Pisang Tingkatkan Konsentrasi Anak

Diposkan oleh : pada tanggal 11 Nov. 2014 Kategori Anak dan Kehamilan

Tips Sehat Online,- Pisang adalah pohon jenis Terna (pohon dengan batang yang lunak dan tidak berkayu) dari suku Musaceae yang tingginya mencapai 6 meter, dengan batang yang kuat, dan daun-daun yang besar memanjang dan berwarna hijau tua. Buah pohon ini nampak dalam bentuk sisir-sisir yang tiap sisirnya berisi antara 10-20 pisang, dan didalamnya tidak terdapat biji.

Penelitian menunjukan bahwa pisang mengandung 68% air, 25% gula, 2% protein, 1%, lemak dan minyak, 1% serat Selulosa. Selain itu, ia juga mengandung pati dan asam tanin, Vitamin A (300 IU per 100 gram), Vitamin B1, B2, B6, dan B12 (100 mg per 100 gram), persentase yang cukup untuk Vitamin D, Kalsium (100 mg per 100 gram), Fosfor, Besi, Sodium, Kalium (Potassium) Magnesium, dan Seng.

Manfaat Pisang untuk Meningkatkan Konsentrasi Anak

pisang

Pisang ternyata dapat meningkatkan konsentrasi anak, karena buah pisang ini termasuk buah yang padat nutrisi dan energi. Teksturnya yang lembut membuat pisang sering dijadikan buah pilihan untuk makanan bayi.

Di banyak negara maju, pisang kerap menjasi bekal makanan anak-anak ke sekolah. Mereka juga memiliki pisang tersendiri dengan memasukan potonganbuah pisang ke dalam dan sereal dan susu saat sarapan. Pisang juga menyediakan cukup energi bagi anak-anak untuk siap mengikuti pelajaran di sekolah.

Dr. Ir. Sobir dari Pusat Kajian Buah-buahn Tropika IPB, menjelasakan sebuah penelitian tentang buah pisang yang dilakukan terhadap 200 pelajar di sekolah Twickehnham di Middlesex, Inggris. kepada mereka diberikan makanan tambahan berupa pisang saat sarapan, istirahat, dan makan siang. Penelitian dilakukan menjelang waktu ujian.

Hasilnya menurut Dr. Sobir, konsumsi pisang (produk kesehatan) tersebut membantu proses belajar mereka. Kalium yang terdapat pada pisang inilah yang berperan dalam meningkatkan konsentrasi belajar anak.

Selain itu, kandungan Vitamin B pada pisang yang cukup tinggi juga mampu mempertahankan aktivitas kerja sistem saraf. Hal inilah yang mendorong pelajar bisa berkonsentrasi lebih lama. dalam satu pisang terkandung banyak zat gizi dengan kandungan Vitamin dan Mineralnya lebih unggul dibandingkan buah dan sayuran lain, terutama untuk Vitamin B6, C, Kalium, Serat, dan Mangan.

Jika dibandingkan dengan apel, pisang mengandung 4 kali lebih banyak Protein, dua kali lebih banyak karbohidrat, tiga kali lebih banyak fosfor, lima kali lebih banyak Vitamin A dan zat besi, serta dua kali lebih banyak vitamin dan mineral lainnya. Banyak manfaat yang bisa diperoleh dari satu pisang. Selain sangat bermanfaat dalam mencegah stres, pisang juga meningkatkan daya pikir, mengobati radang cerna, serta menyehatkan mata.

Itulah beberapa manfaat pisang yang salah satunya membantu meningkatkan konsentrasi anak. Semoga dapat bermanfaat dan menjadi solusi bunda yang tengah mencari solusi untuk meningkatkan konsentrasi si kecil.

Sumber (www.arrahmah.com)

~ Pisang Tingkatkan Konsentrasi Anak ~

Pisang Tingkatkan Konsentrasi Anak Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Tips Sehat Online,- Pisang adalah pohon jenis Terna (pohon dengan batang yang lunak dan tidak berkayu) dari suku Musaceae yang tingginya mencapai 6 meter, dengan batang yang kuat, dan daun-daun yang besar memanjang dan...
Anak dan Kehamilan - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *