Posisi Tidur yang Baik untuk Ibu Hamil

Diposkan oleh : pada tanggal 28 Nov. 2014 Kategori Anak dan Kehamilan

Tips Sehat Online,- Seiring dengan bertambah besarnya kehamilan, ibu hami terkadang bingung menentukan posisi tidur yang baik dan tepat. Sebagian besar ibu merasa khawatir jika posisi tidur yang salah dapat memengaruhi tumbuh kembang janin dalam kandungannya.

Sebenarnya rasa khawatir tersebut tidak diperlukan karena bayi dalam kandungan tidak akan merasa tak nyaman atau berbahaya. Hal ini akibat dari begitu uniknya tubuh ibu yaitu bayi dalam kandungan mengapung dalam cairan ketuban sehingga mempunyai ruang tersendiri untuk bergerak bebas, sehingga dapat memberikan perlindungan pada bayi yang ada dalam kandungannya.

Namun tetap saja ibu mencari solusi untuk menentukan posisi tidur yang baik dan nyaman. Lalu, seperti apakah posisi tidur yang baik dan nyaman selama masa kehamilan ?

Posisi Tidur yang Baik untuk Ibu Hamil

 

Pregnant Hispanic woman napping in bed

Belum ada penelitian lebih lanjut tentang posisi tidur yang baik untuk ibu hamil, namun beberapa pakar sangat menganjurkan setelah kehamilan usia 16 minggu, sebaiknya ibu hamil tidur dengan posisi miring ke kiri. Hal ini dikarenakan posisi ini memberi keuntungan bagi bayi untuk mendapatkan aliran darah dan nutrisi yang maksimal pada plasenta akibat adanya vena besar (vena cava inferior) di bagian belakang sebelah kanan spina yang mengembalikan darah dari tubuh bagian bawah ke jantung. Selain itu, dapat membantu ginjal untuk membuang sisa produk dan cairan dari tubuh ibu sehingga mengurangi pembengkakan pada kaki, pergelangan kaki dan tangan.

Tidur posisi miring ke kanan juga baik. Ibu dapat mengganti posisi miring ke kanan-kiri untuk membuat tidur lebih nyaman. Untuk tidur dengan posisi miring ke kanan atau kiri, dianjurkan pula untuk menaruh bantal di antara dengkul dan juga di punggung.

Itulah informasi mengenai Posisi Tidur yang Baik untuk Ibu Hamil yang bisa menjadi rekomendasi terbaik untuk para ibu dalam masa kehamilan.

Posisi Tidur yang Baik untuk Ibu Hamil Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Tips Sehat Online,- Seiring dengan bertambah besarnya kehamilan, ibu hami terkadang bingung menentukan posisi tidur yang baik dan tepat. Sebagian besar ibu merasa khawatir jika posisi tidur yang salah dapat memengaruhi tumbuh kembang janin...
Anak dan Kehamilan - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *