Ramuan Obat Sariawan Alami yang Berasal dari Dapur

Diposkan oleh : pada tanggal 19 May. 2017 Kategori alami

Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan salah satu gangguan mulut yang seriyng dialami oleh banyak orang, yaitu sariawan. Meskipun tidak menular, namun sariawan cukup mengganggu penderitanya.

Sariawan umumnya disebabkan oleh jamur Candida Albicans. jamur ini biasanya memang berada dalam mulut, namun dalam jumlah yang kecil.Peningkatan jumlah Candida albicans yang signifikan inilah yang menyebabkan sariawan.

Saraiwan ditandai dengan lesi berwarna putih. Kondisi ini bisa menyerang segala usia dan biasanya terjadi ketika sistem kekebalan tubuh menurun, mengonsumsi obat-obatanan tertensu, atau memiliki kondisi kesehatan yang khusus.

Umumnya sariawan diatasi dengan obat-obatan anti jamur. Obatini biasanya dapat digunakan dalam bentuk gel, krim, obat krim, serta tablet atau kapsul.

Namun, selain itu, ternyada ada caralain yang bisa dilakukan untuk mengatasi, yaitu dengan memanfaatkan bahan-bahan yang ada di dapur Anda. Berikut ini ramuan obat sariawan alami yang berasal dari dapur yang bisa Anda pilih :

  • Santan

Anda bisa menggunakan santan untuk berkumut. Hal ini dapat menenangkan peradangan di mulut dan mengurangi sariawan.

  • Teh

Anda mungkin sering membuang kantong teh setelah menyeduhnya. Mulai saat ini, jangan lakukan hal tersebut. Ternyata, kantong teh bisa membantu mengatasi sariawan. Letakkankantiong teh basan diatas permukaan sariawan. Teh hitam mengandung tanin yang memiliki kekuatan untuk menghilangkan rasa sakit.

  • Baking soda

Baking soda dapat membantu membunuh bakteri serta mengobati sariawan. Anda bisa menggunakan satu sendok teh baking soda yang dicampur dengan setengah cangkir air. Pastikan untuk mencampurnya dengan baik. Setelah tercampur, berkumurlah dan kemudian buang air campuran soda tersebut. Ulangi hingga 2 kali dalam sehari.

  • Madu

Madu dikenal karena memiliki sifat antibakteri yang mampu mempercepat proses penyembuhan sariawan. Anda hanya perlu mengoleskan madu di permukaan sariawan yang telah dicampur dengan 1 sendok makan amla bubuk.

  • Daun ketumbar

Ambil 1 genggam daun ketumbar dan lumatkan dengan benar hingga benar-benar halus. Kemudian oleskan secara merata pada sariawan.

  • Daun kemangi (tuisi)

Mengunyah daun kemiri 3-4 kali sehari bisa membantu mengobati sariawan.

  • Chamomile

Chamomile memiliki sifat antiseptik yang bisa digunakan sebagai pencuci mulut untuk mencegah sariawan. Ambil segenggam bunga chamomile dan masukkan ke dalam aiar. Pastikan gunakna ramuan ini sebagai obat kumur 2 kali sehari.

By Sri Maryati

Ramuan Obat Sariawan Alami yang Berasal dari Dapur Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan salah satu gangguan mulut yang seriyng dialami oleh banyak orang, yaitu sariawan. Meskipun tidak menular, namun sariawan cukup mengganggu penderitanya. Sariawan umumnya disebabkan oleh jamur Candida Albicans....
alami - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *