Sering Batuk Setelah Makan Gorengan? Ini Penyebabnya

Diposkan oleh : pada tanggal 24 Nov. 2017 Kategori Masalah Kesehatan

Sering Batuk Setelah Makan Gorengan? Ini Penyebabnya,- Gorengan merupakan salah satu makanan yang cukup populer di Indonesia. Memiliki rasa yang gurih dan tekstur yang sedikit renyah membuat gorengan banyak digemari. Biasanya, gorengan seringkali disantap dengan saus atau cabai untuk menambah kenikmatan saat mengonsumsinya.

Makanan yang peda dan berminyak memang menggugah selera, namun mengonsumsinya secara berlebihan disebut-sebut bisa menimbulkan dampak terhadap tubuh. Tidak sedikit orang yang merasakan gatal pada tenggorokan dan timbul batuk setelah mengonsumsi gorengan. Apa penyebabnya ?

Mengetahui Penyebab Sering Batuk Setelah Makan Gorengan

Mayoritas batuk disebabkan oleh virus penyakit menular seperti flu umum atau sejumlah kondisi medis lainnya, seperti asma atau bronkitis. Namun, selain itu, batuk juga bisa disebabkan oleh iritan asing, seperti gorengan.

Alasan dibalik mengapa gorengan bisa bikin batuk bukanlah karena makanannya itu sendiri, melainkan minyak jelantah yang digunakan untuk menggoreng. Untuk menghemat biaya produksi, biasanya penjaja gorengan pinggir jalan seringkali menggunakan minyak goreng secara berulang hingga dagangannya laku terjual.

Penggunaan minyak goreng yang berulang mengakibatkan pembentukan akrolein akibat suhu pemanasan minyak goreng yang sudah melebihi titik asapnya. Akrolein bersifat toksik dan dapat menyebabkan iritasi pada kulit, mata, dan saluran pernapasan.

Gorengan juga sering kali digoreng kering dan memiliki tekstur kasar, yang dapat mengriitasi dinding tenggorokan. Disamping itu, makanan berlemak dan berminyak lebih sulit untuk dicerna tubuh, sehingga mungkin menekan proses kekebalan tubuh yang dapat memperburuk peradangan tenggorokan. Dari sinilah anggapan makan gorengan bisa menyebabkan batuk berasal.

Untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya jangan mengonsumsi gorengan secara berlebihan. Terutama jika tubuh sedang dalam kondisi yang kurang baik.

By Sri Maryati

Sering Batuk Setelah Makan Gorengan? Ini Penyebabnya Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Sering Batuk Setelah Makan Gorengan? Ini Penyebabnya,- Gorengan merupakan salah satu makanan yang cukup populer di Indonesia. Memiliki rasa yang gurih dan tekstur yang sedikit renyah membuat gorengan banyak digemari. Biasanya, gorengan seringkali disantap...
Masalah Kesehatan - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *