Pilihan Pemanis Selain Gula untuk Bikin Kue yang Menyehatkan

Diposkan oleh : pada tanggal 1 Jun. 2018 Kategori alami kesehatan

Pilihan Pemanis Selain Gula untuk Bikin Kue yang Menyehatkan,- Kue merupakan salah satu hidangan yang memang identik dengan rasa manis. Umumnya, rasa manis tersebut didapatkan dari gula pasir atau gula halus. Namun, sebagian besar gula justru tidak baik bagi kesehatan.

Gula merupakan bahan makanan yang tidak bisa dihindari dalam keseharian kita. Selain kue, minuman manis seperti teh, jus, atau susu juga memerlukan gula. Masakan juga ada yang memerlukan bahan dasar gula meskipun takarannya tidak banyak.

Jika Anda termasuk salah satu penggemar makanan atau minuman manis, sebaiknya mulai kurangi dari sekarang. Mengonsumsi terlalu banyak gula bisa menimbulkan bahaya. Banyak penyakit yang timbul karena terlalu sering mengonsumsi gula, salah satunya diabetes.

Pembatasan gula bukan berarti Anda tidak bisa menikmati kue yang menggiurkan. Anda bisa mengganti gula dengan beberapa bahan pemanis yang bisa dijadikan alternatif yang lebih sehat. Beberapa bahan pemanis selain gula untuk bikin kue yang menyehatkan tersebut diantaranya adalah :

  • Gula stevia

Gula stevia merupakan salah satu pemansi alami pengganti gula yang bisa digunakan untuk membuat kue. Gula yang berasa dari daun stevia ini memiliki rasa yang sangat manis, namun dengan kandungan nol kalori dan sedikit karbohidrat. Dengan begitu, maka Anda tidak perlu cemas akan mengalami kenaikan berat badan atau gula darah melonjak setelah menggunakan stevia.

Walaupun begitu, tetaplah bijak saat menggunakan bahan pemanis alami ini. Tambahkan gula stevia pada adonan kue secukupnya saja, karena dengan porsi sedikit pun rasanya sudah manis. Dengan demikian, maka Anda tetap bisa makan kue dengan cara yang lebih sehat.

  • Buah-buahan segar

Buah adalah bahan yang paling alami dan sehat untuk menggantikan gula pada bahan kue. Rasa manis buah berasal dari kandungan gula buah, terutama fruktosa dan levulosa. Jadi, rasa manisnya benar-benar murni rasa manis alami gula buah.

Selain menggantikan gula, buah-buahan manis juga berfungsi sebagai bahan aroma atau essence alami untuk kue. Buahyang sering digunakan untuk kue yaitu diantaranya pisang, nanas, mangga, jeruk, ceri, apel, dan masih banyak lagi jenis buah yang memiliki rasa manis.

Cara umum yang digunakan untuk memanfaatkan buah sebagai pemanis ini yaitu dengan memblender buah kemudian disaring untuk diambil sarinya yang dimanfaatkan sebagai pengganti gula.

  • Nektar agave

Ekstrak alami dari tanaman sejensi kaktus ini memiliki rasa yang lebih manis dibandingkan dengan madu dan konsistensinya lebih encer dari madu. Indeks glikemik yang ada didalamnya juga lebih rendah, sehingga pemanis ini tidak akan menyebabkan kadar gula darah melonjak dengan cepat.

Namun, nektar agave mengandung 90% fruktosa daripada sukrosa sehingga Anda perlu memperhatikan takarannya juga untuk tambahan pada kue.

  • Sayur-sayuran

Ada cukup banyak sayuran yang bisa dimanfaatkan kandungan gula alaminya untuk menggantikan gula dalam pembuatan kue. Sayuran yang sering digunakan adalah ubi jalar, labu, wortel, bit, dan sayuran lainnya yang kaya akan serat.

Cara pengolahannya pun sama semperti buah-buahan. Anda juga bisa mencampurkan ampasnya untuk membentuk tekstur, memperkaya cita rasa, dan meningkatkan kandungan serat pada kue Anda.

Selain yang telah disebutkan diatas, juga ada beberpa pemanis alami lainnya yang bisa Anda manfaatnya, seperti madu, kurma, sirup maple, dan lainnya. Semoga bermanfaat.

By Sri Maryati

Pilihan Pemanis Selain Gula untuk Bikin Kue yang Menyehatkan Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Pilihan Pemanis Selain Gula untuk Bikin Kue yang Menyehatkan,- Kue merupakan salah satu hidangan yang memang identik dengan rasa manis. Umumnya, rasa manis tersebut didapatkan dari gula pasir atau gula halus. Namun, sebagian besar...
alami kesehatan - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *