Pola Makanan Vegetarian Yang Sehat

Diposkan oleh : pada tanggal 14 Nov. 2014 Kategori Gaya Hidup Sehat

Menjadi vegetarian kini tampaknya bukan hal aneh lagi. Bahkan, pola makan yang menghindari produk makanan hewani ini sudah menjadi gaya hidup 23 juta orang di Amerika Serikat.

Berdasarkan riset yang dilakukan Academy of Nutrition and Dietetics pada 2009, pola makan nabati berhubungan dengan rendahnya tekanan darah dan kolesterol. Pola makan ini juga mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2. Secara keseluruhan, pola makan ini mengurangi risiko kanker dan penyakit kronis lainnya.

vegetarian

Namun, pola makan vegetarian mensyaratkan perencanaan yang matang. Pola makan yang tidak terencana menyebabkan pelakunya berisiko kekurangan nutrisi. Makan nasi yang dicampur sayur ditambah es krim vegan tidak menyediakan cukup nutrisi. Hal ini disebabkan pola ini tidak menyediakan cukup protein, seperti yang terdapat dalam kacang-kacangan.Pola makan vegetarian yang sehat pada dasarnya terdiri atas sayur, buah, kacang, biji-bijian, dan padi-padian utuh.

Pola makan vegetarian yang tidak terencana akan menyebabkan kekurangan kalori dan nutrisi lainnya, terutama bila makanan yang dikonsumsi 100 persen mentah.

Kekurangan kalori dan nutrisi akan menyebabkan rasa lemas, pusing, tidak konsentrasi, dan metabolisme yang lambat. Karena itulah, harus dipikirkan dengan baik setiap makanan pengganti agar tidak sampai kekurangan gizi.

Dalam praktiknya, seseorang tidak bisa langsung menjadi vegan (vegetarian). Perubahan sebaiknya dilakukan secara perlahan. Perubahan bisa dimulai dari lebih banyak makan sayur, buah, nasi merah, dan oatmeal. Untuk protein, sebaiknya mulai mengganti susu sapi dengan tahu organik, sementara kacang bisa menggantikan ikan, ayam, dan sapi.

Makanan berikut penting untuk memastikan kebutuhan nutrisi para penikmat pola makan vegetarian, tetapi tetap jangan lupa melakukan variasi dan menyeimbangkan makanan.

1. Daun hijau gelap

sayuran hijau tua
Dimasak atau mentah, daun ini penuh nutrisi untuk tulang seperti kalsium, magnesium, potasium, dan vitamin K. Dengan jumlah yang cukup, daun ini menyediakan protein dan lemak omega 3 dalam jumlah tidak banyak namun penting, daun ini juga mengandung banyak serat dan antioksidan.

2. Berry

berry
Buah ini memiliki kandungan serat paling banyak, yang ditambah antioksidan yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

3. Kacang dan biji-bijian

kacang
Keduanya merupakan sumber penting untuk lemak sehat dan antioksidan seperti vitamin E. Makanan ini juga mengandung protein dan karbohidrat.

4. Paprika, wortel, dan tomat

paprika, wortel, tomat
Makanan kaya warna menandakan jumlah nutrisi berlimpah di dalamnya. Rutin konsumsi sayur dan buah aneka warna meyakinkan kecukupan nutrisi.

Sumber : http://health.kompas.com/Sehat.dengan.Pola.Makan.Vegetarian

Pola Makanan Vegetarian Yang Sehat Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Menjadi vegetarian kini tampaknya bukan hal aneh lagi. Bahkan, pola makan yang menghindari produk makanan hewani ini sudah menjadi gaya hidup 23 juta orang di Amerika Serikat. Berdasarkan riset yang dilakukan Academy of Nutrition...
Gaya Hidup Sehat - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *