Posisi Duduk yang Benar Bisa Kurangi Sakit Punggung

Diposkan oleh : pada tanggal 2 Mar. 2017 Kategori Tips Sehat

Anda sering merasakan sakit punggung saat bekerja ? Mungkin itu disebabkan karena posisi duduk Anda salah atau bahkan duduk terlalu lama. Meskipun terkesan sepele, posisi duduk berpengaruh terhadap kesehatan. Salah satu dampak dari posisi duduk yang salah adalah nyeri punggung. Padahal, posisi duduk yang benar bisa kurangi sakit punggung.

Maka dari itu, posisi duduk yang benar penting untuk diketahui dan praktikkan, khususnya bagi karyawan yang menghabiskan sebagian besar waktunya dengan duduk. Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan :

  • Pilihlah kursi yang ammpu menopang punggung Anda dengan baik agar risiko skit punggung bisa dikurangi. Usahakan untuk menggunakan kursi dengan ketinggian dan kemiringannya bisa disesuaikan.
  • Duduklah dengan punggung lurus, posisi bahu ke belakang, dan bokong menyentuh bagian belakang kursi.
  • Jika kursi tidak menopang punggung bawah, maka Anda bisa meletakkan handuk atau bantak kecil di dekat punggung bawah.
  • Jaga agar posisi leher dan kepala tetap lurus namun nyaman, serta sedikit turunkan
  • Jaga bahu tetap santai
  • Sesuaikan tinggi kursi agar posisi pergelangan tangan dan lengan lurus, serta sejajar dengan lantai ketika menggunakan keyboard dan untuk penggunaan mouse komputer, usahakan untuk memakai alas mouse yang memiliki bantalan untuk pergelangan tangan. Bantalan ini berfungsi untuk menghindari agar pergelangantangan tidak menekuk secara kurang nyaman
  • Letakkan siku di sisi tubuh, sehingga lengan membentuk huruf L pada sendi siku
  • Tapakkan kaki rata dengan lantai. Jika kaki tidak sampai menapak lantai, maka gunakanlah pijakan kaki agar bisa menjejak dengan nyaman
  • Posisikan lutut agar sejajar dengan pinggul. Gunakan sandaran kaki jika merasa perlu.
  • Hindari menyilangkan kaki, karena posisi ini dapat menimbulkan masalah pada postur tubuh
  • Ketika akan berdiri dari posisi duduk, bergeraklah ke depan kursi dan berdiri dengan meluruskan kaki. Jangan membungkukkan pinggang ke depan. Setelah berdiri, disaranakn untuk melekukkan peregangan dengan menekuknya ke belakang sebanyak 10 kali.

Jika hal tersebut telah dilakukan, cobalah untuk tidak duduk dalam posisi yang sama selama lebih dari 30 menit. Disarankan untukmengubah postur tubuh sesering mungkin. Selain itu, sering-seringlah istirahat, meskipun hanya sebentar, Hal tersebut sangat baik bagi kesehatan punggung karena bisa membuat otot santai sejenak dan tidak tegang.

By. Sri Maryati

Posisi Duduk yang Benar Bisa Kurangi Sakit Punggung Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Anda sering merasakan sakit punggung saat bekerja ? Mungkin itu disebabkan karena posisi duduk Anda salah atau bahkan duduk terlalu lama. Meskipun terkesan sepele, posisi duduk berpengaruh terhadap kesehatan. Salah satu dampak dari posisi...
Tips Sehat - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *