Pilihan Latihan Kardio Alternatif Bagi yang Tidak Suka Lari

Diposkan oleh : pada tanggal 27 Feb. 2018 Kategori Gaya Hidup Sehat kesehatan

Pilihan Latihan Kardio Alternatif Bagi yang Tidak Suka Lari,- Selain mengatur pola makan, olahraga juga menjadi salah satu hal yang banyak direkomendasikan untuk menjalankan hidup sehat. Ada banyak jenis olahraga yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh, salah satunya yaitu latihan kardio.

Latihan atau olahraga kardio memiliki banyak manfaat, terutama bagi kesehatan jantung. Olahraga kardio menghasilkan pergerakan otot yang lebih banyak selama periode waktu yang berkelanjutan untuk menjaga detak jantung setidaknya 50% dari tingkat maksimumnya.

Tidak hanya itu, manfaat olahraga kardio lainnya yaitu untuk memperkuat paru-paru, meningkatkan kekuatan tulang, mengurangi stres, dan juga meningkatkan kualitas tidur. Salah satu pola latihan kardio yang mudah dan efektif adalah lari aatu jalan cepat.

Namun sayangnya, masih ada orang yang tidak suka melakukan olahraga yang cukup mudah untuk dilakukan ini. Namun, Anda tidak perlu khawatir. Meskipun Anda tidak suka lari atau jalan cepat, Anda masih bisa mendapatkan manfaat dari latihan kardio dengan melakukan beberapa pilihan latihan yang lainnya.

Berikut ini merupakan beberapa pilihan latihan kardio alternatif bagi yang tidak suka lari yang bisa dilakukan, yaitu :

  • Berenang

Bagi Anda yang tidak suka lari, berenang bisa menjadi salah satu alternatig latihan kardio. Lakukan beberapa kali putaran renang dengan gaya yang Anda biasa lakukan. Berenang merupakan olahraga yang melibatkan gerakan seluruh tubuh dengan manfaat yang banyak, termasuk latihan pernapasan yang lebih efisien (mengoptimalkan kapasitas paru-paru), meningkatkan kekuatan dan fleksibilitas otot, hingga meningkatkan kepadatan tulang.

Atau, modifikasi tingkat kesulitannya dengan jogging di dalma air. Aqua jogging adalah latihan jantung dan paru-paru yang menakjubkan tanpa harus merugikan otot dan persendian tubuh, sehingga memberikan manfaat kardio yang sama besar tanpa risiko cedera yang sama dari berlari di daratan.

  • Mountain climbers

Cara melakukannya yaitu dengan membuat posisi push up dengan tubuh tetap lurus kemudian diikuti dengan gerakan lutut maju mendekati dada. Selain meningkatkan detak jantung, gerakan ini juga bisa melatih perut, kaki, dan glutes.

  • Burpees

Gerakan burpees bisa memberikan efek dimana membuat jantung seseorang yang melakukannya bisa berpacu dengan kencang. Gerakan ini cocok untuk Anda yang malas berolahraga. Karena gerakan ini cocok untuk melatih semua bagian tubuh dalam satu gerakan.

Gerakan ini mirip seperti latihan up-down, namun ditambah dengan sedikit lompatan. Setelah beberapa set, Anda sudah bisa menaikkan kecepatan pergerakannya. Coba untuk lakukan sebanyak dan secepat mungkin. Maka Anda bisa melihat hasilkan dalam waktu satu minggu.

Baca juga : Pola Hidup Sehat Zaman Now yang Perlu Diketahui

  • Jump rope

Jump rope atau lompat tali adalah latihan kardio yang efektif. Lompat tali akan emmbakar kalori dengan efektif sambil meningkatkan stamina tubuh. Salah satu keuntungan dari melakukan latihan ini yaitu Anda bsia menggunakan tali dengan berbagai gaya. Sehingga olahraga yang Anda lakukan tidak membosankan.

Peralatan jump rope bisa didapatkan dengan mudah di toko olahraga. Cara melakukannya pun cukup mudah, cukup atur tempo gerakan tangan yang memutar tali dengan lompatan kaki yang menghindarinya. Lakukan latihan ini selama 5-10 menit tanpa berhenti di awal latihan sebelum menjalani ke waktu yang lebih lama.

  • Ski hops

Melompat dari satu sisi ke sisi lainnya dengan posisi tubuh condong ke depan layaknya orang bermain ski. Yang harus diperhatikan, yaitu saat mendarat diharuskan menggunakan dua kaki secara bersamaan.

  • Jumping jacks

Jumping jacks dapat meningkatkan detak jantung dan melancarkan aliran darah. Cara melakukan latihan ini diawali dengan berdiri tegak, kemudian melompat dengan membuka kaki dan membuka tangan ke samping hingga ke atas kepala.

  • Naik-turun tangga

Tangga merupakan cara yang baik untuk melatih jantung dan paru-paru. Anda bisa mendaki cepat, melompat (melongkapi satu anak tangga), atau lompat menymaping 9lateral high knee. Lakukan latihan ini sebanyak 3 repetisi naik-turun tangga untuk melengkapi 1 setnya.

Menurut Jessica Matthews, MS, juru bicara American Council on Exercise, jika dilakukan dengan benar, maka naik-turun tangga bisa memberikan latihan kardio menantang dan memperkuat otot-otot bagian bawah tubuh.

Tips : Pastikan untuk tidak bertopang di pegangan tangan saat naik-turun tangga, ini akan membantu meringankan beban dari kaki, mengurangi efek dari kardio sederhana ini.

By Sri Maryati

Pilihan Latihan Kardio Alternatif Bagi yang Tidak Suka Lari Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Pilihan Latihan Kardio Alternatif Bagi yang Tidak Suka Lari,- Selain mengatur pola makan, olahraga juga menjadi salah satu hal yang banyak direkomendasikan untuk menjalankan hidup sehat. Ada banyak jenis olahraga yang bisa dilakukan untuk...
Gaya Hidup Sehat kesehatan - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *