan 4 Masalah Kesehatan Pada Mulut

Gigi berlubang
Secara umum, biasanya orang yang mengalami stress secara tidak sadar mereka lebih banyak mengkonsumsi makanan manis untuk membuat suasana hati membaik. Kemudian, stress juga akan melepaskan hormon yang membuat produksi air liur berkurang. Begitu pula dengan menurunnya sistem kekebalan tubuh. Akibatnya, gigi dan mulut akan rentan terkena infeksi oral yang bisa berujung dengan munculnya lubang di gigi.

Menggeretak gigi
Saat marah karena stress terkadang seseorang memiliki kebiasaan untuk menggeretakan gigi atau grinding. Jika hal ini dilakukan secara terus menerus maka kekuatan enamel gigi akan berkurang dan menyebabkan kerusakan di gusi.

Sariawan
Sariawan terjadi karena munculnya luka di mulut yang kemudian akan terasa menyakitkan ketika kamu sedang makan atau berbicara. Meski hingga saat ini belum diketahui alasan kenapa stres bisa bikin sariawan, namun banyak penelitian yang menemukan hal ini.

Nyeri pada rahang
Stress terkadang menimbulkan munculnya rasa nyeri di otot rahang. Dan hal ini jika berkepanjangan akan menyebabkan gangguan di persendian rahang yang menyebabkan kesulitan untuk menggigit, mengunyah dan membuat atau menutup mulut.

Sehingga, untuk menurunkan risiko-risiko diatas. Alangkah sebaiknya Anda harus belajar untuk mengontrol diri dan emosi untuk menurunkan risiko terjadinya stress yang bisa membahayakan kesehatan fisik dan mental.

| Stress Bisa Timbulkan 4 Masalah Kesehatan Pada Mulut

Stress Bisa Timbulkan 4 Masalah Kesehatan Pada Mulut Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Stress adalah bentuk ketegangan dari fisik, psikis, emosi maupun mental. Bentuk ketegangan ini mempengaruhi kinerja keseharian seseorang. Bahkan stress dapat membuat produktivitas menurun, rasa sakit dan gangguan-gangguan mental. Pada dasarnya, stress adalah sebuah bentuk...
Masalah Kesehatan - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *